8 Cara Alami Terhindar Dari Flu Burung Atau Virus Avian Influenza

klinikabara.com, Cara Alami Terhindar Dari Flu Burung Atau Virus Avian Influenza - Flu Burung atau avian influenza adalah penyakit yang sangat menular yang pada umumnya menyerang unggas, virus flu burung ini biasanya tidak membuat sakit burung-burung liar yang terbang dimana-mana, tetapi burung-burung tersebut dapat menyebarkan virus flu burung dalam jarak yang cukup jauh, dan sebaliknya virus flu burung ini dapat menginfeksi unggas-unggas peliharaan yang ada di sekitar kita.

Cara Alami Terhindar Dari Flu Burung Atau Virus Avian Influenza

Dalam hal penularan dari unggas ke manusia, perlu ditegaskan bahwa penularan pada dasarnya berasal dari unggas sakit yang masih hidup dan menular. Unggas yang telah dimasak tidak menularkan ke orang yang memakannya.


Gambar Cara Alami Terhindar Dari Flu Burung Atau Virus Avian Influenza


6 Tanda Dan Gejala Flu Burung Atau Avian Influenza

  1. Mengalami demam tinggi
  2. Diare
  3. Muntah
  4. Sakit perut
  5. Sakit pada dada
  6. Perdarahan dari hidung dan gusi.

Etiologi Atau Penyebab Flu Burung

Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A, jenisnya pada manusia H1N1. H2N2, H3N3, H5N1, H9N2, N1N2, H7N7. sedangkan pada binatang H1-H5 dan N1-N98.


Patofisiologi Flu Burung

Reseptor spesifik yang dapat berikatan dengan virus influenza berkaitan dengan spesies dimana virus berasal, virus avian influenza manusia (Human Influenza Virus) dapat berkaitan dengan alpha 2,6 sialogosakarida yang berasal dari membran sel dimana didapatkan residu asam sialat yang dapat berikatan dengan residu galaktosa melalui ikatan 2,6 linkage.

Virus A1 dapat berikatan dengan membran sel mukosa melalui ikatan yang berbeda, yaitu ikatan2,3 linkage. adanya perbedaan pada reseptor yang terdapat pada membran mukosa di duga sebagai penyebab mengapa virus A1 tidak mengadakan reflikasi secara efisien pada manusia. Muko protein mengandung receptor ini akan mengikat virus sehingga perlekatan virus dengan sel epitel saluran nafas dapat dicegah. Tetapi virus yang mengandung protein neuraminidase pada permukaannya dapat memecah ikatan tersebut.

Virus selanjutnya akan melekat pada efitel permukaan saluran nafas untuk kemudian bereflikasi di dalam selter tersebut. reflikasi virus terjadi selama 4-6 jam sehingga dalam waktu singkat virus dapat menyebar ke sel-sel di dekatnya. Masa inkubasi virus 18 jam sampai 4 hari, lokasi utama dari infeksi yaitu pada sel-sel kolumnar yng bersilia. Sel-sel yang terinfeksi akan membengkak dan intinya mengkerut dan kemudian mengalami piknosis, bersamaan dengan terjadinya disistintegrasi dan hilangnya silia, selanjutnya akan terbentuk badan inklusi.

Apalagi, lalat mungkin saja berfungsi sebagai vektor mekanis dan vektor biologi dari virus Avian Influenza atau Flu Burung. sehubungan dengan hal ini di menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

    8 Tips Terhindar Dari Flu Burung Atau H5N1

    1. Menjaga lingkungan supaya bersih dari kotoran-kotoran dan sampah karena sepasang lalat dalam waktu tiga sampai lima bulan bisa menghasilkan triliunan lala-lalat baru. 

    2. Peternakan ayam oleh penduduk yang dipelihara secara liar supaya dipelihara dalam kandang, sehingga bila terjadi wabah flu burung bisa diatasi. 

    3. Yang di pantau hanya peternakan rakyat dan harus diawasi dan diamati secara ketat. karena, biasanya kalau pada peternakan rakyat ada satu ayam yang mati dan dibiarkan saja dan ini yang bisa membuat virus menyebar. Kalau peternak yang sudah besar biasanya pengelolaannya sudah bagus dan bersih.

    4. Melakukan stamping out, yaitu bila ada ayam yang mati, harus segera dikubur tertutup dan diberi disinfektan.

    5. Dilakukan perubahan manajemen menjadi close house, yaitu dibuat kandang tertutup.

    6. Penyuluhan secara berkelanjutan yang didukung dengan kesadaran masyarakat sehingga mereka bisa melakukan apa yang harus dilakukan bila ada kasus flu burung termasuk juga selalu menjaga kesehatan lingkungan untuk mencegah terjadinya wabah avian influenza. 

    7. Tidak perlu dilakukan vaksinasi secara massal, karena, tipe dan subtipe virus avian influenza itu banyak sekali. penelitian yang dilakukan oleh FKH Universitas Gajah Mada, Indonesia terhadap ayam-ayam yang mati dan sakit dan di isolat pada tahun 2003 ada 9 isolat. jadi, bila vaksinnya berasal dari H5N1 sedangkan tipe virus influenzanya bukan H5N1, antibodi-nya tidak bisa mengenali, sehingga percuma. saat ini diseluruh dunia sudah ada 85 isolat virus flu burung

    8. Selain itu masyarakat juga diimbau agar menghindari kontak dengan unggas yang sakit, selalu membiasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun, senantiasa menjaga kesehatan dan segera berobat saat tubuh mulai menunjukan gejala tanda sakit.

    3 Komplikasi Flu Burung :

    • Meningitis
    • Micocarditis
    • Encephalitis.

    6 Cara Alami Untuk Mencegah Serangan Virus Flu Burung.

    Salah satu penyakit yang paling sering diderita adalah flu dan demam. Untuk mencegah sakit demam, anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh. Jenis-jenis makanan di bawah ini direkomendasikan oleh Profesor Gizi di Culinary Institute Of America, Suki Hertz untuk dikonsumsi ketika sarapan agar kekebalan tubuh meningkat.

    1. Jeruk
    Jeruk mengandung vitamin C dan mengandung antioxidant yang kuat tapi rendah kalori.

    2. Telur.
    Kuning telur merupakan sumber yang baik dari mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Protein dalam putih telur memiliki kandungan yang sangat tinggi. Mengkonsumsi telur, baik bagian kuning atau bagian putih telur sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang baik, gabungan antara telur panggang, bayam dan tomat adalah menu terbaik untuk sistem kekebalan tubuh anda.

    3. Tahu.
    Tahu adalah protein yang lengkap. olahan dari kedelai ini merupakan sumber kalsium dan asam lemak omega tiga semua kandungan yang ada dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    4. Pepaya.
    Pepaya memiliki kandungan zat anti-inflamasi atau anti radang. pepaya juga sumber yang baik dari vitamin C, pepaya mengandung betakaroten, sebuah phytonutrisi yang dapat dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh anda dan menjaga mata anda dan kelembaban kulit.

    5. Kiwi.
    Kiwi mengandung antara 90 dan 110 miligram Vitamin C. Buah ini mengandung mineral yang penting untuk meningkatkan kekuatan otot dan saraf. Kiwi sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung flavonoid dan karotenoid sebagai antioksidan yang membantu kesehatan pernafasan dan jantung.

    6. Keju Lembut.
    Keju mengandung selanium, antioksidan kuat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    Kesimpulan

    Virus flu burung akan mati dengan pemanasan 80 Derajat Celsius selama 1 menit, penyebaran virus avian influenza (A!) terjadi melalui udara (droplet infection) dimana virus pada membran mukosa yang melapisi saluran nafas atau langsung memasuki alveoli (tergantung ukuran droplet) virus yang tertanam pada membran mukosa akan terpapar mukoprotein yang mengandung asam sialat yang dapat mengikat virus.

    Baca Juga Cara Menghindari Infeksi Kuman Selama Hamil

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel