Gejala Karsinoma Tiroid, Tanda Dan Penyebab Kanker Tiroid

klinikabar.com, Gejala Karsinoma Tiroid, Tanda Dan Penyebab Kanker Tiroid  - Karsinoma tiroid adalah suatu keganasan (pertumbuhan tidak terkontrol dari sel) yang terjadi pada kelenjar tiroid yang memiliki 4 tipe, yaitu : papiler, polikuler, anas plastik dan modular. Karsinoma tiroid atau kanker tiroid termasuk kelompok penyakit keganasan dengan progresif relatif baik, namun perjalanan klinisnya sukar diramalkan.

Gejala Karsinoma Tiroid, Tanda Dan Penyebab Kanker Tiroid

Kanker tiroid jarang menyebabkan pembesaran kelenjar lebih sering menyebabkan pertumbuhan keal (nodul) dalam kelenjar. sebagian besar nodul tiroid bersifat jinak, dan biasanya kanker tiroid dapat disembuhkan. Kanker tiroid seringkali membatasi kemampuan menyerap yodium dan membatasi kemampuan.

Gambar Gejala Karsinoma Tiroid, Tanda Dan Penyebab Kanker Tiroid


Klasifikasi Kanker Tiroid Atau Karsinoma Tiroid

Menurut WHO, tumor epitel moligar tiroid dibagi menjadi 5  :
1. Karsinoma Folikuler
Karsinoma folikuler ini mengenai kelompok usia diatas 50 tahun, menyerang pembuluh darah yang kemudian menyerang atau menyebar ke tulang dan jaringan paru, bila tumor menyerang the recurrent laryngeal nerves, maka suara penderita menjadi serak.

2. Karsinoma Papilar
Merupakan tipe kanker tiroid yang sering ditemukan pada banyak wanita usia diatas 40 tahun. Karsinoma papiler merupakan tumor yang berkembang lambat dan dapat muncul bertahun-tahun sebelum menyebar ke nodul limfa.

3. Karsinoma Medular
Karsinoma medular banyak menimpa usia diatas 50 tahun. penyebarannya melalui nodus limfa dan menyerang struktur disekelilingnya. tumor ini sering terjadi, dan merupakan bagian dari multiple endocrine neoplasia.

4. Karsinoma Berdiferensiasi Buruk
Karsinoma berdiferensiasi buruk merupakan tumor yang berkembang dengan cepat dan luar biasa agresif, kanker jenis ini menyerang struktur yang berdekatan yang menimbulkan gejala : stridor (suara serak) dan disfagia

5. Stadium Kanker Tiroid
Stadium kanker tiroid ini tidak saja berdasarkan histopatologi, ekstensi lokal, regional, dan metafase jauh, tetapi juga pada usia dan jenis kelamin.

Anatomi Fisiologi Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid terdiri atas dua lobus yang terletak di sebelah kanan trakea, diikat bersama oleh jaringan tiroid dan melintasi trakea di sebelah depan.

Kelenjar ini merupakan kelenjar yang terdapat di dalam leher bagian bawah depan, melekat pada dinding laring, kelenjar tiroid ini dapat memproduksi hormon tiroksin, fungsi dari hormon tiroksin adalah mengatur pertukaran zat atau metabolisme dalam tubuh dan mengatur pertumbuhan jasmani dan rohani.

11 Gejala Dan Tanda Karsinoma Tiroid

  1. Sebuah benjolan atau bentol di leher depan
  2. Sakit di tenggorokan atau leher yang menjalar ke telinga
  3. Terasa terganjal saat menelan makanan
  4. Pusing
  5. Mengantuk
  6. Limfadenopati servikal
  7. Pembesaran kelenjar getah bening di sekitar leher
  8. Berat badan turun
  9. Penekanan pada esofagus dan trakea
  10. Suara serak

6 Penyebab Karsinoma Tiroid

  1. Genetik
  2. Efek penyinaran radiasi
  3. Stimulasi TSH yang lama
  4. Gondok multinodular kronis
  5. Faktor lingkungan
  6. Kenaikan sekresi hormon TSH

Patofisiologi Karsinoma Tiroid

Gejala awal kelenjar limfe regional, dan akhirnya terjadi metastasis hematogen. umumnya adenokarsi huma follicular bersifat unifocal dengan metatasi juga kelenjar limfe leher, tetapi kurang sering dan kurang banyak. Namun lebih sering metatasinya secara hematogen. Tahap awal terjadi penyebaran hematogen dan penyembuhan jarang tercapai, penyusupan karsinoma terjadi stenosis yang menyebabkan kesulitan bernafas.

Karsinoma folikular ditandai oleh tetap adanya folikel-folikel kecil walaupun pembentukan keloid buruk. Karsinoma nodular lebih agresif daripada karsinoma papiler atau folikuler, tetapi tidak se-agresif kanker tiroid lendifferentiated. Ini meluas secara lokal kelenjar getah bening dan kedalam otot sekeliling dan trakea, bisa infeksi infark dan pembuluh darah dan metatasi ke paru-paru dan visera.

Karsinoma anaplastik, tumor kelenjar tiroid undifferentiated termasuk karsinoma sel kecil, sel raksasa dan sel kumparan. Biasanya terjadi pada pasien tua dengan riwayat goiter yang lama, dimana kelenjar tiba-tiba dalam waktu beberapa minggu atau bulan mulai membesar dan menghasilkan gejala-gejala penekanan, dispagia atau kelumpuhan pita suara, kematian akibat perluasan lokal yang biasanya terjadi di dalam 6-36 bulan. dan tumor-tumor ini sering resisten terhadap pengobatan.

Karsinoma tiroid biasanya menangkap iodium radioaktif dibandingkan kelenjar tiroid normal yang terdapat di sekelilingnya. Oleh karena itu bila dilakukan scintiscan, nodul akan tampak sekali sebagai suatu daerah dengan pengambilan yang kurang, suatu lesi dingin. Teknik diagnostik lain yang dapat digunakan untuk diagnosis banding nodul tiroid adalah ekografi tiroid. teknik ini memungkinkan membedakan dengan cermat antara masa padat dan masa kistik.

4 Jenis Kanker Tiroid Menurut Sifat Morfologik dan Biologik

  1. Papilaris
  2. Folikularis
  3. Medullaris
  4. Anaplastik

7 Komplikasi Karsinoma Tiroid

  1. Perdarahan
  2. Embolisme udara
  3. Trauma pada nervus laringeus rekurens
  4. Sepsis yang meluas ke mediastinum
  5. Hipotiroidisme
  6. Infeksi 
  7. Krisis tiroid

6 Pemeriksaan Diagnostik Karsinoma Tiroid

1. Pemeriksaan laboratorium
2. Pemeriksaan radiologis :
  • Foto X-ray
  • Ultra sound
3. CT-scan
4. Biopsi

2 Penatalaksanaan Medis Karsinoma Tiroid 

  1. Terapi radiasi
  2. Tiroidectomi


Kesimpulan

Karsinoma tiroid biasanya padat, sedangkan pada masa kistik biasanya merupakan kista jinak. karsinoma tiroid harus dicurigai berdasarkan tanda klinis jika hanya ada satu nodul yang teraba keras, tidak dapat digerakkan pada dasarnya, dan berhubungan dengan limfadenopati satelit. Secara umum disepakati bahwa kanker tiroid secara klinis dapat dibedakan menjadi suatu kelompok besar neoplasma berdiferensiasi baik dengan kecepatan pertumbuhan yang lambat dan kemungkinan penyembuhan tinggi, dan suatu kelompok kecil tumor anaplastik dengan kemungkinan fatal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel