Apa Itu Alzheimer Dan 3 Cara Mudah Mencegah Pikun

klinikabar.com, Cara Mudah Mencegah Pikun - Apa itu alzheimer? Demensia Tipe Alzheimer (DAT) adalah proses degeneratif yang terjadi pertama-tama pada sel yang terletak pada dasar dari otak depan yang mengirim informasi ke korteks serebral dan hipokampus. Sel yang terpengaruh pertama kali kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan asetilkolin, lalu terjadi  degenerasi.

Apa Itu Alzheimer Dan 3 Cara Mudah Mencegah Pikun

Jika  degenerasi ini mulai berlangsung, sekarang ini tidak ada tindakan yang tidak dapat dilakukan untuk menghidupkan kembali sel-sel itu atau menggantikannya.


Gambar Apa Itu Alzheimer Dan 3 Cara Mudah Mencegah Pikun


Penyebab Alzheimer

Penyebab alzheimer seringkali tidak diketahui meskipun beberapa riset sedang dan telah dilakukan dalam beberapa area seperti genetik, virus-virus "lambat" dan faktor-faktor lingkungan. Kebanyakan bentuk demensia yang paling umum ditandai oleh kelainan yang menetap dan global.

Dalam perbandingannya, demensia multi-infark mencerminkan pola menurun yang intermiten dalam otak dengan gejala yang berfluktuasi, fokal atau terus berkembang dalam satu tahap tertentu. Kemerosotan tersebut diperkirakan terjadi sebagai respon terhadap infark otak yang berulang. dan manajemen perawatan pasien-pasien ini pada dasarnya sama.


3 Tips Mencegah Alzheimer

1. Rajin Membaca Buku
Kenapa harus rajin membaca buku? karena membaca buku bisa terhindar dari penyakit alzheimer atau penyakit kepikunan yang sangat mengerikan, alzheimer atau pikun, menurut studi yang dilakukan Dr.David Bennet dari Rush University Medical Center Chicago, risiko proses degenerasi sel-sel neuron pada otak yang menjadi penyebab penyakit alzheimer atau pikun, dan alzheimer bisa dicegah dengan jika seseorang dari sejak muda gemar membaca buku, terutama dengan tema menantang seperti novel thriller dan cerita detektif.

2. Jangan Melakukan Pekerjaan Multitasking
Melakukan multitasking adalah sama dengan multiproblem, namun rasanya menyenangkan apabila kita bisa melakukan beberapa hal sekaligus secara bersamaan, misalnya menerima telepon sambil mengecek e-mail dan menyelesaikan pekerjaan kantor.

Namun jangan salah, riset terbaru justru menunjukan orang-orang dengan kemampuan multitasking bermasalah dengan konsentrasi, mereka mudah sekali terpecah konsentrasinya oleh hal-hal sepele yang tidak relevan. Seperti dilansir Proceedings of the National Academy of Science, salah satu penyebab alzheimer adalah karena melemahnya memori otak karena mereka cenderung menyimpan informasi yang mengganggu ke dalam memori jarak pendek (short-term memory), sehingga sebenarnya, pelaku multitasking bermasalah dengan konsentrasi dan kompetensi pekerjaan.

3. Tidak Perlu Multivitamin
Fakta medis yang akhir-akhir ini dirilis di beberapa jurnal kesehatan internasional menyatakan bahwa tidak perlu mengkonsumsi multivitamin. dengan catatan, anda harus mempunyai pola hidup sehat dalam hal asupan makanan dan keseimbangan makanan dan minum.

Penutup

Beberapa kasus yang sering terjadi dan membutuhkan suplemen vitamin adalah kekurangan vitamin D akibat kurang terpaan sinar matahari, atau kurangnya B12 untuk kasus kelebihan tingkat homocysteine yang berkaitan dengan penyakit alzheimer, berdasarkan penelitian terbaru yang dimuat di American Journal Clinical Nutrition, suplemen vitamin B12 disarankan untuk memperlambat proses dimensia yang menggerus daya fungsi kognitif. Itulah artikel tentang cara mudah mencegah pikun.

Baca Juga 8 Kebiasaan Yang Membuat Cepat Tua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel