Cara Mengobati Cradle Cap, Fisura Ani, Dan Stork Bite Pada Bayi

klinikabar.com, Cradle Cap (Sejenis Eczema Di Kepala) Cradle Cap merupakan kerak bersisik yang kadang tampak pada kulit bayi muda yang diakibatkan oleh kelebihan minyak pada kulit bayi. Kulit kepala bayi akan tampak kotor sekali, sangat menebal, dan kerak dengan warna kekuning-kuningan.


Cradle Cap, Fisura Ani, Dan Stork Bite Pada Bayi


Gambar Cara Mengobati Cradle Cap Dan Penyakit Kulit Lain Pada Bayi


Cradle Cap

Cradle cap dapat menyebar menutupi seluruh kepala dan melibatkan alis mata. dan dapat pula menyebar ke pipi dan telinga bayi, yang menyebabkan bercak peradangan yang merah dan bersisik. Bila ini terjadi, keadaan ini dikenal sebagai Dermatitis Seboreika.

Cara Mengobati Cradle Cap Pada Bayi

Paling baik mengobati cradle cap pada bayi adalah pada waktu pertama kali terlihat beberapa sisik atau kerak, daripada menunggu sampai keseluruhan kepala tertutup oleh kerak, anda coba menuangkan sedikit minyak zaitun ke suatu bantalan wol atau kapas dan usapkan bantalan ini pada dengan hati-hati keatas sisik. Biarkan selama dua belas jam sebelum anda membersihkan rambut bayi anda dengan menggunakan sabun.

Minyak zaitun bermanfaat untuk melunakkan sisik hingga anda dapat menguranginya dari kepala bayi dengan menggunakan sisir. jika ada yang menetap, jangan mencoba untuk melepaskannya secara paksa. Ulangi pengobatan dengan minyak zaitun ini hingga waktu mencuci rambut bayi anda tiba. Atau anda dapat menggunakan shampo khusus yang bisa didapat dari ahli kimia, yang bekerja dalam cara serupa - sampo khusus ini biasanya cukup dioleskan pada kulit kepala bayi yang ada kerak, dan biarkan selama beberapa jam sesuai petunjuk, kemudian bilas dengan hati-hati hingga bersih.

Anda jangan kaget jika keadaan ini kambuh kembali,  pada waktu anda beranggapan bahwa anda telah memenangkan pertarungan melawan cradle cup ini. jika terjadi kembali cradle cap pada kepala bayi anda. silahkan anda gunakan cara diatas.

Cara Mengobati Cradle Cap Yang Menyebar Ke Wajah Dan Telinga Bayi

Pengobatan dengan menggunakan sedikit krim minyak kastor dan seng, akan menyembuhkan kebanyakan kasus ringan tetapi jika kulit bayi merah dan sakit, dokter dapat meresepkan suatu salep untuk mengobati masalah ini.

Kesimpulan

Cradle cap tidak berarti bahwa bayi anda tidak bersih. masalahnya bukan itu. bahkan kepala bayi yang sering dibersihkan dan dicuci dengan cara terbaik pun dapat menderita cradle cap. dan cradle cap disebabkan oleh sensitivitas kulit bayi dan banyaknya minyak pada kulit kepala bayi, dan akan hilang bersamaan dengan pertumbuhan bayi.

Stork Bite Pada Bayi Atau Tanda Arbei Pada Bayi

Sesuai namanya stork bite atau tanda arbei ini adalah tanda pada kulit ini sangat menyerupai namanya "arbei' yaitu tanda yang meninggi dan merah bersama sebentuk warna putih pada permukaannya. Biasanya belum ada tanda ini pada saat bayi lahir, tanda ini akan timbul beberapa minggu kemudian sebagai tanda merah yang secara bertahap dan membesar selama enam sampai sembilan bulan pertama kehidupan bayi. Tetapi jangan takut, tanda ini -kecuali pada sedikit kasus, tanda ini akan hilang pada waktu anak anda mencapai usia sekolah.

Cara Mengobati Stork Bite Atau Tanda Arbei

Tidak diperlukan pengobatan, nampaknya memang mustahil pada hari-hari pertama, karena tanda arbei atau stork bite ini semakin lama akan semakin membesar dan lebar - tetapi ini akan hilang dengan alami.

Tanda pertama hilangnya adalah berupa bercak kecil keabu-abuan pada permukaan tanda ini. bercak ini bergabung dengan bercak lainnya secara bertahap sampai keseluruhan permukaan mempunyai warna seperti kulit sekelilingnya.

Akhirnya bagian yang tinggi akan menjadi datar sampai pada akhirnya tidak terlihat bekasnya. Tanda ini jarang dijumpai pada anak berusia 7 tahun. Jika ini masalahnya dan tanda ini tidak segera hilang saat anak usia 7 tahun, mungkin disarankan pembedahan, namun hal ini jarang terjadi.

Stork bite atau tanda arbei tidak boleh dianggap sederhana jika masih ada hingga anak berusia 7 tahun, tanda merah datar yang biasanya ditemukan pada kelopak mata dan di tengkuk. Stork bite ini bukan tanda yang timbul akibat persalinan yang sulit, tetapi ini karena disebabkan oleh jalinan pembuluh darah yang sangat kecil.

Kesimpulan 

Pada waktu bayi menangis, tanda ini dapat menjadi merah secara mengejutkan. tetapi tidak ada alasan untuk mengkhawatirkannya karena tanda pada kelopak mata ini akan hilang dalam beberapa bulan. Tanda pada tengkuk memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat hilang dan kadang-kadang yang ringa bisa menetap seumur hidup tetapi tertutup oleh rambut.

Fisura Ani

Ini merupakan retakkan kecil di dalam kulit di sekeliling lubang dubur bayi, lubang pelepasan dari usus, yang disebabkan oleh tinja yang keras yang merusak jaringan disekitarnya.

Tanda Dan Gejala Fisura Ani

Jika bayi menangis pada waktu buang air besar dan jika tinja keras, seperti berbutir-butir, anda dapat menduga kemungkinan adanya fisura ani. tetapi tidak setiap bayi menangis ketika buang air besar adalah fisura ani.

Beberapa bayi mudah terganggu oleh kejadian alamiah ini. terkadang anda bisa melihat noda darah pada popok bayi anda.

Terdapat Kombinasi 3 Gejala Fisura Ani :

  • Bayi menangis pada waktu mengeluarkan tinja
  • Tinja yang keras
  • Darah pada popok menjadi tanda bahwa anda harus konsultasi pada dokter.

Cara Mengobati Fisura Ani

Pertama-tama, tinja perlu di buat lunak, cairan bahan - air tawar yang telah dididihkan dan didinginkan - yang diberikan diantara waktu makan, sering cara ini berhasil membuat lunak tinja. Pada bayi yang lebih besar usianya; buah dan sayur serta serat tambahan di dalam makanan akan memberikan efek yang memuaskan.

Kedua, dokter dapat memberikan salep yang mengandung obat bius lokal, sejumlah kecil dapat dioleskan di sekeliling lubang dubur bayi yang bertujuan untuk meredakan rasa nyeri pada saat bayi anda buang air besar. Salep ini hanya perlu digunakan dalam waktu singkat karena fisura ani akan cepat sembuh pada bayi.

Penutup

Setelah fisura ani sembuh, cegah terjadinya kambuh dengan menjaga agar tinja pada bayi atau anak anda selalu lunak dengan cara memberikan air minum dan makanan cukup serat, dan anda harus menghindarkan konstipasi pada anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel