Gejala Tik, Penyebab Dan Mengobati Kejang Kebiasaan

klinikabar.com, Gejala Tik, Penyebab Dan Mengobati Kejang Kebiasaan Pada Anak - penyebab tik atau kejang biasanya terjadi Karena seringnya melakukan gerakan berulang pada wajah atau tubuh dari mulai dengan maksud tertentu. Misalnya rambut depan yang terlalu panjang dapat memaksa kedipan mata atau menyingkap rambut ke samping untuk melihat dengan jelas. Bila kedipan atau menyingkap rambut ini terjadi berlanjut setelah rambut bayi atau anak anda dipotong, maka anak anda menderita Tik atau kejang kebiasaan.

Mengobati Kejang Kebiasaan Atau Tik

Ada banyak jumlah dan jenis gerakan yang dinamakan Tik atau kejang kebiasaan, mengedip atau  mendengus, membersihkan tenggorokan dan kebiasaan lain yang berhubungan dengan wajah adalah bentuk normal.

Gambar Gejala Tik, Penyebab Dan Mengobati Kejang Kebiasaan


Tetapi semua orangtua mungkin dapat menghitung kebiasaan lain yang menjengkelkan yang dilakukan oleh anak-anaknya. Sering kebiasaan ini dimulai sebagai suatu respon terhadap jumlah keadaan yang mencemaskan, tetapi tetap berlangsung lama setelah itu terselesaikan. Khususnya anak-anak yang nervus akan menggosok wajahnya atau menggosok-gosok tangannya sewaktu berbicara dengan orang asing. dan sering kebiasaan ini terlihat pada orang dewasa selama masa stress.

Cara Mengobati Tik atau Kejang Kebiasaan

Betapapun sulitnya, cobalah untuk tidak terlalu menaruh perhatian secara terus-menerus pada gerakan berulang pada anak anda, harusnya anda mencoba mengalihkan perhatiannya dengan memberikan suatu pekerjaan atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Hal ini sangat membantu jika Tik atau kejang kebiasaan tidak mengenai (affect) sejumlah gerakan tangan. Suatu tugas yang melibatkan penggunaan tangan akan menghentikan gerakan berulang, sekurang-kurangnya untuk sementara.

Harus dilakukan penawar yang jelas, seperti memotong potongan rambut yang mengganggu, keadaan yang membuat akan cemas pun, baik di rumah atau di sekolah, harus diketahui. Seringkali, bila kecemasan dapat dihilangkan secara umum, maka tik atau kejang kebiasaan juga akan hilang dengan sendirinya.

Menggigit kuku dapat merupakan bentuk Tik yang sangat menjengkelkan dan terlihat dilakukan oleh banyak anak dalam kelompok usia ini. Keadaan yang sangat mencemaskan, rasa malu yang hebat, atau bahkan kemajuan dapat mencetuskan hal ini. Seperti semua kejang kebiasaan, menggigit kuku mungkin sulit dihentikan. Tetapi anak perempuan dapat didorong untuk menghentikannya dengan memberikan perhatian khusus bagi penampilan tangannya secara umum.

Jika kuku cukup panjang. penggunaan cat kuku berwarna pucat dapat bertindak sebagai suatu pengingat. tetapi sekali lagi, masalah apapun yang sangat mencemaskan bisa menjadi suatu faktor dalam meneruskan penggigitan kuku. Senyawa pahit yang pahit yang dioleskan ke kuku tidak terlalu bermanfaat dan berpengaruh dalam pengobatan tik atau kejang kebiasaan. Jelas, pada usia ini, karena senyawa itu akan cepat hilang karena tercuci.

Penutup

Tik atau kejang kebiasaan apapun dapat menjadi segi yang tidak menyenangkan dalam membesarkan anak. walaupun tidak mengancam kesehatan, Tik atau kejang kebiasaan merupakan suatu tanda tidak bahagianya pada anak. Juga beberapa orangtua mengkhawatirkan kalau anaknya menderita kelainan fisik yang menyebabkan gerakan berulang. Tetapi kelainan seperti itu amat jarang. pasti ada banyak tanda dan gejala lain yang menyertai jika ada suatu penyakit khusus, jika anda khawatir, hubungi dokter untuk mendapatkan kepastian.

Baca Juga Cara Mengobati Sakit Kepala Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel