Jaringan Dasar Tubuh Dan Jaringan Penutup Pada Tubuh

klinikabar.com, Jaringan Dasar Tubuh Dan Jaringan Penutup Pada Tubuh - Jaringan merupakan sekumpulan sel-sel yang pekerjaannya tersusun menjadi satu dan mempunyai fungsi tertentu. Disini akan dijelaskan bagaimana macam-macam jaringan dasar tubuh, fungsi jaringan dan bentuk-bentuk jaringan dasar tubuh.

Jaringan Dasar Tubuh Dan Jaringan Penutup Pada Tubuh


Gambar Jaringan Dasar Tubuh Dan Jaringan Penutup Pada Tubuh


Adapun sel-sel yang tersusun pada berbagai jaringan tubuh tersebut satu sama lainnya terikat menjadi satu sehingga sel-sel itu tidak bergerak sama sekali kecuali ada dua macam sel darah yang berenang dalam darah atau dalam cairan darah, sel kelamin yang terdiri dari sel spermatozoa dan sel telur.

Macam-Macam Jaringan Dasar Tubuh Manusia

  • Jaringan penutup : terdiri dari jaringan epitel dan jaringan endotel
  • Jaringan penunjang : terdiri dari jaringan ikat, jaringan rawan dan jaringan tulang
  • Jaringan otot
  • Jaringan saraf
  • Jaringan cairan

Jaringan Penutup

Jaringan penutup adalah jaringan yang menutupi tubuh bagian luar dan tubuh bagian dalam yang terdiri dari jaringan epitel dan jaringan endotel.

A. Jaringan Epitel

Jaringan epitel adalah jaringan penutup yang menutupi tubuh dengan permukaan  tubuh bagian luar dan bagian dalam yang berhubungan dengan udara. jaringan ini terdiri dari selapis atau beberapa lapis sel epitel yang bentuknya teratur dan satu sama lain berdekatan, hanya dihubungkan oleh zat sela atau zat intraselular.

Di dalam jaringan ini terdapat pembuluh darah diantara sel-selnya, sehingga jaringan epitel banyak terdapat di permukaan kulit selaput lendir, jalan pernapasan, dan pencernaan (alat visceral)

Pada beberapa tempat, jaringan epitel mempunyai bulu getar, misalnya pada trakea dan saluran telur. Pada kulit lapisan, epitel yang paling luar sifatnya kering dan mati pada waktunya harus dibuang, lapisan ini disebut lapisan tanduk.

Bentuk Jaringan Epitel Terdiri Dari 3 Bentuk :

  1. Berbentuk gepeng (epitel skuamosa)
  2. Berbentuk kubus (epitel kuboid)
  3. Berbentuk silinder (epitel kolumnar)

Jaringan epitel yang menutupi tubuh bagian dalam, misalnya pada rongga mulut dan rongga hidung, menyerupai kulit basah dan disebut selaput lendir. Pada beberapa tempat selaput lendir ini letaknya menjorok ke dalam dan membentuk alat yang disebut kelenjar.

Kelenjar (glandula) adalah suatu jaringan yang terdiri dari sel-sel epitel (selaput lendir) yang berubah menjadi sel-sel kelenjar yang dapat menghasilkan getah. Dilihat dari getah yang dihasilkan kelenjar ini ada dua : kelenjar yang menghasilkan getah atau zat yang berguna untuk tubuh yang disebut getah pakai (sekresi) dan kelenjar yang menghasilkan zat/getah yang tidak berguna untuk tubuh atau getah buang (ekskresi).

Fungsi Jaringan Sel Epitel 
1. Proteksi melindungi jaringan yang ada di bawahnya.
2. Absorpsi, menghisap zat-zat yang ada di luarnya, misalnya pada usus
3. Sekresi, mengeluarkan atau menghasilkan zat-zat yang berguna bagi tubuh berupa kelenjar eksokrin (kelenjar terbuka) adalah kelenjar yang mempunyai saluran untuk mengeluarkan hasil kelenjarnya ke tempat yang membutuhkan, misalnya pembuluh darah.
  • Kelenjar eksokrin (kelenjar terbuka) adalah kelenjar yang mempunyai saluran untuk mengeluarkan hasil kelenjarnya ke tempat yang membutuhkan, misalnya pembuluh darah.
  • Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang menghasilkan getah yang langsung dimasukkan ke dalam pembuluh darah. kelenjar yang menghasilkan sekresi eksternal dan sekresi interna, contohnya pankreas.
4. Menerima rangsangan
5. Ekskresi yaitu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna lagi
6. Filtrasi dapat menyaring zat-zat (misalnya pada dinding kapiler darah dan kapsula Bowman pada ginjal).

Sifat -sifat jaringan epitel adalah membentuk selaput atau membran, melekat pada jaringan yang ada dibawahnya, sel-selnya satu sama lain diikat oleh benang pengikat atau miofibril, dan mempunyai sifat regenerasi (pertumbuhan yang sangat baik).

Jaringan epitel menurut jenisnya dibagi menjadi jaringan epitel membran dan jaringan epitel glandular (khusus untuk sekresi).

A. Jaringan Epitel Membran
  • Jaringan epitel sederhana yang menutupi lapisan setebal satu sel. macam-macam jaringan epitel sederhana :
  • Epitel skuamosa, sel berbentuk sisik (gepeng)
  • Epitel kuboid, sel berbentuk kubus atau silinder
  • Epitel kolumnar, selnya berbentuk rambut atau bulu getar.

B. Jaringan Epitel Glandular 
  • Jaringan sel epitel kelenjar eksokrin, jaringan ini mengirimkan hasil sekresinya ke tempat yang  memerlukan , contohnya pankreas.
  • Jaringan epitel kelenjar endokrin, jaringan ini mengirimkan hasil sekresinya langsung ke dalam pembuluh darah.

C. Jaringan Endotel
Jaringan endotel adalah jaringan penutup yang menutupi tubuh bagian dalam yang tidak berhubungan dengan udara, bentuk dan susunannya hampir sama dengan jaringan epitel yang kebanyakan sebagai epitel sederhana yang berbentuk gepeng (skuamosa). Jaringan ini terdapat pada permukaan dalam dinding pembuluh darah, pembuluh limfe dan dinding jantung bagian dalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel