Panen Uang Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online

klinikabar.com, Ayo buka usaha baru melalui bisnis online. Usahakan konsumen mudah menemukan situs Anda di Google. Bayangkan saat ini anda sedang butuh sepatu futsal untuk bertanding pekan depan. Sepatu yang lama rusak. mau mampir untuk membeli sepatu baru ke pusat pertokoan, rasanya tidak mungkin keran pekerjaan dan aktivitas yang menumpuk. 

Pilihannya yang masuk akal adalah berselancar ke toko online. Di toko online anda tinggal duduk manis di depan komputer atau smart phone, buka aplikasi atau mesin pencari Google, dan ketikan kata kunci "sepatu futsal". Selanjutnya, tinggal klik tiap situs yang direkomendasikan dan anda hanya cukup memilih-milih saja mana sepatu futsal yang cocok dengan keinginan anda. Jika ketemu, tinggal pesan, bayar, dan beberapa waktu kemudian sepatu futsal baru sudah tiba dan anda siap untuk menggunakannya.

Itulah contoh bisnis lewat internet. Menjalankan bisnis ini, anda tidak perlu terikat waktu dan tempat. Dimana pun anda berada dan kapan pun, selama ada akses internet, maka anda dapat melakukan bisnis online tersebut.

Panen Uang Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online


Gambar Panen Uang Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online


David Odang, seorang pelaku bisnis online sekaligus penulis buku Berbisnis Lewat Internet Dengan Paypal, menjelaskan, jenis bisnis ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis konvensional. Diantaranya : Modal tidak cukup besar (tidak perlu membuka toko, cukup buka situs); bisa menjalankan bisnis dimana saja (tidak perlu seharian menjaga toko); dan area pemasaran yang luas. Yang penting calon konsumen bisa menemukan website anda di Google.

Produk yang bisa dijual di dunia maya cukup bervariasi, baik itu produk fisik, produk digital, maupun produk jasa. Jika yang dijual Produk Fisik (seperti produk pakaian dan produk makanan), anda perlu menyiapkan jasa kurir. Sistem kerjanya? Calon pembeli silahkan cuci mata di gerai virtual. Jika tertarik, dia akan mengisi formulir pesanan secara virtual;. tentu saja. Begitu pembayaran selesai, maka produk yang dipesan siap dikirim.

Modal Yang Diperlukan Untuk Bisnis Online

Anda perlu membeli domain (.com, .net, atau .org) , anda juga perlu membeli hosting (sewa server tempat menaruh data) selama setahun. dan pilih paket unlimited, karena paket server unlimited dapat digunakan untuk banyak website. Jadi domainnya banyak tapi hostingnya satu.

Selanjutnya, modal yang diperlukan adalah modal membuat website. Ini tergantung apakah anda membuatnya sendiri atau membayar orang lain untuk membuatkannya. Setelah itu, siapkan dana operasional untuk berlangganan internet,menyediakan komputer atau laptop, dan menggaji karyawan (kurir) jika betul-betul diperlukan.

Keuntungan Bisnis Online

Keuntungan dari bisnis online ini sangat bergantung pada bisnis yang dijalankan dan tergantung pada jumlah situs yang dimiliki. Keuntungan itu pun dapat diperoleh dari penjualan produk atau penjualan jasa. Atau mungkin didapat dari komisi menjualkan barang orang lain (reseller atau makelar) serta iklan. Tepatnya, karena situs kita menarik banyak pengunjung, orang pun akan tertarik untuk memasang iklan di website anda.

4 Tip Sukses Berbisnis Online

1. Nama Domain 

Nama domain adalah hal sangat penting. Memilih nama yang baik akan memuluskan peringkat anda di Google.

2. Riset Pasar

Lakukan riset pasar di Google Adwords sebelum membuat situs. Caranya, ketik : google keyword tool.

3. Kuasai Pasar

Kuasai pasar dengan membeli nama situs lian yang berfungsi sebagai pengumpan. Contoh, bila produk yang dijual adalah kursus online bahasa Inggris, anda bisa membeli nama-nama berikut : kursusbahasainggris.com, belajarbahasainggris.com, belajarpercakapanbahasainggris.com, atau belajarbahasainggrisgratis.com. Kenapa?

Karena semua situs itu akan muncul saat ada yang mengetik "kursus bahasa inggris" di Google. Dengan cara inilah pasar bisa dikuasai. Ingat masuk dari mesin pencari seperti Google. Semakin sering muncul di mesin pencari, semakin sering situs kita dikunjungi.

4. Perbanyak Website

Banyak website = banyak rezeki. Jika anda menjual produk A dan dalam sebulan menghasilkan keuntungan bersih Rp.2 juta, buat langkah selanjutnya, yakni membuat lebih banyak situs yang menjual produk B, Produk C, Produk D dan seterusnya.

Dengan begitu, diharapkan anda memiliki jaringan situs yang menjual banyak produk dan penghasilan pun akan naik seiring dengan jumlah situs yang dimiliki. Konsep ini berlaku bagi yang menjual produk, menjual jasa, atau pun menjual afiliasi.

3 Cara Membuat Gerai Virtual Atau Toko Online

1. Riset Pasar dan Produk

tidak semua barang bisa dijual di internet. Pastikan barang unik apa yang bisa anda jual

2. Jangan Gunakan Situs Gratisan

Sangat disarankan menggunakan situs berbayar (dengan domain serta hosting sendiri) dan bukan situs gratis berupa blog atau lainnya. Sebab situs gratis sebenarnya bukan situs sendiri. Sewaktu-waktu bila ketentuan penggunaan berubah, situs kita bisa di tutup. Bila anda suka yang gratisan, gunakan jaringan sosial media seperti facebook.

3. Cara Tersendiri Pemasaran Online

Produk apapun akan laku jika tidak diimbangi dengan cara pemasaran yang baik. saat ini ada tiga pilihan pemasaran online. Yaitu :

A. SEO (Search Engine Optimization) 
Bila situ anda berada di halaman pertama Google, lambat laun penjualan anda akan meningkat. SEO anda bisa tinggi jika banyak orang yang mengunjunginya.

B. Community Marketing
Cari komunitas yang merupakan pasar anda (biasanya hobby), bergabung dengan forum media sosial mereka di facebook atau menjadi anggota mailing list mereka.

C. Beriklan Di Google Adwords
Beriklan di Google Adwords atau di situs komunitas sesuai dengan target pasar yang anda incar sesuai dengan produk yang anda pasarkan.

Penutup

Untuk penjualan produk digital (e-book, video, tutorial, foto, image, atau software), bisa diunduh langsung oleh pembeli dari internet bila mereka sudah membayar. Untuk Produk Jasa (desain atau pembuatan program komputer), teknisnya disesuaikan dengan kebutuhan penjual dan pembeli : apakah cukup bertemu secara virtual atau perlu pertemuan secara fisik. Namun, bila bisnis anda kurang bisa dijalankan melalui internet, gunakan saja internet sebagai media promosi. Jadi calon pembeli melihat produk anda atau jasa yang anda jual di internet, lalu mencarinya secara offline - entah datang ke toko atau menghubungi anda melalui telepon.

Baca Juga 4 Tips Sukses Memulai Bisnis Bersama Pasangan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel