Pemenuhan Gizi Optimal Membuat Anak Cerdas Dan Aktif

klinikabar.com, Pemenuhan Gizi Optimal Membuat Anak Cerdas Dan Aktif - Memenuhi gizi pada anak merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam upaya membentuk generasi muda yang cerdas, bila kebutuhan gizi dan energi pada anak terpenuhi, diharapkan anak-nak dapat mengikuti kegiatan belajar serta memiliki daya serap otak yang optimal.

Pemenuhan Gizi Optimal Membuat Anak Cerdas Dan Aktif

Untuk membentuk generasi muda yang cerdas adalah banyak faktor yang harus diperhatikan diantaranya adalah status gizi dan kesehatan pada anak itu. Pada anak yang sedang masa pase sekolah atau belajar, anak tersebut dapat mengikuti kegiatan belajar, beraktivitas setiap hari dan memiliki daya tahan tubuh yang baik, memiliki daya serap otak yang optimal jika gizi dan energi tercukupi.


Gambar Pemenuhan Gizi Optimal Membuat Anak Cerdas Dan Aktif


Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi pada anak-anak dapat terpenuhi dengan memperhatikan pola serta kebiasaan makan dan olahraga rutin, salah satunya adalah dengan menerapkan kebiasaan makan yang baik dan melakukan olahraga sejak dini kepada anak-anak. Hal ini memerlukan dukungan orangtua, sekolah dan masyarakat termasuk pihak sekitar anak-anak.

Empat Kecerdasan Yang Harus Dibangun Pada Anak-Anak 


1. Kecerdasan Spiritual

Yaitu bagaimana sejak awal anak-anak mengerti akan keberadaan Tuhan dan malaikatnya, sehingga tidak ada anak yang berani melakukan perbuatan tidak terpuji.

2. Kecerdasan Sosial

Mengingatkan anak akan penduduk bumi ini terdiri dari berbagai ragam, yang terdiri dari berbagai suku dan budaya, bangsa dan agama, dari awal, karena itu kecerdasan sosial diperlukan supaya anak bisa bersosialisasi dan bergaul dengan baik.

3. Kecerdasan Intelektual

 Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kecerdasan otak.

4. Kecerdasan Kinestetik

Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan  aktivitas fisik anak.

Setelah melewati golden period, yang tidak boleh diabaikan oleh orangtua adalah pemenuhan gizi dan energi anak di usia pra sekolah, mengoptimalkan pertumbuhan fisik yang cepat (grow spurt) dan  kinerja otak untuk proses pembelajaran anak serta untuk aktivitas fisik yang tinggi.

Kebutuhan energi pada anak usia pra sekolah (4-6 tahun) sebesar 1.600 Kkalori dan anak-anak usia sekolah dasar (7-12 tahun) berkisar antara 1.800-2.200 Kkalori, sehingga anak harus mendapat asupan lengkap zat gizi makro dan zat gizi mikro dari aneka ragam makanan (tidak makan makanan jenis tertentu saja), dibiasakan sarapan setiap pagi, memilih jajanan yang sehat, dan minum susu setiap hari.

Susu mengandung sekitar 100 IU vitamin D per 200 ml. hal ini dapat memenuhi kecukupan vitamin D sebesar 25% per hari, susu juga mengandung zat gizi makro yaitu protein, karbohidrat dan lemak, serta mengandung zat gizi makro seperti : vitamin (contohnya vitamin D) dan mineral (contohnya adalah kalsium).

Penutup

Kombinasi zat gizi makro dan zat gizi mikro ini dapat membantu mencegah stunting dan wasting, adapun energi yang didapatkan dari minum susu sebanyak dua gelas per hari, adalah sekitar 300-400 Kkalori, hal ini dapat membantu anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan mendukung daya serap otak yang optimal.

Baca Juga Kecerdasan Majemuk Berdasarkan Teori Howard Gardner

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel