Wasir (Hemoroid) - Gejala, Tanda Dan Penyebab Hemoroid Atau Wasir

klinikabar.com, Tanda Dan Penyebab Hemoroid Atau Wasir - Apa itu Wasir (Hemoroid)? Wasir (Hemoroid) adalah pelebaran dan inflamasi pembuluh darah vena di daerah anus yang berasal dari plexus hemoroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. hemoroid merupakan pelebaran varises satu segmen atau lebih.


Hemoroid Atau Wasir


Gambar Wasir (Hemoroid) - Gejala, Tanda Dan Penyebab Hemoroid Atau Wasir


Cara Menjaga Kesehatan Usus Dan Usus Besar - Bagaimana kita menjaga usus dan usus besar kita selalu sehat? Jika saja kita dapat beristirahat, melepaskan diri kepada kesenangan pikiran yang sejuk dan tenang serta belajar menyambut kehidupan sebagaimana datangnya. Dengan tidak perlu bolak-balik pada jalan raya, mendesak jalan kita untuk berada di tengah-tengah orang banyak, dan tidak menyulitkan diri kita akan kesulitan yang telah lalu, tidak merasa cemas akan hari yang akan datang.

Semua kegiatan yang membuat otak kita jenuh dan penat, selain itu akan membuat usus besar kita menjadi kendur, pastilah kita telah menjadi tawanan dunia seperti yang terjadi pada kebanyakan orang yang menderita penyakit sembelit. Dan jika orang-orang menjaga kesehatan usus besar, maka akan sedikit Apotik dan toko obat yang menjual obat pencahar.

Hampir 50% dari pegawai-pegawai perusahaan menderita dari penyakit-penyakit yang merugikan tubuh manusia itu. Seperti : sembelit, infeksi lambung, penyakit pembuluh nadi tajuk jantung, dan penyakit-penyakit tersebut berawal dari usus besar yang sangat peka, atau usus besar yang statis, adalah satu daripada yang paling biasa dari penyakit-penyakit tersebut.

Anatomi Fisiologi Anus

Anus adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan rektum dengan dunia luar. terletak di dasar pelvis :
  • Sfingter ani internus (sebelah atas) : bekerja tidak menurut kehendak
  • Sfingter levator ani : bekerja tidak menurut kehendak
  • Sfingter ani eksternus (sebelah bawah) : bekerja menurut kehendak.

7 Gejala Dan Tanda Wasir (Hemoroid)

  1. Nyeri
  2. Peradangan berwarna terang saat defekasi
  3. Sulit buang air besar
  4. Terasa mulas
  5. Adanya tekanan saat buang air besar
  6. Feses terasa keras
  7. Keluar mukus dari anus

7 Penyebab Wasir (Hemoroid)

  1. Faktor keturunan
  2. Faktor anatomis
  3. Faktor pekerjaan
  4. Faktor usia
  5. Faktor mekanis
  6. Akibat radang
  7. Akibat endokrin

Patofisiologi Hemoroid

Wasir (Hemoroid) timbul akibat kongesti vena yang disebabkan oleh gangguan balik dari vena hemoroidalis. Komplikasi hemoroid yang paling sering adalah perdarahan, trombosis, dan stanggulasi. hemoroid yang mengalami strangulasi adalah hemoroid yang mengalami prolapsus dimana suplai darah dihalangi oleh sfingter ani.

3 Komplikasi Wasir (Hemoroid)

  1. Perdarahan
  2. Trombosis
  3. Strangulasi hemoroid

3 Pemeriksaan Penunjang Hemoroid

  1. Pemeriksaan colon dubur
  2. Pemeriksaan anosopi
  3. Pemeriksaan prolog moidoskopi

3 Penatalaksanaan Medis Untuk Hemoroid

  1. Skleroterapi
  2. Terapi injeksi
  3. Laser

Fase Terjadinya Wasir (Hemoroid)

Fase I     : Bila terjadi pelebaran hemoroid yang tidak prolaps tidak keluar anus
Fase II    : Pelebaran hemoroid yang prolaps dan menghilang, masuk sendiri kedalam anus secara spontan
Fase III   : Pembesaran hemoroid yang prolaps dapat masuk lagi kedalam anus dengan bantuan dorongan jari
Fase IV    : Prolapsus hemoroid yang permanen.

10 Cara Menjaga Kesehatan Usus dan Kesehatan Usus Besar

1. Tidurlah Lebih Lama Pada Waktu Malam

Waktu tidur 8-10 jam adalah waktu tidur terbaik, dan tidur satu jam lebih awal dari waktu biasanya adalah lebih baik, dan lakukan bangun tidur setengah jam dari waktu biasanya anda bangun dari tidur pagi untuk memberikan cukup waktu kepada anda sendiri untuk sepanjang hari beraktivitas.

2. Minum 2 Gelas Air 

Sebagai acara pertama pada waktu pagi sebelum makan, dan 6-8 gelas lagi bahan cair sepanjang hari.

3. Makan Atau Sarapan Yang Cukup

Satu gelas susu, sebutir telur, bruinbrood atau beras tumbuk, sejenis kacang-kacangan dan buah. makanlah pada waktu-waktu yang teratur, jangan mengabaikan waktu makan atau jangan makan dengan tergesa-gesa.

4. Setelah Makan Pagi

Setelah makan pagi gunakan sedikit waktu untuk buang air besar dengan tenang, jangan lakukan tergesa-gesa dalam hal ini mungkin akan menyebabkan wasir di kemudian hari.

5. Ambil Cukup Waktu Untuk Pekerjaan Anda

Jangan memaksa diri atau-pun orang-orang lain, anda akan lebih lekas selesai dari pekerjaan akan lebih baik, jika anda berbuat begitu.

6. Berhentilah Bekerja Beberapa Menit Di waktu Siang

Atau mulailah bekerja sedikit lebih cepat agar dapat berjalan dengan tenang ke tempat bus atau ke tempat kereta api daripada tergesa-gesa menghabiskan pekerjaan pada waktunya untuk mengejar bus atau kereta api yang penumpangnya berdesak-desakkan.

7. Ambil Waktu Untuk Gerak Badan

Gerak badan dan otot-otot di setiap hari, ini dapat dibuat dalam berjalan kaki beberapa waktu lamanya, mencangkul di kebun atau bermain tennis atau golf, di atas segala sesuatu jadikan gerak badan ini satu acara tetap untuk anda.

8. Jangan Makan Obat Pencahar Pilihan Anda Sendiri

Jangan pernah anda membeli obat pencahar pilihan anda sendiri, biarlah dokter yang menentukan jenis penyakit anda itu dan memberikan resep obat yang cocok kepada penyakit itu. Obat pencahar yang banyak dipakai dengan banyak air itulah jenis yang sekarang dianjurkan oleh banyak dokter-dokter. Ganti obat-obat yang keras atau obat yang kasar yang dapat merangsang perut seperti cascara, phenolphthalein, dan lainnya, yang dapat bertindak seperti cambuk kepada perut anda yang normal menjadi ketergantungan kepada obat itu.

9. Ingatlah Bahwa Hidup Itu Milik Anda

Buatlah usus dan usus besar anda senang, dan jangan biarkan anda hidup dengan penuh tergesa-gesa, karena itu akan membuat anda cepat mati, dan anda yang punya hak atas hidup anda. Betapa lebih bijaksana untuk menyenangi kehidupan itu sepanjang hidup kita! ingatlah bahwa anda hanya mempunyai hari ini, dan boleh jadi waktu sudah terlambat daripada yang anda kira.

10. Belajar Supaya Hidup Anda Tenang Dan Damai

Dengan apa yang ada pada anda dalam hidup, cita-cita tinggi itu baik adanya, tetapi cita-cita dapat membunuh anda! Walaupun cita-cita itu untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, tapi janganlah anda membanting tubuh anda terlalu keras untuk mendapatkan apa yang anda cita-citakan dengan melupakan kesehatan anda secara fisik dan mental.

Kesimpulan

Maka sebagaimana diketahui oleh setiap dokter, penyakit ini tidak dapat diobati dengan obat-obatan pencahar. Obatnya hanya terdapat dalam pikiran yang merasa tenang dan merasa santai. Jika anda mau membebaskan masalah-masalah penyakit perut, lebih baik anda membereskan segala kecemasan dan ketegangan pikiran yang ada pada diri anda terlebih dahulu. Banyak pasien telah mengeluh akan usus besar yang kejang dan sering terasa sangat sakit, oleh karena itu disini akan dibagikan tips atau cara membuat usus besar selalu sehat.

Baca Juga Cara Cepat Mengatasi Diare Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel