Perkembangan Janin Minggu Ke-24 Kehamilan

klinikabar.com, Perkembangan Janin Minggu Ke-24 Kehamilan - Pada usia kehamilan 24 minggu, janin mulai memberi respon khas saat mendengar suara-suara luar kandungan. Bulu matanya juga sudah tumbuh. Janin makin terlihat berisi dengan panjang sekitar 21 cm. rahim terletak sekitar 24 cm diatas simfisis pubis. Kelopak-kelopak mata janin sudah kian sempurna dilengkapi dengan bulu mata.

Janin Usia Kehamilan 24 Minggu


Gambar Perkembangan janin Minggu Ke-24 Kehamilan


Pada usia kandungan 24 minggu, pendengaran pada janin sudah berfungsi penuh. Terbukti janin mulai beraksi dengan menggerakkan tubuhnya secara lembut jika mendengar irama musik yang disukainya. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan dari luar yang tidak disukainya.

Cairan ketuban yang berfungsi melindungi janin dan memungkinkannya bergerak bebas,mengalami peningkatan dengan cepat. Dari sekitar rata-rata 50 ml pada usia kehamilan 12 minggu kini mencapai kira-kira 400 ml lebih. Bahkan pada usia kehamilan 36-38 minggu volume maksimalnya bisa mencapai 1 liter.

Hanya saja komposisinya mengalami perubahan selama kehamilan, komposisinya sangat mirip dengan plasma ibu, selain kandungan proteinnya yang lebih rendah. Seiring dengan perkembangan kehamilan, dalam caran ketuban terdapat bahan kimia yang disebut fosfolipid yang dibentuk di paru-paru janin. Cairan ketuban juga mengandung sel-sel darah janin, rambut laguno, dan verniks kaseosa yang tidak lagi terpakai.

Gangguan Varises Di Minggu Ke 24 Kehamilan

Pembuluh darah balik/vena yang normal dan sehat membawa darah kembali ke jantung dari anggota tubuh. Karena harus bekerja melawan gaya berat, maka pembuluh vena dirancang untuk memiliki serangkaian katup guna mencegah baliknya aliran darah. Selama kehamilan, kerja katup-katup ini mengalami penurunan karena terjadinya relaksasi otot-otot pada pembuluh darah yang disebabkan oleh hormon kehamilan.

Belum lagi penambahan volume darah, hingga darah cenderung berkumpul pada vena yang tarikan gaya beratnya relatif besar seperti di tungkai dan anus. Atau malah pada jalan lahir yang dikhawatirkan bakal mengganggu proses persalinan.

Penutup

Varises pada kehamilan minggu ke-24 ini dapat dicegah, antara lain dengan menghindari kenaikan berat badan berlebih, duduk terlalu lama,mengangkat beban berat,mengejan terlalu kuat saat buang air besar dan menggunakan pakaian terlalu ketat. Menghilangkan varises lewat pembedahan tidak dianjurkan saat hamil. Toh, kebanyakan varises ini akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan, yaitu saat berat badan kembali normal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel