Kumpulan Resep Ikan Bawal Lengkap Dan Mudah

klinikabar.com, Kumpulan resep ikan bawal lengkap dan mudah - ikan bawal dapat diolah menjadi berbagai macam resep ikan bawal yang lezat dan enak. Ikan bawal adalah ikan dari kelompok Bramidae, ikan bawal berasal dari Hawai dan terdapat juga di sejumlah daerah tropis di Indonesia, kebiasaan dari ikan bawal adalah hidup berkoloni dan ikan bawal ini termasuk ikan predator, namun termasuk juga ikan konsumsi. Bagi anda yang sedang mencari resep olahan ikan bawal, silahkan anda dapat menyimak kumpulan resep ikan bawal dibawah ini.

Resep Ikan Bawal Istimewa Dan Lezat

Ikan bawal dapat diolah menjadi ikan bawal bakar, ikan bawal goreng, ikan bawal saus, gulai ikan bawal dan dapat dibuat ikan bawal asap. Disini akan dibagikan resep ikan bawal yang lezat dan nikmat yang dapat anda buat dirumah sebagai sajian bersama keluarga, sebagai referensi, silahkan simak kumpulan resep ikan bawal lengkap dan mudah berikut ini.

Resep Ikan Bawal Masak Kecombrang


Gambar Resep Ikan Masak Kecombrang

Resep ikan bawal masak kecombarang - Ikan bawal sangat cocok dibuat menu bawal bakar. Ikan bawal adalah sejenis ikan dari famili Bramidae, ikan bawal berasal dari Hawaii dan sejumlah daerah di Indonesia. Ikan bawal hidup secara berkoloni atau berkelompok dan termasuk ikan jenis predator. Olahan ikan bakar diantaranya di goreng, di masak, di asap dan di bakar, jika anda ingin mencoba ikan bawal bakar, maka anda harus mencoba resep ikan bawal masak kecombrang.


Bahan Ikan Bawal Masak Kecombrang

2 ekor ikan bawal, potong 2
12 batang serai, memarkan
5 lonjor kacang panjang, potong 3 cm
25 buah lokio, bersihkan
1 buah tomat, potong-potong
3 buah asam gelugur
5 lembar bunga kecombrang, iris kasar
1 1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
350 ml air
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam.

Bumbu Halus Ikan Bawal Masak Kecombrang

4 buah cabai merah besar
2 buah cabai merah keriting
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
4 butir kemiri, sangrai
4 cm kunyit, bakar

Cara Membuat Ikan Masak Kecombrang


  • Lumuri ikan dengan bumbu halus, masukkan sebagaian serai ke perut ikan, tata serai dalam wajan sebagai alas, letakkan ikan, lengkuas, daun salam, dan aasam gelugur diatas serai.
  • Tuang air, masukkan kacang panjang, lokio, tomat, kecombrang, garam, dan gula, tutup wajan dan masak diatas api kecil hingga sampai matang dan meresap.

Itulah resep ikan bawal masak kecombrang, anda dapat mencobanya di rumah sebagai menu sajian makan bersama keluarga anda tercinta, karena ikan bawal sangat mudah didapatkan di supermarket, swalayan atau pasar tradisional, dan ikan bawal yang cocok dan baik adalah ikan bawal yang segar untuk dijadikan ikan bawal masak kecombrang.


Resep Bawal Bakar Taousi


Gambar Resep Bawal Bakar Taousi


Resep Bawal Bakar Taousi - Ikan bawal sangat cocok dibuat menu bawal bakar. Ikan bawal adalah sejenis ikan dari famili Bramidae, ikan bawal berasal dari Hawaii dan sejumlah daerah di Indonesia. Ikan bawal hidup secara berkoloni atau berkelompok dan termasuk ikan jenis predator. Olahan ikan bakar diantaranya di goreng, di asap dan di bakar, jika anda ingin mencoba ikan bawal bakar, maka anda harus mencoba resep bawal bakar taousi ini.

Bahan Bawal Bakar Taousi

600 gram ikan bawal hitam
1 1/2 sendok teh air jeruk lemon
1 sendok teh garam
7 buah bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, iris halus
4 buah cabai hijau. iris miring
2 buah cabai merah, iris miring
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
4 buah belimbing wuluh, potong sesuai selera
1 1/2 sendok makan taousi
100 ml air
1/2 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Bawal Bakar


  • Rendam ikan bawal dalam air jeruk lemon dan garam, diamkan selam 10 menit. bakar ikan hingga matang dan kering
  • Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah, lengkuas dan daun salam hingga harum
  • Masukkan taousi, aduk rata hingga matang, kemudian tambahkan air dan belimbing wuluh, masak hingga semua bahan matang dan kuah menjadi kental, angkat.
  • Siram kuah taousi ke atas ikan bawal bakar dan sajikan bersama keluarga.

Penutup

Itulah resep bawal bakar taousi, anda dapat mencobanya di rumah sebagai menu sajian makan bersama keluarga anda tercinta, karena ikan bawal sangat mudah didapatkan di supermarket, swalayan atau pasar tradisional, dan ikan bawal yang cocok dan baik adalah ikan bawal yang segar untuk dijadikan bawal bakar bumbu taousi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel