Aneka Resep Telur Yang Lezat Dan Mudah

klinikabar.com, Aneka Resep Telur Yang Lezat Dan Mudah - Siapa yang tidak suka makan telur yang mengandung banyak gizi baik untuk tubuh kita. Telur merupakan bahan makanan hewani yang dapat dikonsumsi selai daging, ikan dan susu, dan biasanya telur yang dikonsumsi adalah telur burung, telur ayam, telur bebek, telur angsa dan telur ikan, dan biasnya telur diolah dalam berbagai hidangan.

Telur mengandung asam amino sekitar 6 gram, dan biasanya protein dalam telur lebih mudah diserap oleh tubuh secara efisien, telur juga mengandung 74 kalori. Manfaat mengknsumsi telur yaitu membantu mencegah kerusakan mata, terutama mencegah dari katarak, dan mencegah degenerasi makula, Telur juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi mulai sekarang anda tidak perlu ragu lagi akan kehebatan telur dan anda dapat membuat aneka resep telur yang lezat dan mudah.

Aneka Resep Telur Kekinian Dan Enak

Telur sering dibuat menu makanan yang beragam, seperti di buat semur telur, dibuat kari telur, di buat gulai telur, di buat telur pindang, dibuat telur mata sapi, dibuat dadar telur dan dibuat aneka resep telur lezat lainnya. Jika anda sedang bingung akan dimasak apa telur yang ada di rumah anda agar tidak membisankan, sebagai referensi dari kami, kami berikan aneka resep telur yang lezat dan mudah berikut ini


Resep Telur Pindang Kecap



Gambar Resep Telur Pindang Kecap


Resep Telur Pindang Kecap - Telur pindang merupakan olahan telur yang diolah dengan cara direbus dengan aneka rempah dan bumbu serta kecap, sehingga telur pindang ini memiliki warna khas yaitu warna cokelat. Telur pindang biasanya memiliki rasa yang sedikit manis, namu gurih dan lezat, biasanya telur pindang ini disajikan bersama gudeg nangka, atau bersama nasi uduk atau dengan menu lainnya. Jika anda tertarik membuatnya, silahkan anda mencoba resep telur pindang kecap berikut ini.



Bahan Telur Pindang Kecap

6 buutir telur ayam, rebus
600 ml kaldu sapi
5 buah belimbing sayur, potong-potong
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus Telur Pindang

1 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit
2 cm jahe
3 butir kemiri
1,5 sendok teh garam

Cara Membuat Telur Pindang Kecap

Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai hingga matang lalu tuang kaldu, masak hingga mendidih
Masukkan telur, kecap dan belimbing sayur, lalu rebus hingga kuah mengental, angkat dan sajikan.

Itulah resep telur pindang kecap yang kami berikan, dengan cara membuat yang mudah dan praktis serta bahan yang mudah ditemukan, tidak ada alasan lagi untuk anda untuk tidak mencobanya dirumah. Selamat mencoba resep telur pindang kecap ini.



Resep Sate Telur Puyuh Kecap


Gambar Resep Sate Telur Puyuh Kecap


Resep Sate Telur Puyuh Masak KecapResep telur puyuh masak kecap ini adalah resep yang paling mudah dibuat, dan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk anda meyiapkan bahan. Dan anda hanya butuh waktu 30 untuk proses memasak sate telur puyuh kecap ini. Satu resep sate telur puyuh kecap ini cukup untuk 8 tusuk. Jika anda ingn mencoba membuat sate telur puhuh ini, disini saya akan membagikan resepnya. Dan sate telur puyuh ini cocok untuk menu santap anda bersama keluarga anda tercinta



Bahan-bahan Sate Telur Puyuh 

  • 24 butir telur puyuh
  • 350 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis
  • tusuk sate secukupnya.

Bahan Bumbu Sate Telur Puyuh

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butir
  • 3/4 sendok teh garam halus

Cara Membuat Sate Telur Puyuh Kecap

  • Siapkan panci perebus, lalu tuang air secukupnya
  • Didihkan air hingga mendidih
  • Lalu masukkan telur puyuh dan biarkan hingga telur matang
  • Setelah telur puyuh matang, matikan api
  • Angkat dan rendam dalam air es atau air dingin biasa (dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengupas cangkang telur puyuh)
  • Kupas kulit telur puyuh, sisihkan
  • Haluskan semua bahan bumbu halus
  • Lalu didihkan air dalam wajan hingga mendidih
  • Setelah mendidih, masukkan bumbu halus yang telah di haluskan tadi
  • Lalu masak bumbu hingga mendidih dan matang
  • Lalu masukkan telur puyuh yang telah dikupas
  • Tambahkan kecap manis, lalu masak kembali
  • Aduk sesekali hingga air surut dan bumbu meresap ke dalam telur puyuh dan telur puyuh berwarna cokelat. angkat
  • Setelah telur puyuh dingin, ambil tusuk sate
  • Dan tusukkan telur ke dalam tusuk sate, masing-masing berisi 3-4 butir telur puyuh
  • Lakukan hal tersebut hingga telur selesai ditusuk
  • Sajikan sate telur puyuh dengan sisa bumbu yang ada
  • Anda dapat menyantap sate telur ini dengan nasi, atau dengan soto ayam atau dengan sayur gudeg.

Itulah resep sate telur puyuh kecap, dengan bahan yang mudah didapatkan anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai sajian menu santap bersama keluarga anda tercinta, atau sebagai jamuan makan ketika ada tamu berkunjung kerumah anda. Selamat mencoba resep sate telur puyuh kecap ini.


Resep Omelet Telur Bayam Kacang Hijau


Gambar Resep Omelet Telur Bayam Kacang Hijau


Telur omelet atau telur dadar yaitu variasi hidangan dari telur goreng yang dibuat dengan cara di kocok dan biasanya omelet ini di goreng hanya menggunakan sedikit minyak atau mentega panas di sebuah pan. Omelet telur ini biasanya dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan sebagai campuran seperti sosis, daun bawang, bayam, wortel, mi kuning, atau daging ayam serta kornet, Jika anda ingin membuatnya dirumah, silahkan anda dapat mencoba resep omelet telur bayam kacang hijau berikut ini.

Bahan Omelet Telur Bayam Kacang Hijau

50 gram kacang hijau rebus
1/4 buah bawang bombai, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
100 gram ayam giling
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
6 butir telur, kocok lepas
50 gram bayang, potong kasar
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis


Cara Membuat Omelet Telur Bayam Kacang Hijau


  1. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga layu, masukkan ayam giling, lalu bumbui dengan garam dan merica, angkat lalu dinginkan
  2. Tambahkan kacang hijau, telur dan bayam, sambil diaduk rata.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng di pan dadar anti lengket diamater 15 cm, tuang adonan dua sendok sayur, lalu tutup, tunggu hingga matang.

Itulah resep omelet telur bayam kacang hijau yang tentu sehat dan bergizi, omelet ini sangat baik dijadikan menu makan anak dan keluargan anda sebagai asupan gizi yang seimbang antara protein dan vitamin yang terkandung dalam telur, bayam dan kacang hijau. Selamat mencoba resep omelet telur bayam kacang hijau ini.


Resep Pepes Telur Bumbu Kuning


Gambar Resep Pepes Telur Bumbu Kuning


Pepes Telur Bumbu Kuning - Pepes adalah suatu cara mengolah makanan dengan cara dibungkus daun pidang atau daun jati, atau alumunium foil lalu di kukus dengan uap panas, biasanya pepes itu terbuat dari bahan dasar ayam, ikan, jamur, tahu bahkan telur. Untuk bahan dasar telur, disini saya akan bagikan resep pepes telur bumbu kuning berikut ini.

Bahan Pepes Telur Bumbu Kuning

25 butir telur puyuh rebus
3 pohon daun kemangi
6 buah cabai rawit utuh
2 buah batang serai, iris tipis
3 lembar daun salam, potong-potong
2 sendok maka minyak goreng
daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu Halus Pepes Telur

3 cm kunyit
1 sendok teh garam
3 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara Membuat Pepes Telur

Aduk semua bahan dan bumbu halus kecuali daun pisang, lalu diamkan selam 15 menit. Bungkus dalam daun pisang, sematkan dengan lidi lalu kukus selama 25 menit, angkat dan sajikan.

Itulah resep pepes telur bumbu kuning, dengan bahan yang mudah didapatkan, anda dapat membuat pepes telur bumbu kuning ini sebagai sajian menu makan bersama keluarga anda tercinta. Selamat mencoba resep pepes telur bumbu kuning ini.


Resep Telur Donburi Gyoza


Gambar Resep Telur Donburi Gyoza


Resep Telur Donburi Gyoza - Donburi adalah salah satu makanan yang berasal dari negara Jepang, Donburi adalah salah satu menu makanan berupa nasi putih dengan tambahan berbagai macam varian lauk pauk diatas nasi, seperti ikan, daging, sayuran, telur. Biasanya donburi ini disajikan dalam mangkuk besar yang disebut Donburi. Kaldu atau kuah kaldu untuk dnburi ini tergantung pada variasi makanan, namun pada umumnya kuah donburi adalah dashi yang dicampur dengan kecap asin dan mirin.

Jika anda ingin membuat donburi, tapi bahan-bahannya seadanya, anda tidak perlu khawatir, karena kami disini akan membagikan resep donburi yang mudah dan praktis, tentu tetap lezat seperti rasa donburi buatan Jepang itu. Silahkan simak resep telur donburi gyoza berikut ini.

Bahan Telur Donburi Gyoza

1 bungkus fiesta gyoza
1 butir telur ayam
garam secukupnya
merica secukupnya

Ankake Don (Saus Telur)

1 sendok makan olive oil
1 sendok makan shoyu (kecap asin jepang)
5 sendok makan air
1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Telur Donburi Gyoza


  1. Goreng fiesta gyoza dengan minyak panas
  2. Untuk Ankake Don : panasakan wajan, masukkan minyak dan tumis bawang bombay hingga harum, masukkan telur ayam yang telah di kocok lepas, keseluruh permukaan wajan, biarkan selama 15 detik, tutup wajan dan kecilkan apinya
  3. Setelah satu menit, matikan api, siapkan nasi putih di dalam mangkuk dan berikan topping Telur Donburi Gyoza yang telah jadi tadi langsung dari wajannya.

Itulah resep telur donburi gyoza, tidak susah bukan cara membuatnya, dengan waktu yang tidak lama, dan praktis dalam pembuatannya, serta mudah dalam mendapatkan bahan-bahannya, tidak ada salahnya anda mencobanya dirumah sebagai sajian menu makan bersama anak-anak dan keluarga. Selamat mencoba resep telur donburi gyoza ini.


Resep Telur Garing Lada Garam


Gambar Resep Telur Garing Lada Garam


Resep Telur Garing Lada Garam - Bagi anda pecinta telur, pasti tidak asin lagi dengan menu makanan satu ini, apalagi buat anda yang hobi travelling dan berkemah di gunung pasti suka sekali membawa telur garing ini sebagai persediaan makanan yang instan dan dapat dibawa kemanapun. Rasanya yang gurih dan lezat, membuat pecinta telur garing ini selalu ketagihan. Anda tentu harus mencoba sendiri di rumah resep telur garing lada garam berikut ini.

Bahan Telur Garing Lada Garam

8 lembar daun mangkok, iris tipis, goreng

Bahan Telur Garing

6 butir telur
75 gram tepung beras, larutkan dengan 50 ml air
1/2 sendok makan baking soda
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan Lada Garam

8 buah bawang merah, iris halus
6 siung bawang putih, cincang halus
3 buah cabai kering, cincang halus
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
3 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Telur Garing Lada Garam


  1. Lada Garam : panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai kering cincang hingga harum. Tambahkan garam, merica, merica bubuk, dan gula pasir, aduk cepat. Angkat dan sisihkan.
  2. Telur Garing : campur telur, larutan maizena, baking soda, garam, dan merica bubuk, aduk rata.
  3. Tuang kedalam pinggan tahan panas, kemudian kukus dalam panci panas hingga adonan memadat, angkat dan dinginkan.
  4. Iris tipis adonan yang telah padat, kemudian goreng dalam minyak banyak dan panas hingga adonan garing dan berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  5. Campur telur garing yang masih berminyak dengan bumbu lada garam dan daun mangkuk goreng, aduk rat, dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.


Itulah resep telur garing lada garam yang lezat dan nikmat, dan akan bertambah kenikmatannya jika anda menyantapnya bersama nasi hangat yang pulen, dapat anda bayangkan betapa gurih dan nikmatnya sajian tersebut. Selamat mencoba resep telur garing lada garam ini.


Resep Telur Masak Mentega


Gambar Resep Telur Masak Mentega


Resep Telur Masak Mentega - Selain di buat telur dadar, atau dibuat omelet telur, atau dibuat pepes telur, ternyata banyak lagi variasi masakan dengan bahan dasar telur. Dan kali ini kami akan membagikan resep olahan telur yang telah teruji kelezatannya, salah satunya adalah resep telur masak mentega berikut ini.

Bahan Telur Masak Mentega

7 butir telur ayam, rebus, kupas, dan goreng

Saus Telur Mentega

1/2 buah bawang bombai, iris panjang
3 siung bawang putih, cincang kasar
2 buah cabai keriting, iris miring
1 sendok makan kecap inggris
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tomat
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica hitam bubuk kasar
1/2 sendok teh gula pasir
300 ml air
1 batang daun bawang, iris miring
1 buah jeruk limau, ambil airnya
50 gram margarin

Cara Membuat Telur Masak Mentega


  1. Panaskan mentega, tumis bawang bombai, bawang putih, dan cabai merah keriting sampai harum, masukkan telur, aduk rata.
  2. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, saus tomat, garam, merica hitam kasar, dan gula, aduk rata.
  3. Tuang air, aduk rata, tambahkan daun bawang dan air jeruk limau, aduk rata.

Itulah resep telur masak mentega, dengan rasa telur yang gurih ditambah dengan saus mentega membuat menu satu ini sangat cocok untuk bekal anak sekolah atau menjadi menu sajian makan ketika ada acara di rumah, Sudah saatnya anda mencoba resep telur masak mentega ini.


Resep Balado Telur Cabai Hijau


Gambar Resep Balado Telur Cabai Hijau


Resep Balado Telur Cabai Hijau - Jika anda suka dengan olahan telur berbumbu, maka anda tidak salah lagi ketika mencoba resep satu ini, karena telur balado begitu memiliki banyak penggemar, selain rasanya yang gurih, ditambah dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah dan cabai hijau, maka terciptalah citarasa yang unik dari menu ini. Sebagai referensi, kami akan bagikan resep yang telah teruji satu ini, yaitu resep balado telur cabai hijau.

Bahan Balado Telur Cabai Hijau

6 butir telur ayam, kupas, goreng hingga berkulit\5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
4 buah tomat hijau, potong-potong
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan air asam jawa
2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Telur Balado (tumbuk kasar)

4 buah bawang merah
5 buah cabai hijau besar
5 buah cabai hijau keriting

Cara Membuat Telur Balado Cabai Hijau


  1. Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk, daun jeruk, dan tomat sampai layu, masukkan telur, garam, dan gula pasir, aduk rata.
  2. Masukkan air asam jawa, aduk rata sampai meresap dan matang, angkat dan sajikan.

Itulah resep telur balado cabai hijau, menu ini tidak begitu pedas, dan sangat cocok untuk anda yang tidak begitu suka dengan rasa masakan yang pedas, namun balado cabai hijau ini cukup membuat anda ketagihan dalam menyantapnya. Jika tidak percaya, anda tinggal menambahkan nasi hangat untuk menyantap telur balado cabai hijau ini.

Resep Telur Puyuh Masak Taoco


Gambar Resep Telur Puyuh Masak Taoco


Resep Telur Puyuh Masak Taoco - Telur puyuh sering dibuat sajian berbagai tradisi kuliner di dunia termasuk di Eropa, Amerika dan Asia serta Jepang. Di jepang, telur puyuh biasanya dibuat masakan sebagai bekal bento atau sebagai masakan rantang. Di Indonesia sendiri telur puyuh diolah menjadi berbagai olahan menu makanan dan masakan, misalkan dibuat sate telur puyuh, belado telur puyuh, sambal goreng telur puyuh, atau sup telur puyuh, bahkan telur puyuh di masaka dengan variasi bumbu baik itu bumbu modern atau bumbu tradisional seperti penambahan tauco. Untuk anda yang akan memasaka telur puyuh untuk menu makanan keluarga, silahkan simak resep telur puyuh masak taoco berikut ini.

Bahan Telur Puyuh Masak Taoco

25 butir telur puyuh, rebus, kupas, goreng
10 buah cabai rawit merah
1 papan petai, masing-masing belah dua
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan tauco manis
3/4 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula merah iris
1 sendok teh kecap manis
150 ml air
2 sendok makan minyak goreng


Bahan Bumbu Iris Telur Puyuh Masak Taoco

8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
2 buah cabai hijau besar


Cara Membuat Telur Puyuh Masak Taoco

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu iris, daun salam, dan lengkuas, sampai harum.
  2. Tambahkan taoco, aduk rata sampai harum, masukkan telur puyuh, cabai rawit merah dan petai, aduk rata. Tuang air, masak sampai meresap. Angkat dan sajikan.

Itulah resep telur puyuh masak taoco, pastinya resep ini telah teruji kelezatan dan kenikmatannya, dengan bahan yang mudah diperoleh, maka tidak ada salahnya anda mencobanya dirumah. Selamat mencoba resep telur puyuh masak taoco ini.


Resep Telur Semur Gurih Dan Enak


Gambar Resep Telur Semur Gurih Dan Enak


Resep Telur Semur - Telur semur adalah menu masakan dengan bahan dasar telur ayam yang dimasak dengan beberapa bumbu dan kecap, sehingga rasa dari telur semur ini khas yaitu sedikit pedas dan manis. Untuk anda yang sedang mencari resep referensi men masakan olahan telur, maka ada baiknya anda mencoba resep telur semur berikut ini.


Bahan Telur Semur

1/2 kg telur ayam. rebus, kupas, goreng sebentar
minyak goreng secukupya

Bumbu Semur Telur Yang Dihaluskan

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 biji pala
1 ruas jari kayu manis
3 buah cengkeh
Lada bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat Semur Telur

Tumis semua bubu halus hingga harum, masukkan kecap manis, tambahkan air matang secukupnya, tunggu sampai mendidih, setelah mendidih, masukkan telur dan aduk rata sampai telur berubah warna menjadi kecokelatan, angkat dan sajikan telur semur.

Itulah resep telur semur yang lezat dan enak, jadi anda tidak perlu ragu lagi membuat telur semur ini untuk sajian santap bersama keluarga tercinta, selain sehat, telur semur juga membuat anak anda nafsu makannya meningkat karena bumbu yang menggoda. Selamat mencoba resep telur semur ini.


Resep Telur Balado Pedas


Gambar Resep Telur Balado Pedas


Resep Telur Balado - Balado adalah menu masakan dengan menggunakan cabai merah sebagai bahan dasar bumbu, balado adalah salah satu menu masakan dri daerah Sumatera Barat atau Minang. Balado sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu balado cabai merah dan balado cabai hijau, namun kali ini kami akan membagikan resep Telur balado cabai merah.

Bahan Telur Balado

4 butir telur ayam, rebus, kupas dan goreng sebentar
5 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 buah tomat merah, cincang kasar
2 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
10 cabai merah keriting, haluskan

Bumbu Telur Balado Yang Dihaluskan

3 siung bawang putih
3 buah bawang merah
6 cabai merah besar
1 sendok teh garam atau secukupnya

Cara Membuat Telur Belado

Tumis bumbu sampai layu dan harum, tambahkan daun jeruk, masukkan cabai merah dan tomat yang telah dihaluskan, masukkan telur goreng, dan tambahkan sedikit air, aduk telur dan bumbu hingga rata, angkat dan sajikan telur balado.


Penutup

Itulah aneka resep telur yang lezat dan mudah, semoga resep telur ini menjadi referensi untuk anda yang ingin membuat masakan dengan bahan dasar telur, selain nikmat, telur tentu mempunyai nilai gizi baik untuk tubuh kita. Jadi jangan lah bosan mengolah telur untuk disajikan kepada keluarga anda tercinta. Selamat mencoba aneka resep telur yang lezat dan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel