Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai Agar Awet

Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai Agar Awet - Dua kali setahun, kondisi Ban mobil akan berubah dari Ban musim hujan ke musim panas dan kembali dalam agenda seperti itu di sepanjang tahun selama pamakaian. Tapi apa yang terjadi pada ban mobil sementara itu?klinikabar memberikan tips tentang cara untuk menyimpan ban mobil dengan benar.

Cara Menyimpan Ban Mobil Dengan Benar


Gambar Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai Agar Awet


Hal ini didasarkan pada pertanyaan muncul tentang apa yang harus terjadi pada ban mobil pada saat musim panas atau musim dingin dan setelahnya, jika perlu, paduan pelek yang benar. Agar ban mobil siap digunakan lagi musim depan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam merawat ban mobil yang tida terpakai agar tetap awet. Langkah pertama: Bersihkan secara menyeluruh roda dan ban sebelum penyimpanan. Menghapus semua cairan atau bahan pembersih ban dan pelek mobil dengan banyak air jernih, karena pembersih pelek bersipat asam dan hal ini dapat menyerang aluminium pada pelek ban mobil anda. Kemudian subjek masing-masing roda untuk inspeksi visual yang dekat untuk mendeteksi kerusakan Ban atau pelek. Berikut ini berlaku: jika terjadi kerusakan yang meragukan – misalnya, kehilangan udara, retak atau penyok yang lebih besar di pelek – selalu Tanyakan kepada ahli (bengkel spesialis, Layanan Ban) untuk mendapatkan saran dan solusi.

Cara Menyimpan Ban Dan Pelek Dengan Benar

Untuk roda lengkap (Ban pada pelek), dianjurkan untuk meningkatkan tekanan udara Ban sekitar 0,5 bar segera sebelum penyimpanan untuk mengimbangi kerugian tekanan selama penyimpanan. Untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara, penting bahwa Ban dirakit kembali dalam posisi yang benar pada waktu berikutnya pada saat akan digunakan. Oleh karena itu, posisi roda harus ditandai dengan kapur atau pin lilin di bagian dalam Ban selama pembongkaran: biasanya tanda seperti  "VL " untuk kiri depan atau  "HR " untuk roda kanan belakang. Jika Ban pakai berbeda pada gandar depan dan belakang, roda juga dapat ditukar antara gandar (menjaga sisi masing-masing mobil). Catatan: Ban dengan profil residu yang lebih besar harus selalu dipasang pada gandar belakang. Selain itu, roda hanya dapat diganti berpasangan, tidak pernah mengubah roda individu antara gandar.

Periksa Kondisi Ban Sebelum Penyimpanan

Ketika pembongkaran, juga memeriksa kedalaman tapak Ban. Legislator memerlukan cairan residu setidaknya 1,6 milimeter untuk ban. Namun, adhesi ban dalam kondisi basah menurun secara signifikan dari profil residu kurang dari empat milimeter. Oleh karena itu, Ban musim panas harus memiliki setidaknya tiga milimeter sisa profil, Ban musim hujan setidaknya empat milimeter. Jika ada lebih sedikit, maka anda tidak dapat menyimpan ban dengan baik. Buang hak dari agen ban dan memesan set baru! Hal yang sama berlaku untuk Ban lebih tua dari enam tahun, terlepas dari profil residu. Berapa umur Ban dapat dilihat dari apa yang disebut nomor DOT pada ban panggul ban.

Tempat Yang Cocok Untuk Penyimpanan Ban

Penyimpanan Ban mobil harus berlangsung di lingkungan yang paling kering, sejuk dan gelap mungkin. Karena iradiasi UV sangat sulit untuk senyawa karet ban. Sementara ban dipasang berdiri tanpa pelek, roda lengkap harus ditumpuk di atas satu sama lain. Sebagai bahan Saver, karton juga dapat ditempatkan di antara ban. Atau, Ban juga dapat ditumpuk di atas satu sama lain pada pohon pelek.



Kesimpulan

Pilihan lain adalah untuk menyimpan roda menggantung di dinding khusus. Perawatan harus diambil untuk memastikan bahwa dudukan logam keras tidak merusak Ban atau tanduk pelek. Tip untuk perawatan: Selalu menyimpan ban mobil anda dalam keadaan bersih atau dibebaskan dari kotoran dan abrasi, cara paling mudah membersihkan ban mobil dari kotoran akibat rem jauh lebih mudah selama mencuci mobil, agar ban mobil anda selalu awet dan baik selama penyimpanan sebelum digunakan di waktu yang akan datang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel