Kumpulan Resep Ikan Kakap Lengkap Dan Enak

klinikabar.com, Kumpulan Resep Ikan Kakap Lengkap Dan Enak - Siapa yang tidak suka mengkonsumsi ikan kakap yang kaya akan gizi dan nutrisi ini, ada dua jenis ikan kakap, yaitu kakap merah dan kakap putih, kedua jenis ikan kakap tersebut sangat baik untuk dikonsumsi terutama dalam keadaan segar. Tidak hanya dagingnya, kepala ikan kakap pun cocok dibuat menjadi aneka resep ikan kakap enak. 

Resep Ikan Kakap Lezat Dan Praktis

Ikan kakap merupakan ikan yang banyak tumbuh di dasar-dasar karang laut, dengan kandungan gizi yang tinggi, maka para ahli gizi menyarankan agar kita mengkonsumsi ikan kakap setiap hari, terutama kakap merah. Ikan kakap dapat dibuat menjadi fillet ikan kakap, dan kepalanya pun dapat dibuat berbagai menu masakan olahan kepala kakap. Ikan kakap mengandung selenium, Vitamin A, Vitamin E, Kalium, asam lemak omega 3. Kini anda tidak perlu ragu lagi mengkonsumsi olahan ikan kakap dalam bentuk makanan dan masakan. Sebagai referensi untuk anda, kami akan memberikan resep ikan kakap yang mana resep tersebut telah teruji kelejatan dan kenikmatnnya. Silahkan simak kumpulan resep ikan kakap lengkap dan enak berikut ini.

Resep Tim Ikan Kakap Merah


Gambar Resep Tim Ikan Kakap Merah


Resep Tim kakap merah - Ikan kakap merah adalah keluarga ikan laut yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang, ikan kakap merah memiliki tubuh yang bulat pipih dan sangat banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan kakap merah ini, karena selain mengandung omega-3, ikan kakap merah sangat rendah mercuri, itulah sebabnya banyak orang menyukai ikan kakap merah untuk dikonsumsi sebagai menu makan dengan berbagai olahan termasuk olahan tim kakap merah.

Bahan Tim Ikan Kakap Merah

3 ekor ikan kakap merah, kerat-kerat
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
3 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, iris tipis
1 sendok makan saus tiram
1 sendok teh kecap asin
1 sendok teh minyak wijen
1,5 sendok teh merica hitam kasar
1 batang daun bawang, iris serong tipis.

Cara Membuat Tim Ikan Kakap


  • Lumuri ikan bersama air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit
  • Aduk rata bawang putih, jahe, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, garam dan merica hitam
  • Masukkan ikan ke dalam campuran bumbu, aduk rata. Letakkan ikan di dalam pinggan tahan panas. Siramkan sisa bumbu, taburkan sebagian daun bawang.
  • Kukus di dalam kukusan yang sudah dipanaskan 25 menit sampai matang, alu taburi dengan sisa bawang daun. Sajikan.
  • Satu resep cukup untuk 6 porsi

Ikan kakap dapat anda temui di supermarket atau di swalayan, atau pun di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kakap merah yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Ikan kakap memiliki daging yang pipih dan sangat cocok untuk diolah menjadi tim kakap merah yang lezat.


Resep Sup Ikan Kakap Asam Pedas


Gambar Resep Sup Ikan kakap Asam Pedas

Resep Sup kakapAsam Pedas - Ikan kakap adalah keluarga ikan laut yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang, ikan kakap merah memiliki tubuh yang bulat pipih dan sangat banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan kakap ini, karena selain mengandung omega-3, ikan kakap sangat rendah mercuri, itulah sebabnya banyak orang menyukai ikan kakap untuk dikonsumsi sebagai menu makan dengan berbagai olahan termasuk dibuat sup ikan kakap asam pedas

Bahan Sup Ikan Kakap Asam Pedas

150 gram daging ikan kakap, potong-potong
100 gram jamur merang, iris tipis
1 sendok makan kecap asin
2 lembar daun salam
1500 ml kaldu ikan
75 gram belimbing sayur, potong-potong
3 sendok makan air asam jawa

Bahan Bumbu halus Sup Ikan

4 buah cabai merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 sendok teh garam

Cara Membuat Sup Ikan Kakap Asam Pedas


  • Rebus kaldu ikan, bumbu halus dan daun salam hingga mendidih.
  • Masukkan ikan, kecap asin, belimbing sayur dan air asam jawa, aduk rata.
  • Menjelang diangkat, tambahkan jamur, kemudian didihkan lagi sebelum diangkat.
  • Angkat dan sajikan.

Ikan kakap dapat anda temui di supermarket atau di swalayan, atau pun di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kakap yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Ikan kakap memiliki daging yang pipih dan sangat cocok untuk diolah menjadi sup ikan kakap asam pedas.


Resep Tim Kakap Enak


Gambar Resep Tim Kakap

Resep Tim kakap - Ikan kakap adalah keluarga ikan laut yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang, ikan kakap merah memiliki tubuh yang bulat pipih dan sangat banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan kakap ini, karena selain mengandung omega-3, ikan kakap sangat rendah mercuri, itulah sebabnya banyak orang menyukai ikan kakap untuk dikonsumsi sebagai menu makan dengan berbagai olahan termasuk dibuat Tim kakap yang enak.

Bahan Tim Kakap

700 gram ikan kakap, potong-potong
200 gram sawi asin, potong tipis
3 buah cabai merah, iris tipis halus
5 butir bawang merah, iris halus
3 cm jahe, iris halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan kecap ikan

Cara Membuat Tim Kakap


  • Aduk semua bahan, lalu diamkan 10 menit
  • Kukus selama 20 menit, angkat, lalu hidangkan

Ikan kakap dapat anda temui di supermarket atau di swalayan, atau pun di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kakap yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Ikan kakap memiliki daging yang pipih dan sangat cocok untuk diolah menjadi tim kakap enak.

Resep Ikan Kakap Goreng Tepung


Gambar Resep Ikan Kakap Goreng Tepung

Resep ikan kakap goreng tepung - Ikan kakap merah adalah keluarga ikan laut yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang, ikan kakap merah memiliki tubuh yang bulat pipih dan sangat banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan kakap merah ini, karena selain mengandung omega-3, ikan kakap merah sangat rendah mercuri, itulah sebabnya banyak orang menyukai ikan kakap merah untuk dikonsumsi sebagai menu makan dengan berbagai olahan termasuk olahan ikan kakap goreng tepung.

Bahan Ikan Kakap Goreng Tepung

300 gram ikan kakap fillet, dipotong-potong panjang
1/4 sendok teh air jeruk lemon
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Bahan Pelapis (Aduk Rata)

300 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
100 gram saus Bangkok untuk pelengkap

Bahan Pencelup Ikan Kakap Goreng Tepung

50 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok makan tepung sagu
1/4 sendok teh garam
125 ml air es

Cara Membuat Ikan Kakap Goreng Tepung


  • Lumuri ikan dengan iar jeruk, garam dan merica bubuk, diamkan selama 30 menit dalam lemari es.
  • Pencelup : aduk rata tepung terigu, tepung sagu, garam, dan air es.
  • Celupkan ikan ke dalam pencelup, gulingkan di bahan pelapis, ulangi sekali lagi.
  • Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diaras api sedang sampai ikan kakap matang dan kering, sajikan bersama sambal Bangkok.


Penutup

Ikan kakap dapat anda temui di supermarket atau di swalayan, atau pun di pasar tradisional, tapi jika anda menginginkan ikan kakap yang masih segar, anda dapat membelinya di nelayan atau pasar lelang ikan. Ikan kakap memiliki daging yang pipih dan sangat cocok untuk diolah menjadi ikan kakap goreng tepung enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel