Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Agar Warnanya Bagus

klinikabar.com, Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Agar Warnanya Bagus - Ikan koi lebih bagus dan lebih baik dipelihara di kolam luar rumah, karena disitu banyak terdapat pakan alami dan adanya sinar matahari yang dapat merangsang warna pada tubuh ikan koi. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda yang akan memelihara ikan koi di kolam.

Teknik Mudah Memelihara Ikan Koi Di Kolam 


Gambar Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Agar Warnanya Bagus


Bila anda ingin memelihara ikan koi di kolam, maka anda harus memperhatikan juga mengenai persiapan kolam, kedalaman kolam, dan kualitas air kolam yang cocok untuk ikan koi. Disini kami akan menjelaskan bagaimana agar ikan koi dapat tumbuh di kolam agar warnanya terus tumbuh dengan bagus dan sempurna, silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Persiapan Kolam Pemeliharaan Ikan Koi

Kolam untuk budidaya atau pemeliharaan ikan koi harus dipersiapkan dan dirancang sebelum ikan koi dipindahkan ke dalam kolam tersebut, baik itu yang berkaitan dengan persediaan dana maupun yang menyangkut estetika. Jangan sampai pembuatan kolam berhenti karena adanya kendala yang disebutkan tadi. Pembuatan kolam untuk pemeliharaan ikan koi harus memperhatikan aspek-aspek estetika atau keindahan, karena ikan koi adalah ikan hias yang memperlihatkan keindahan warna-warninya, apalagi jika dipelihara untuk tujuan kontes ikan koi.

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Luas minimum kolam adalah 1,5 m x 2 m. Sedangkan kedalaman kolam ditentukan dengan tujuan pembuatan kolam. Ukuran ideal untuk kolam ikan koi adalah antara 80 cm - 200 cm. Kolam yang terlalu dangkal menyebabkan warna koi akan pucat dan memudar dan pertumbuhannya terhambat karena terus menerus terkena sinar ultraviolet.

Manfaat memelihara ikan koi di kolam dengan kedalaman yang cukup adalah sebagai berikut :
Kedalaman yang cukup akan memberikan keleluasaan gerak pada ikan koi, kebebasan ikan koi bergerak menyebabkan koi selalu sehat, apalagi jika ikan koi bergerak vertikal dan horizontal, maka dapat dipastikan pertumbuhan ikan koi akan seimbang dan bagus. Kedalaman kolam yang cukup akan menjadikan perubahan suhu air antara siang dan malam, tidak drastis karena perubahan suhu air yang drastis dapat menyebabkan ikan koi stres dan menjadi lemah.

Sebagian pedagang ikan koi sengaja membuat kolam ikan koi agak dangkal dengan kedalaman 60 cm, dengan tujuan agar koi dapat dilihar oleh pembeli,tetapi para pedagang pun mengantisipasi sengatan sinar matahari dengan memberikan pancuran air yang sangat deras.

Kualitas Air Kolam Untuk Pemeliharaan Ikan Koi

Kualitas air adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh penaar atau hobiis ikan adalah kualitas air, karena kualitas air sangat mempengaruhi keberhasilan pemeliharaan ikan koi. Kualitas air yang tidak terkontrol menyebabkan warna koi pucat dan memudar, minimnya oksigen, bahkan bisa jadi ikan koi mengalami keracunan. Struktur dan kelengkapan kolam mempengaruhi kualitas air. Struktur kolam yang baik harus dilengkapi dengan saluran pemasukan dan pembuangan air (drainase). Adapun cara menjaga kualitas air untuk budidaya dan pemeliharaan ikan koi adalah sebagai berikut :

A. Cara Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

  • Menjaga kebersihan kolam ikan koi otomatis harus terjaga pula hal-hal berikut ini :
  • Saluran pemasukan air harus diberi saringan air berupa bak filter berisi batu, tempat sarang bakteri (biobal filter) arang dan zeonit.
  • Sebaiknya lokasi kolam tidak terkena sinar matahari secara terus menerus secara langsung karena dapat memicu tumbuhnya alga secara pesat.
  • Water pump berkapasitas 25 menit per liter dapat digunakan untuk menggerakkan sirkulasi air. Dengan cara ini, dapat mempermudah pembersihan kolam ikan koi, yaitu dengan cara membersihkan filter air dan bak filter.

B. Cara Mengganti Air Kolam Ikan Koi Secara Rutin

Penggantian air di kolam pemeliharaan ikan koi dimaksudkan agar zat-zat beracun dari sisa-sisa makanan dapat hilang. Penggantian air ini dapat dilakukan setiap satu minggu atau 2 minggu sekali tergantung pada keadaan kolam pemeliharaan ikan koi tersebut.

C. Cara Memberi Obat Pengikat Kotoran Pada Kolam Ikan Koi

Air kolam yang kotor dapat diatasi dengan cara memberikan obat berupa aquadien atau aquavital untuk mengikat kotoran agar kotoran menggumpal sehingga mudah disedot oleh pompa. Obat pengikat kotoran tersebut ada yang berbentuk cair dan ada juga yang berbentuk bubuk atau serbuk.


Penutup

Itulah cara memelihara ikan koi di kolam agar warna ikan koi bagus dan terjaga keindahannya. Karena ikan koi adalah ikan hias yang dinikmati karena keindahan akan warna-warni pada punggungnya dari satu hingga beragam warna. Untuk anda hobies maka silahkan memperaktekan bagaimana cara memelihara ikan koi di kolam ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel