Jenis-Jenis Pakan Terbaik Ikan Koi Dan Cara Pemberian Pakan Untuk Koi

klinikabar.com, Jenis-Jenis Pakan Ikan Koi Dan Cara Pemberian Pakan Untuk Koi - Pakan untuk ikan koi terdiri dari dua jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan, disini akan kami uraikan dari mulai jenis-jenis pakan ikan koi, fungsi pakan dan cara pemberian pakan untuk ikan koi. Bagi anda para hobi memelihara ikan koi baik itu untuk koi peliharaan biasa maupun koi untuk kontes.

Teknik Pemberian Pakan Ikan Koi Beserta Jenis-Jenisnya


Gambar Jenis-Jenis Pakan Terbaik Ikan Koi Dan Cara Pemberian Pakan Untuk Koi


Jenis-jenis pakan ikan koi ada yang alami dan ada pula pakan buatan, untuk dapat membedakan dan mengetahui apa perbedaan dari kedua jenis pakan tersebut, mari kita simak penjelasan yang kami tuliskan disini, karena jenis pakan dan pemilihan pakan ikan koi yang tepat sangat mempengaruhi tumbuh kembang dan warna dari ikan koi tersebut.

Pakan Alami Ikan Koi

Yang dimaksud dengan pakan alami adalah pakan yang sudah tersedia di alam yang mana ini tersedia tanpa campur tangan atau bantuan dari manusia. Persediaan pakan alami sangat terbatas dan tergantung pada faktor-faktor alam, seperti : suhu, intensitas cahaya, dan faktor bahan organik di kolam, namun, pakan alami dapat juga dibudidayakan. 

Pakan alami dibedakan menjadi dua jenis yaitu pakan alami nabati dan pakan alami hewani. Pakan alami nabati berupa plankton nabati (fitoplankton), tumbuhan air dan sayuran segar, sedangkan pakan alami hewani berupa plankton hewani (zooplankton), seperti rotifera, daphina, artemia, golongan invetebrata kecil, golongan invetebrata besar (cacing-cacingan, udang, sifut, kerang, serangga, dan lain-lain).

Pakan Buatan Ikan Koi

Pakan buatan ikan koi adalah pakan yang sengaja dibat untuk tujuan budi daya secara intensif. Pakan buatan ini bersifat praktis dan efisien. Asalkan pakan disimpan dalam kemasan yang baik dan bena, dan tekstur pakan tidak rusak walaupun sudah berbulan-bulan. Bentuk pakan buatan bermacam-macam bentuknya, seperti granual (butiran), frake (remah), pellet (butiran), dan stick (batang), dan bentuk-bentuk pakan tersebut disesuaikan dengan ukuran mulut ikan koi.

Fungsi Pakan Untuk Ikan Koi

Pakan ikan tidak hanya berfungsi sebagai pelangsung hidup, tetapi juga berfungsi sebagai pertumbuhan dari ikan koi. Kadungan gizi yag dibutuhkan oleh ikan koi yaitu :
  • Protein, yang mana protein ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengganti sel yang rusak.
  • Vitamin dan mineral, vitamin dan mineral dibutuhkan oleh ikan koi untuk membantu metabolisme pembentukan enzim dan membantu menjaga kesehatan ikan koi.
  • Lemak dan Karbohidrat, lemak dan karbohidrat dibuthkan oleh ikan koi sebagai sumber energi.


Jenis-Jenis Pakan Yang Memicu Pertumbuhan Dan Warna Ikan Koi

Adapun jenis-jenis pakan yang memicu pertumbuhan dan warna pada ikan koi adalah sebagai berikut :
  • Wheat germ dengan berbagai macam variasinya
  • Ulat sutra yang telah dikeringkan
  • Berbagai pakan koi baik itu pakan lokal ataupun import


Selain fungsi pakan sebagai pemicu pertumbuhan ikan koi, pakan koi juga berfungsi sebagai pembentuk warna dan membuat warna ikan koi semakin cerah, karena pakan-pakan tersebut mengandung pigmen-pigmen penyusun warna ikan. Dan pigmen-pigmen tersebut berupa :
  • Pigmen melamin, yaitu pigmen yang menghasilkan warna coklat hingga hitam.
  • Pigmen guanin, yaitu pigmen yang membuat tubuh ikan koi dapat memantulkan cahaya dari luar tubuhnya.
  • Pigmen karoten, yaitu pigmen sebagai penghasil warna merah, kuning dan jingga. Pigmen ini juga sebagai pencemerlang warna pada ikan koi.


Adapun jenis pakan pelet yang khusus untuk ikan koi agar warnanya cemerlang adalah :
Pelet untuk Koi merek lokal : Ikari Super, Ikari Dobel Red, Ikari Gold, Kohanku, Taisho, PK5.
Pelet untuk ikan koi melek import : Izeki, Nozomi, Hikari, Sakoi, Ogata, Saki Hikari.

Dalam pakan alami juga terdapat pakan yang berfungsi untuk membuat ikan koi menjadi cemerlang warnanya. Jenis pakan yang berasal dari tumbuhan adalah wortel, ganggang corella, semangka, kubis, cabai hijau. Sedangkan pakan ikan koi yang membuat warna ikan koi menjadi cemerlang dari jenis hewan adalah kepiting, udang, kerang-kerangan, cacing tanah, larva nyamuk, dan jenis-jenis ganggang.

Cara Pemberian Pakan Untuk Ikan Koi
Agar ikan koi dapat tumbuh dengan normal dan sehat, maka anda harus memperhatikan cara-cara dalam memberikan pakan, yaitu yang berkaitan dengan volume pakan, ukuran dan waktu pemberian pakan untuk ikan koi.

Cara Memberian Pakan Untuk Ikan Koi Yang Dipelihara Di Kolam

Volume Pakan
Pakan ikan koi harus diberikan dalam waktu yang tepat, yaitu tidak berlebihan dan tida kurang. Pakan ikan koi yang berlebihan dan tidak termakan oleh ikan koi akan mengendap di dasar kolam dan ini menyebabkan produksi kotoran ikan akan lebih banyak. Untuk mencegah pengendapan kotoran tersebut di dalam kolam ikan koi, yang mana endapan kotoran tersebut dapat mengeluarkan zat amoniak , maka kolam ikan koi harus dilengkapi dengan filter air dan filternya harus sering dibersihkan atau diganti. Sedangkan jika ikan koi kekurangan pakan, maka pertumbuhan ikan koi akan terganggu dan bentuk ikan koi pun akan menjadi tidak proposional.

Jumlah pakan ikan koi yang diberikan tentu berbeda-beda tergantung pada usia dan besar ukuran ikan koi. Ikan koi anakan (baby), yaitu koi yang kurang dari umur 1 tahun, panjangnya 15-25 cm, dan berat tubuh 50-100 gram, maka jumlah pemberian pakannya 5% atau 5-10 gram per ekor per hari.

Pemberian pakan untuk ikan koi muda (young), ikan koi muda adalah ikan koi yang berumur 2 tahun, panjangnya 25-45 cm, dan beratnya 100 -200 gram, jumlah pakan yang diberikan adalah 5% atau 5-10 gram per ekor per hari.

Pemberian pakan untuk ikan koi dewasa (adult), koi dewasa adalah koi yang berumur 3 tahun, panjangnya 45-65 cm, dan beratnya 500 gram - 1 kg. Jumlah pakan yang diberikan adalah 5% atau 25-50 gram per ekor per hari.

Untuk dapat mempermudah jumlah pemberian pakan, dapat dilakukan dengan mengamati selama 5 menit setelah beberapa gram pakan diberikan dan dihabiskan. Dengan cara seperti itu, jumlah pakan yang dibutuhkan koi dapat diperkirakan untuk pemberian pakan selanjutnya di waktu berikutnya.

Ukuran Pakan Untuk Ikan Koi

Ukuran pakan untuk ikan koi dapat diberikan berdasarkan jenis dan umur ikan koi itu sendiri. Untuk anakan ikan koi (umur 5-6 hari), selain pakan alami, pakan yang dapat diberikan pada anakan ikan koi berupa tepung, seperti tepung udang. Sedangkan untuk koi muda dan dewasa, biasanya pakan yang diberikan perupa pakan pelet.

Waktu Pemberian Pakan Ikan Koi

Pemberian pakan koi diusahakan pada waktu dan tempat yang sama, sehingga insting koi terlatih dan mampu menerima isyarat tentang kapan dan dimana akan diberikan. Untuk tujuan pemeliharaan, pelet ikan koi dapat diberikan secara intensif, yaitu sehari dua kali setiap pagi (07.00 - 09.00) dan sore ( 15.00 - 17.00). Penebaran pelet dapat dilakukan dengan tenaga manusia atau menggunakan alat dengan arus listrik sebegaimana yang sering dilakukan oleh orang Jepang dalam pemberian pakan untuk ikan koi. Dan alat tersebut disebut automatic feeder dan dapat diletakkan di pinggir kolam ikan koi.

Cara Pemberian Pakan Ikan Koi Yang Dipelihara Di Kolam Hobi

Para penggemar ikan koi biasanya memelihara ikan koi dalam kolam khusus yang dikenal dengan kolam hobi. Kolam ini dibuat dalam bentuk yang bervariasi dengan emngutamakan nilai keindahan (estetika) yang disesuaikan dengan selera masing-masing penggemar ikan koi. Tempatnya pun berbeda-beda, ada yang letak kolamnya di dalam rumah, ada yang ditaman dan ada pula yang meletakkan kolam ikan koi di halaman rumah.

Pakan yang diberikan untuk ikan koi yang dipelihara di kolam hobi adalah berupa pelet. Pelet yang diberikan secara perlahan-lahan disebar sedikit demi sedikit. Pada saat itulah keindahan ikan koi dapat terlihat dengan gerakannya yang indah, warna yang cemerlang serta berwarna-warni, serta bentuk tubuhnya yang menarik. Dengan cara seperti itu, selain kita dapat menikmati keindahannya, ikan koi dapat terkontrol kondisinya sehingga ikan koi yang sehat dapat terkontrol sejak awal.


Kesimpulan

Untuk ikan koi anakan, peberian pakan dilakukan setiap 2 jam sekali mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Itu artinya, pakan diberikan sebanyak 5 kali sehari. Nafsu makan anakan ikan koi lebih besar dari ikan koi muda atau dari ikan koi dewasa. Agar tubuh ikan koi tidak terlalu gemuk dan perut ikan koi tidak membesar, maka pakan diberikan sedikit demi sedikit. Sedangkan untuk koi muda, pakan diberikan setiap 3 jam sekali. Hal ini dimaksudkan untuk penyesuaian dengan kebutuhan koi muda. Dan pakan untuk koi dewasa diberikan setiap 5 jam sekali, karena ikan koi dewasa makannya lebih lambat daripada ikan koi anakan dan ikan koi muda. Itulah artikel tentang jenis-jenis pakan ikan koi dan cara pemberian pakan untuk ikan koi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel