3 Cara Mengobati Mencret Atau Diare Pada Bayi Dan Anak

klinikabar.com, Cara Mengobati Mencret Atau Diare Pada Bayi Dan Anak - Seorang dokter selalu berpikir bahwa dengan mencret-mencret ini tubuh bayi akan kehilangan jumlah cairan pada melalui saluran pencernaan. Tinja yang sedikit lebih lembut dari biasanya atau hanya bertambah sering seberapa kali saja tidak disebut diare.

Mengobati Mencret Atau Diare Pada Bayi



Gambar 3 Cara Mengobati Mencret Atau Diare Pada Bayi Dan Anak


Usus anak-anak sangat peka terutama pada tahun-tahun pertama dan tahun kedua. susu bayi mudah sekali terangsang, tidak hanya oleh kuman-kuman penyebab mencret seperti pada orang dewasa, tetapi juga oleh sejenis sayuran atau oleh kuman-kuman influenza dan kuman-kuman lain yang tidak berbahaya bagi anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa.

Karena itulah kita berusaha melindungi bayi dari infeksi dengan cara membuat steril susunya, menyusun perubahan formula secara bertahap dan menambahkan jenis makanan baru, tetapi harus hati-hati. Jika pada awalnya bayi anda buang air besar normal lalu tiba-tiba berubah menjadi mencair, anda harus menduga bahwa bayi anda terkena infeksi usus yang ringan, bahkan jika penyebabnya hanya flu biasa saja.

Buang air besar menjadi lebih sering biasanya ada perubahan warna, menjadi kehijauan dan baunya pun berubah menjadi bau yang menyengat. Kebanyakan infeksi ringan saja dan mudah diobati bila segera diketahui, infeksi berat harus segera di duga, jika disertai tanda-tanda sebagai berikut.

7 Tanda-tanda Mencret Pada Bayi

  • Buang air besar hanya air (warnanya seperti air cucian beras, diduga disebabkan oleh kuman kolera).
  • Darah atau ingus dalam tinja
  • Muntah-muntah
  • Panas badan yang lebih dari 38 derajat Celsius
  • Bayi tampak sangat lemah dan matanya cekung
  • Walaupun hanya infeksi ringan saja, anda harus segera membawanya ke dokter, karena semakin cepat diatasi, maka akan baik hasilnya.
  • Jika bayi menunjukkan tanda-tanda infeksi berat seperti disebut diatas, bawa bayi dengan segera ke rumah sakit atau ke dokter, bahkan sekalipun anda harus menempuh perjalanan jauh.

Cara Mengobati Mencret 

Cara mengobati mencret pada bayi dan anak yang akan dijelaskan di bawah ini merupakan pertolongan pertama bila tempat tinggal anda jauh dari dokter atau rumah sakit. Sedapat mungkin anda harus membawanya ke dokter, bayi yang mendapat air susu ibu boleh minum susu terus selama mencret.

Jika bayi hanya minum sedikit, maka anda tidak perlu menambahkan minuman atau makanan apapun juga. jangan memberikan bayi anda makanan padat sekalipun, jika bayi anda hanya minum susu dari botol saja, anda harus  mengencerkan takaran susu misalnya dengan menambahkan sejumlah air lagi.

Misalnya anda memberikannya 1 takaran susu bubuk untuk 60 cc air, sekarang anda harus menambahkan airnya dengan 60 cc lagi, jadi 1 takaran diencerkan dengan 120 cc air. Susu yang lebih encer ini akan membuat bayi lebih sering merasa lapar. jika anda mempunyai persediaan susu dengan kadar lemak yang rendah, anda dapat memberikan nya (juga diencerkan terlebih dahulu seperti dijelaskan diatas). Biarkan bayi anda minum sesuka hatinya dan jika ia terus kelaparan anda dapat memberi bayi anda minum sesering mungkin.

Jika anda terpaksa merawat bayi anda sendiri, pengenceran susu harus terus menerus dilakukan sampai tinja kembali normal lagi atau hampir normal. Jangan dulu menaikkan takarannya walaupun bayi tampak sangat kelaparan, beri bayi anda minum sesering mungkin. Jika mencret berlangsung lebih dari 3-4 hari, anda harus pergi ke dokter, bayi yang sudah mendapatkan makanan padat, bila terserang mencret ini, harus dihentikan tentang pemberian segala macam makanan-makanan padat, sampai mencret hilang, untuk sementara waktu beri susu botol saja yang diencerkan.

Penutup

Jika diare atau mencret pada bayi atau anak sudah sembuh, anda dapat secara perlahan menaikkan takaran susunya sampai takaran semula sebelum ia menderita mencret. Pemberian makanan padat harus dilakukan dengan hati-hati, dan secara perlahan, tambahkan makanan padatnya hanya satu macam saja setiap hari. Awalnya beri sepertiga jumlah biasa pada hari pertama, kemudian besoknya dua pertiga bagian dan baru hari ketiga berikan sejumlah biasa, misalnya berturut-turut mulai dari pemberian : 
  • Pemberian air jeruk di hari pertama setelah sembuh dari mencret
  • Kemudian berikan telur dan daging, setelah makanan terbuat dari tepung, kemudian berikan sayur-sayuran, setelah itu berikan nasi tim dan terakhir berikan buah-buahan.
  • Jika bayi anda baru sembuh dari penyakitnya, tentu saja anda tidak boleh memberinya makanan padat yang sebelumnya belum pernah diberikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel