Apa Itu Mimisan, Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan

klinikabar.com, Apa Itu Mimisan, Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan - Mimisan dapat timbul akibat pukulan atau akibat jatuh yang berakibat kepada hidung, objek yang menekan hidung dapat juga menyebabkan hidung berdarah - dan kadang-kadang anak dengan usia sangat kecil tampaknya menyukai kebiasaan ini!

Mimisan Pada Anak


Gambar Apa Itu Mimisan, Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan


Mimisan terjadi pada anak di usia pra sekolah, tetapi biasanya jika anak mencapai usia sekolah, kebiasaan tersebut hilang dan anak mulai tidak menyukai keadaan tersebut, meskipun  begitu, ingat! bahwa ini mungkin menjadi penyebab jika hidung anak anda berdarah. Tetapi sering dalam kelompok usia ini - dan hal ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan - mimisan benar-benar timbul secara tidak disangka-sangka.

Penyebab Mimisan Spontan

Penyebab lazim berupa robeknya pembuluh darah sangat kecil pada bagian hidung yang memisahkan kedua lubang hidung. Pembuluh darah banyak yang dalam keadaan sangat dekat ke permukaan, maka benturan kecil pun dapat merobek pembuluh darah tersebut. Robekan ini menyebabkan darah memancar mendadak dari hidung, ini sangat mudah terjadi jika hidung dalam keadaan kering atau jika anak terus menerus mengorek hidung.

Pertolongan Pertama Untuk Mimisan

1. Dudukkan anak pada sebuah kursi dengan kepaala ditundukan ke atas mangkuk atau baskom.
2. Dengan jari telunjuk dan ibu jari anda, jepit lubang hidung dengan kuat bersama-sama tepat dibawah penonjolan tulang dan pertahankan posisi ini selama lima menit atau lebih, buat anak menjadi tenang dan jangan panik.

Biasanya pengobatan ini akan menghentikan semua pendarahan, tetapi jika masih berlangsung setelah lima belas menit, walaupun anda telah mencoba semua cara, maka segera cari pertolongan medis. Bawa anak anda ke rumah sakit terdekat yang mempunyai bagian kecelakaan dan gawat darurat, jika anda tidak dapat menghubungi dokter.

Penyejukan yang dianjurkan pada punggung anak akan memberi sedikit manfaat dan sedikit pertolongan, tidak dianjurkan untuk membaringkan anak dengan cara terlentang karena walaupun ini bisa menghentikan aliran darah dari hidungnya, ia akan menetes turun ke tenggorokannya sehingga membuat ia sakit, maka buat anak anda untuk selalu dalam posisi duduk dengan membungkuk.

Cara Pengobatan Mimisan Berulang

Beberapa anak menderita mimisan parah yang sering terjadi, jika ini dibiarkan berlanjut tanpa pengobatan yang lama, maka kehilangan darah dapat menyebabkan anak menderita anemia. Hal ini dapat dihindari karena pembuluh darah yang rapuh yang bertanggung jawab dapat di kauterisasi. Terdengar sedikit mengerikan tetapi sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti karena dapat dilakukan di poliklinik THT dengan cepat dan tidak sakit, dan dokter dapat mengatur pengobatan ini.

Penutup

Mimisan mendadak menyebabkan ketidaknyamanan dan bagi seorang anak kecil sedikit menakutkan, jika anda tetap tenang dan tidak gugup pada waktu timbul mimisan, maka ini akan jauh lebih membuat anak tenang dan tentram. Itulah artikel tentang Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan.

Baca Juga Perkembangan Indera Penciuman Pada Bayi Sejak Dalam Kandungan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel