10 Cara Mengatasi Bau Mulut Sampai Tuntas

klinikabar.com, Mengatasi bau mulut Dan cara kenali penyakit dari bau mulut - Bau mulut yang berbau seperti keringat yang berbau adalah salah satu yang kita tidak suka bicarakan. Iklan-iklan suka mengatakan tentang cara ampuh menghilangkan bau mulut, berjuta-juta uang dibelanjakan orang setiap tahun dalam cara mengatasi bau mulut, baik itu untuk menyembunyikan, menghilangkan atau mengubah bau mulut menjadi segar.

Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cara Alami


Gambar 10 Cara Mengatasi Bau Mulut Sampai Tuntas


Jenis Obat penghilang bau mulut seperti : obat pasta gigi, obat kumur, obat pewangi, pewangi nafas dengan berbagai varian seperti berbentuk permen karet, berupa aroma cengkeh, dan banyak lagi obat-obatan yang tidak terhitung lagi jenisnya, yang dimaksudkan untuk membantu menghilangkan bau mulut itu. Keadaan mulut yang menyebabkan hawa nafas berbau itu disebut Halitosis, lalu apa penyebab mulut berbau itu, silahkan simak tentang hal itu.

3 Faktor Penyebab Bau Mulut

  1. Mengkonsumsi bawang atau kucai sebelum tidur dan tidak menggosok gigi sebelum tidur
  2. Meminum minuman yang mengandung alkohol
  3. Mengalami kerusakan pada gigi, dan keadaan lain pada mulut anda.

Hawa nafas yang berbau memang ada sebabnya, dan cara menghilangkannya tidak terdapat dalam obat kumur atau obat gosok gigi.

Apa Itu Halitosis

Halitosis mungkin disebabkan oleh suatu penyakit yang sama bahayanya seperti kanker, sebab itu lebih baik pergi ke dokter atau ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan. Keadaan gigi, gusi, hidung, dan kerongkongan menyumbang kepada adanya bakteri di dalam mulut, Gula-gula yang sangat halus seperti yang terdapat dalam manisan, taart, kue, eskrim, dan makanan manis lainnya meningkatkan keberadaan bakteri.

Itu lah sebabnya dokter-dokter gigi sering menyarankan menggosok gigi, kumur mulut, dan minum satu gelas air putih setelah makan gula-gula dan makanan. Bahan-bahan makanan seperti bawang putih dan bawang merah adalah pantangan ketika anda berada di tempat keramaian, bawang putih adalah suatu yang tidak dapat disembunyikan, percobaan-percobaan ilmiah telah menunjukkan bahwa bawang putih yang dibungkus dalam capsule, ditelan tanpa tersentuh bagian mulut, kerongkongan, gigi atau perut, masih tetap akan tercium juga aromanya sesaat setelah menelan capsule bawang putih itu.

Bau dari bawang dikeluarkan oleh paru-paru setelah dicerna di dalam usus kecil dan dibawa ke paru-paru oleh aliran darah, itulah kenapa aroma bawang putih tidak bisa disembunyikan dari nafas kita, kecuali orang-orang disekitar anda mengkonsumsi bawang putih secara bersamaan.

Chlorophyll

Chlorophyll adalah deodorant yang paling berkhasiat dari alam untuk menyerap bau, salah satu sumber yang paling banyak dari chlorophyll adalah daun ketumbar, orang-orang Italia telah mengetahui bahwa satu tangkai daun ketumbar yang dikunyah setelah makan makanan yang menggunakan bawang putih sebagai bumbu.

Karena chlorophyll membantu mengembalikan nafas kembali segar, sayur-sayuran hijau segar yang banyak berisi chlorophyll dan Vitamin C, akan sangat membantu banyak untuk menyegarkan nafas anda. Kebersihan gigi menjadi nomor dua kepentingannya kepada bahan-bahan yang dimakan, sisa makanan  yang dibiarkan tinggal diantara gigi akan segera busuk dan menimbulkan bau yang tidak nyaman yang dikarenakan oleh bakteri.

Menggosok gigi setelah makan dan menggunakan obat gosok gigi akan membantu cara terhindar dari bau mulut, terhindar dari kerusakan gigi, terhindar dari gusi berdarah, dan gangguan mulut yang lainnya, dan hal itu harus segera diatasi dengan pergi ke dokter gigi.

Salah satu penyebab Halitosis yang biasa adalah bau mulut, mulut menjadi terasa kering, seperti diketahui oleh semua anesthesiologist, pasien yang beberapa jam lamanya tidak minum dan memiliki mulut yang kering karena cara pengobatan sebelumnya akan segera menimbulkan bau mulut.

Dengan segera minum air putih setelah pembedahan, maka bau mulut itu pun akan segera hilang. Berjuta-juta manusia menderita mulut kering, itu bukan saja karena mereka tidak minum cukup air putih, melainkan mereka mengeringkan mulutnya dengan asap rokok.

Untuk nafas yang tidak berbau dan mulut  yang segar, maka dengan minum banyak air bersih delapan sampai sepuluh gelas air putih per hari akan memberikan cukup air dan kelembaban bagi tubuh anda. Daging, saus, bumbu-bumbu, dan bahan-bahan makanan lezat lainnya dapat menimbulkan hawa nafas yang tidak segar dan berbau, terutama di keesokan harinya, tetapi buah-buahan tidak akan menimbulkan bau mulut dan mulut kering.

Orang yang banyak mengkonsumsi buah-buahan akan memiliki nafas yang segar, bau harum dari arbeien, semangka, anggur, jeruk, dan buah-buah lain menolong kesegaran nafas anda, karena itu buah-buahan tersebut sering digunakan sebagai pencuci mulut yang sangat baik.

Buah bermanfaat sebagai sikat gigi alami, untuk membersihkan mulut dengan berbagai asam dan obat-obatan pencuci mulut yang sama baiknya atau malah buah dapat menjadi lebih baik dari pasta gigi atau dari obat kumur lainnya yang di jual di apotik atau toko obat.

Buah-buahan itu dapat menimbulkan hawa nafas yang segar apabila diminum dalam bentuk air buah sebagai pengganti limonade dan minum-minuman manis lainnya diantara waktu makan. Banyak diantara penyakit-penyakit metabolisme, seperti diabetes, uremia, (adanya zat-zat kemih di dalam darah), dan kanker, memberikan satu bau yang khas pada nafas penderita penyakit tersebut.

Seorang pasien yang hendak pingsan mati karena diabetes, nafasnya akan berbau buah-buahan, seorang penderita uremia sering didapati bau nafas yang berbau seperti bau urin. tiap-tiap dokter dapat mengenal bau nafas penderita kanker.

Untuk membantu menghilangkan bau mulut ketika menderita suatu penyakit, penderita harus cukup mengkonsumsi buah-buahan cair dan banyak mengkonsumsi air putih supaya menghilangkan segala macam bau yang bertumpuk-tumpuk dan dibuang oleh paru-paru.

Jika gangguan pencernaan yang menjadi kesulitan, hawa nafas yang berbau mungkin datang sebagai beban tambahan. obat-obat antasida yang dapat diberikan dokter akan menyegarkan perut dan nafas anda. Sembelit, yang sudah lama disangka sebagai sebab autointoxication (keracunan oleh racun yang terbentuk oleh badan anda sendiri), mungkin ada hubungannya dengan Halitosis dan mungkin pula tidak.

10 Cara Mengatasi Bau Mulut Agar Nafas Kembali Segar.

1. Makan dan minum dengan teliti

2. Hindarkan bawang dan bawang putih, dan kombinasi yang kuat jika anda hendak pergi ke tempat keramaian.

3. Hindari napas tembakau dan bau minuman beralkohol

4. Minum banyak air putih diantara waktu makan anda.

5. Pelihara kesehatan gigi, gusi dan mulut, hindari gula tetapi jika terpaksa, maka gosok gigi dan berkumur setelah mengkonsumsi gula.

6. Sering memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anda ke dokter gigi

7. Gigi rusak, sinus dan infeksi, tonsil yang parah harus diatasi atau diatasi dengan segera untuk terhindar dari bau mulut.

8. Bau mulut yang sangat bau mungkin menjadi tanda permulaan dari gangguan pencernaan atau gangguan buang air besar yang kurang baik, biarkan dokter menolong anda dalam mengatasi masalah ini.

9. Penyakit sistem (penyakit sum-sum tulang belakang atau otak) mungkin akan ditandai dengan adanya bau mulut yang tidak segar, diabetes atau kanker pun dapat diketahui oleh dokter, maka minta nasihat dan saran dari dokter untuk mengatasi bau mulut itu.

10. Pelihara kebersihan badan, maka anda pun akan memelihara kesegaran nafas anda, dengan makan banyak buah dan sayuran hijau dan yang berwarna kuning. Daging, bumbu-bumbu, dan bahan-bahan makanan lezat dapat menimbulkan hawa napas yang berbau.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cara Tradisional
Bau mulut yang mengganggu dapat dihilangkan dengan cara tradisional, selain ampuh, cara tradisional pun aman digunakan dan tidak memiliki efek samping, dan inilah cara menghilangkan bau mulut dengan cara tradisional : Ambil daun sirih 5 lembar, lalu seduh dengan air panas dan diamkan selama kurang lebih 10 menit, gunakan untuk berkumur, seduhan air dan sirih tersebut saat digunakan berkumur harus dalam keadaan hangat kuku, dan lakukan 3 kali sehari setelah makan.

Baca Juga 16 Gangguan Kehamilan Yang Harus Diwaspadai

Penutup

Minum cukup air putih akan menolong pencernaan dan melancarkan buang air besar. oleh karena itu hawa nafas yang berbau dapat dihilangkan dan diatasi. Keadaan hidung dan tenggorokan seperti sinus yang bernanah setelah flu mungkin menyebabkan bau mulut serta penyakit Tonsil yang dapat menimbulkan pada umumnya adalah anak-anak. Jika tenggorokan yang selalu sakit menyertai hawa nafas yang berbau, mungkin perlu dilakukan pengangkatan Tonsil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel