4 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

klinikabar.com, 4 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak - Kenapa makanan mempengaruhi Kecerdasan Otak? Dokter telah menerangkan bahwa seperti anggota-anggota tubuh lainnya, otak juga perlu mendapatkan makanan supaya dapat berjalan dengan baik. otak memakai sejenis gula istimewa yang bernama Glukosa (sakar anggur); bila kekurangan glukosa, maka dengan cepat dan tepat, dan teratur, kinerja tubuh pun makin berkurang.

Jika anda pergi ke sekolah atau bekerja, janganlah berbuat seperti orang yang tidak hendak menghadapi satu pekerjaan yang berat. Melainkan pergilah dengan perlengkapan yang cukup termasuk mengambil sarapan di kala pagi. Jika anda mempunyai seorang saudara perempuan, beritahukan kepadanya bahwa cara memelihara badan tetap langsing bukanlah dengan menghilangkan sarapan di pagi hari itu.

Pentingnya Makanan Untuk Otak


Gambar 4 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak


Haruslah  orang mengambil sarapan pagi dengan sekenyang-kenyangnya, karena makanan yang dimakan pada waktu pagi hari akan dibakar dalam tubuh sepanjang hari, dan berguna sebagai api yang membakar lemak yang berlebihan. Akan tetapi jika makan sekenyang-kenyangnya pada waktu sore, beberapa jam sebelum tidur, mungkin akan tersimpan sebagai kelebihan lemak dalam pangkal paha dan panggul yang lebih besar. Jadi orang yang hendak menjaga agar badannya selalu langsing, peraturan yang baik yaitu dengan selalu mengambil makan pagi sekenyang-kenyangnya dan mengambil makan sore yang sedikit.

Manfaat Sarapan Untuk Kecerdasan

Perempuan muda yang hanya minum saja dan barangkali hanya memakan sepotong roti atau sepotong kue pada waktu pagi adalah perempuan yang sedang menyiksa tubuhnya. sakit kepala, sakit tulang belakang, dan perasaan letih tentu akan mengikuti di sepanjang hari ia beraktivitas. Penelitian tentang makan selama waktu dua tahun lamanya, baru-baru ini menunjukkan bahwa dalam keadaan seperti ini, persediaan sakar anggur atau glukosa tadi dalam tubuh merosot sampai di bawah keadaan berpuasa sebelum waktu makan siang. Inilah bukti yang nyata kepada apa yang telah dikatakan oleh dokter-dokter dan para ahli gizi makanan sampai saat ini : makan pagi itulah makanan yang sekali-kali tidak boleh ditinggalkan.

Makan pagi yaitu makanan yang memberikan tenaga kepada kita sepanjang hari adalah makanan yang paling penting untuk pekerjaan otak yang lebih baik. Dalam suatu penelitian, kecelakaan-kecelakaan yang terjadi dalam satu pasu Ordanans Angkatan Laut, kebanyakan terjadi kecelakaan terjadi dekat kepada waktu makan siang hari.

Orang yang malang itu biasanya mengaku dengan terus terang bahwa ia hanya makan sedikit saja pada waktu pagi atau telah melalaikan makan pagi itu sama sekali. Inilah satu petunjuk yang penting tentang perhubungan diantara makanan yang baik, terutama makanan pagi dengan penyebab kecelakaan. Para pelajar perlu kebaikan otak yang setinggi-tingginya untuk mempelajari ilmu-ilmu yang baru, menghancurkan angka-angka baik dalam rapotnya dengan menyia-nyiakan makanan pagi.

Yang paling mengherankan bukanlah selamanya keadaan perekonomian yang membuat para pelajar dalam perguruan tinggi menyia-nyiakan makanan pagi itu. Seorang ahli makanan yang terkenal dari California Selatan, ketika mempelajari keadaan anak-anak yang datang dari rumah tangga yang mayoritas kaya di Hollywood, mendapat bahwa tujuh dari sepuluh anak-anak yang dibawah usia dua puluh tahun tidak cukup mengambil sarapan di waktu pagi; dua diantara sepuluh hanya minum secangkir kopi dan sepotong kue.

Hanya seorang diantara sepuluh yang minum susu untuk makanan pagi. gigi dan kesehatan umum anak-anak muda tadi sudah mulai menunjukkan akibat yang tidak baik dari kebiasaan meninggalkan sarapan di pagi hari itu, yang banyak orang menganggap satu perkara yang tidak begitu penting dan harus dijauhkan sebagai tradisi kuno.

Para mahasiswa perguruan tinggi pun tidak bebas daripada kesalahan ini, meskipun sudah sepantasnya mereka harus mengetahui bahwa otaknya pun perlu mendapat makanan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang lebih tinggi.

Di salah satu perguruan tinggi di Amerika, telah diadakan penelitian diantara tiga ratus orang mahasiswa yang biasanya makan di cafe kampus. pelayan cafe disana mengaku bahwa diantara tiga ratus mahasiswa yang makan siang dan sore, disana hanya tiga puluh orang (dan kadang kurang dari tiga puluh orang) yang makan pagi dengan tetap. Banyak diantara mahasiswa tadi yang melupakan makan pagi maupun laki-laki atau pun perempuan merasa lemah sebelum waktu makan siang karena mereka tidak memberikan makan pagi kepada otak mereka.

Harus diperhatikan pula, bahwa tiga puluh mahasiswa yang tetap makan pagi itu mendapat angka-angka yang lebih tinggi dalam sekolah atau dalam pendidikannya. Dan lagi mereka mempunyai lebih banyak kekuatan fisik. Sudah tentu tidak perlu seorang ahli untuk mengetahui bahwa kalau satu kendaraan dapat berjalan baik dengan memakai bahan bakar yang baik, mobil itu akan mogok jika menggunakan bahan bakar yang kurang baik. 

Demikian pula dengan tubuh manusia, jika tubuh manusia diberi makanan yang baik maka ia akan bekerja dengan baik, jika tubuh manusia diberi makanan yang kurang baik, maka ia akan mogok dan berjalan dengan kekuatan yang jauh lebih berkurang daripada jika ia mendapatkan makanan yang baik di pagi hari.

5 Makanan Terbaik Untuk Otak

1. Buah-buahan dan Air Buah-buahan

Buah-buahan dan air buah-buahan terutama jeruk yang mengandung vitamin C, yang mana vitamin C ini sangat penting sekali untuk pertumbuhan tubuh yang baik bagi anak-anak dan bermanfaat untuk memelihara jaringan tubuh yang kuat. Juga bermanfaat membuat sendi-sendi menjadi tidak kaku. Diantara vitamin lainnya, vitamin C yang dapat memulai apa yang dinamakan "metabolisme (pertukaran zat), yaitu proses kimia dari pergerakan tubuh, yang bekerja kembali setelah diperlambat jalannya pada waktu tidur malam. Vitamin C ini perlu juga untuk gigi yang sehat dan gusi yang kuat, tomat juga berisi banyak vitamin C.

2. Beras

Beras, terutama beras tumbuk, adalah bahan dari mana diperoleh vitamin B-complex, sebagian orang mungkin akan heran bahwa 30 % daripada keperluan calori proteinnya setiap hari bukannya diperoleh daripada daging, ikan dan buah-buahan penggantinya, melainkan daripada beras tumbuk. Vitamin B-complex itu sangat penting untuk menjadi tenaga, inilah yang dinamakan vitamin saraf yang menghindarkan keguguran (jitters) dan memelihara otak dan susunan saraf bekerja dengan baik.

Susu atau bahan yang pantas jadi penggantinya (susu kedelai) harus dimasukkan ke dalam makanan setiap hari, jika tidak, mustahil bagi seseorang mendapatkan bahan calcium yang cukup. Calcium juga diperlukan untuk pekerjaan saraf yang normal dan juga untuk membantu proses pembekuan darah, serta fungsi-fungsi yang terkenal dalam pembangunan tubuh dalam membuat gigi dan tulang-tulang yang kuat.

3. Mentega atau Margarin

Mentega atau margarin seharusnya ada setiap hari, mentega berisi banyak vitamin A, dan margarin pun demikian juga. bukan hanya enak rasanya makan satu atau dua potong roti dengan mentega pada pagi hari?

4. Telur, Kentang, dan Bahan Makanan Lainnya

Boleh ditambahkan kentang, telur, dan bahan makanan lainnya untuk melengkapi menu sarapan pagi. tetapi jangan sekalipun meninggalkan lima bahan makanan pokok diatas untuk makan pagi anda.

Penutup

Itulah artikel tentang makanan terbaik untuk kecerdasan otak, demikianlah dapat anda lihat bahwa setiap bahan yang diatas tadi telah memenuhi sesuatu keperluan yang tertentu yaitu mencukupkan bahan-bahan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal. oleh sebab itu janganlah menipu diri anda dengan menganggap bahwa sarapan itu tidak penting bagi kecerdasan otak.

Baca Juga Permainan Asah Motorik Kasar Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel