Apa Itu Guru Spiritual Dan Tanda Guru Spiritual Palsu

klinikabar.com, Apa Itu Guru Spiritual Dan Tanda Guru Spiritual Palsu - Apa itu guru spiritual? Akhir-akhir ini , istilah guru atau pembimbing spiritual sedang melambung. Anda tentu saja masih ingat dengan kasus-kasus yang dibicarakan akhir-akhir ini, banyak kasus-kasus selebriti dengan guru spiritual-nya. Maraknya fenomena selebritis dan orang atas yang menggunakan jasa guru spiritual.mereka yang menggunakan jasanya tersebut disebut-sebut untuk mendekatkan diri kepada yang Kuasa. Namun, kenyataan banyak yang mempersepsikan bahwa jasa guru spiritual yang digunakan selebriti demi memperlancar karir hingga asmara. apakah benar demikian?

Apa Arti Guru Spiritual? 


Gambar Apa Itu Guru Spiritual Dan Tanda Guru Spiritual Palsu


Maraknya kasus guru spiritual sudah banyak sukses memancing rasa penasaran masyarakat akan keberadaan dan makan guru spiritual. Menurut sosiolog, guru spiritual memiliki peran menolong dan membantu orang memahami masalah kebatinan atau kejiwaan terkait dengan hubungan dengan sang pencipta.

Seorang guru spiritual setidaknya memiliki ilmu yang lebih sehingga bisa membimbing dan memberikan pemahaman yang lebih baik dan bersifat positif soal agama atau kepercayaan tertentu. Ajaran yang diberikan kepada pengikutnya pun tidak akan bertentangan dengan agama atau kepercayaan yang diyakininya. Jika dipikir secara rasional, yang diajarkan masih masuk di akal dan tidak melanggar norma agama. Mereka yang ahli spiritual pada umumnya memperlihatkan sikap positif dan sesuai dengan ajaran Tuhan seperti sabar, penuh pengertian, toleransi, mempunyai rasa empati dan sebagainya.

Kenapa Marak Kasus Tentang Guru Spiritual?

Kenapa banyak kasus tentang guru spiritual? Sudah jadi rahasia umum jika banyak artis, politisi, hingga pejabat di negeri ini yang memiliki guru atau penasehat spiritual. Entah mengikuti tren atau memang kebutuhan, tapi faktanya, guru-guru spiritual semacam ini semakin banyak bermunculan di masyarakat. tentunya menjadi sebuah pertanyaan besar, motif apa saja yang mendasari mereka untuk meminta bantuan pada guru spiritual atau penasehat spiritual?.

Motivasi masyarakat, entah itu selebritis maupun tokoh-tokoh politik mempunyai guru spiritual umumnya didasarkan adanya kebutuhan akan figur pemberi arah, sikap dan perilaku yang dapat membesarkan hatinya untuk mencapai apa yang diinginkan. Mereka berpandangan, guru spiritual memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menghantarkan mereka terhadap sesuatu yang diinginkan secara instan dan cepat.

Idealnya, kehadiran guru spiritual berangkat dari keinginan atau kebutuhan untuk memiliki kecerdasan spiritual yang baik. Berpendapat, menggunakan jasa spiritual merupakan  bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari karena membawa banyak manfaat bagi pribadi seseorang. misalnya menjadi individu yang fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Seseorang yang memiliki spiritual yang baik pun akan mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit serta mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan. Visi misi hidupnya pun menjadi mudah tercapai, disamping menjadi mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal, mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.

Ciri-ciri Guru Spiritual Palsu

Sebetulnya bukan hanya kalangan selebritis saja yang menggunakan jasa guru spiritual, kalangan masyarakat biasa pun pernah menggunakannya. Tentunya dengan berbagai tujuan masing-masing yang ingin mereka capai. Melihat banyaknya jasa guru spiritual, menjadikan keprihatinan mendalam bagi banyak pihak, saat ini banyak orang mengaku dan atau mendapatkan diri sebagai guru spiritual, akan tetapi sebenarnya tidak memiliki karakter dan kemampuan sebagaimana yang seharusnya. Bahkan tidak sedikit yang motivasinya menipu dan bertujuan materi, sebab itu, ia menghimbau agar jangan sampai salah pilih guru spiritual, dan sebaiknya lebih jeli membedakan yang mana guru spiritual dan yang mana guru spiritual gadungan.

Beberapa tips mengenai guru spiritual gadungan yang harus dihindari diantaranya "jika sudah minta imbalan tinggi' lebih baik jangan di ikuti, karena sebenarnya guru spiritual bekerja tanpa pamrih karena sifatnya menolong orang yang membutuhkannya.  Tetapi memberikan imbalan kepada mereka bukan sesuatu yang salah jika dilakukan sewajarnya. karena sekarang banyak guru spiritual yang menjadikan pengikutnya sebagai ladang penghasil uang.

Selain itu, masyarakat harus menghindari mereka para guru spiritual yang memberikan syarat-syarat yang tidak masuk di akal dan melanggar norma-norma agama. misalnya, agama Islam, dilarang sedekah, tidak boleh shalat bersama, dan hal itu harus dipertanyakan. apa motivasi kegiatan spiritual tersebut. Guru spiritual hanya melayani hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal yang mengarah pada kebaikan. Pada dasarnya, guru spiritual memang diperlukan oleh mereka yang menginginkan ketenangan hidup melalui keberadaan guru spiritual, mereka merasa lebih percaya diri dan lebih yakin dalam melangkah menuju yang diinginkannya.

Penutup

Keberadaan guru spiritual pun tidaklah salah dan tidak perlu dihindari atau apalagi diberantas, karena sekali lagi pada hakekatnya, guru spiritual itu bertujuan baik, jika ada yang tidak baik, maka mereka adalah oknum dan penipu. Namun tidak memungkiri adanya beberapa oknum yang mengambil beberapa kesempatan, maka berhati-hatilah di dalam memilih guru spiritual, berpikir secara rasional, sensitif terhadap perilaku guru spiritual palsu yang niat menipu atau mengambil keuntungan finansial atau fiskal kepada kita.

Baca Juga Pengemudi Blue Bird Dapat Umrah Gratis Tahun Ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel