Apakah Jamur Itu Dan Kenali Jenis-Jenis Jamur

klinikabar.com, Apakah Jamur Itu Dan Kenali Jenis-Jenis Jamur - Apa Itu Jamur? Pada dasarnya jamur itu adalah tanaman tunggal, yang bersahaja dan corak hidupnya "serba tergantung". Kita menyebutnya tanaman "bersahaja" karena ia tidak memiliki akar, batang dan daun seperti yang kita dapati pada tanaman biasa. kita menyebut jamur sebagai tanaman yang "serba tergantung" sebab ia tidak memiliki klorofil.

Ini berarti bahwa ia tidak bisa mengolah zat gula dari karbon dioksida dan air, seperti yang dikerjakan oleh tanaman biasa, jadi cara hidup jamur serba tergantung dari makanan yang telah dihasilkan oleh tumbuhan lain.


Apa Itu Jamur?



Gambar Apakah Jamur Itu Dan Kenali Jenis-Jenis Jamur




Ada terdapat banyak sekali jenis jamur, sedangkan perbedaan bentuknya pun macam-macam. sejumlah jamur terdiri satu sel tunggal saja. bakteri dan ragi adalah contoh jamur yang mempunyai sel satu, panjang rata-rata sebuah bakteri itu kurang lebih 1/5000 inci. Jamur sangat penting bagi manusia, karena ia mengandung dua unsur yang bertentangan, ia sangat bermanfaat bagi manusia, tetapi juga bisa sangat berbahaya bagi manusia.

Manfaat Jamur Untuk Manusia

Jamur ini membantu manusia dalam proses pembusukan sehingga sampah-sampah tidak akan menggunung bertumpuk-tumpuk, jamur juga menyalurkan kembali garam mineral ke dalam tanah yang diperlukan oleh tanaman, jamur yang lain lagi bahkan dapat dibuat bahan obat untuk memberantas penyakit di kalangan umat manusia.

Tetapi pula jamur lain, yang menyebabkan penyakit bagi tanaman dan hewan, sehingga manusia berusaha sekuat tenaga untuk memeranginya. Jamur kotoran adalah jenis jamur yang berbeda dari tanaman lainnya, karena ia terdiri dari segundukan protoplasma yang polos, kelihatannya seperti sekelumit agar-agar diatas permukaan sebatang pohon yang lapuk atau benda lembab lainnya.

Selain bakteri ragi, dan jamur kotoran, semua jamur yang lain terdiri dari tumpukan benang yang tidak berwarna, ini kita sebut "miselium". Jenis miselium ini mengeluarkan cabang-cabangnya yang tumbuh masuk kedalam benda dimana jamur itu tumbuh untuk menyerap makanan dari padanya. Jamur memerlukan air untuk mencerna makanannya dan untuk pertumbuhannya sehingga ia tidak bisa tumbuh diatas sesuatu benda yang kering.

Golongan jamur yang terbesar jumlahnya sering disebut "cendawan" berkisar dari yang paling kecil seperti terdapat pada roti, hingga jamur yang suka menyerang bahan-bahan industri yang berada dalam keadaan lembab. Cendawan tertentu memberi rasa lezat khusus pada keju, sedangkan yang lainnya digunakan orang juga untuk keperluan pengolahan obat-obatan.

Penutup

Tahukah anda bahwa jamur yang dimakan san sampinyon itu adalah miselium yang membentangkan cabangnya di bawah tanah, bentuk jamur yang kita lihat diatas tanah itu sebenarnya hanya bagian jamur yang menghasilkan spora, jamur itu sendiri sudah terbentuk lengkap di dalam tanah sebelum ia sempat muncul ke atas permukaan tanah itu. Itulah artikel tentang jamur dan jenis-jenis jamur.

Baca Juga Apa Itu Klorofil Dan Kenapa Tumbuhan Memiliki Klorofil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel