12 Ayat Dan Hadis Tentang Pernikahan

klinikabar.com, 12 Ayat Dan Hadis Tentang Pernikahan - Ayat Dan Hadis tentang pernikahan dapat kita pelajari dan kita mengamalkannya, karena menikah adalah untuk belajar dan bahagia, pernikahan bukan sebuah penjara. melainkan sebuah proses pembelajaran manusia tentang arti komitmen dan tanggung jawab. Pernikahan adalah fase kehidupan yang wajib dilampaui.

Ayat Dan Hadist Tentang Pernikahan


Gambar 12 Ayat Dan Hadis Tentang Pernikahan


Pernikahan adalah energi yang sangat besar manusia diciptakan oleh Allah dilengkapi dengan jiwa dan pikiran, serta punya naluri untuk selalu mencari keseimbangan. Dan keseimbangan yang paling murni adalah pada saat laki-laki dan perempuan memutuskan untuk mencintai dan saling tanggung jawab dalam ikatan pernikahan, inilah 12 Ayat dan Hadist tentang pernikahan.

12 Ayat Dan Hadis Tentang Pernikahan 

1. Mereka, para istri, adalah umpama pakaian bagimu; dan kamu pun umpama pakaian bagi mereka (QS. al-Baqarah, 2: 187)

2. Istri-istrimu umpama ladang bagimu, maka datangilah ladangmu sebagaimana kamu kehendaki; persembahkanlah sesuatu untuk kebaikan dirimu sendiri; bertakwalah kepada Allah; dan ketahuilah bahwa kamu akan berjumpa dengan-Nya (QS. al-Baqarah, 2: 223)

3. Dan bagi mereka para istri terdapat hak yang sebanding dengan kewajiban secara makruf (QS. al-Baqarah, 2- 228)

4. Dan pergauliah mereka para istri itu dengan makruf. dan apabila kamu merasa benci kepada mereka, maka mungkin saja kamu membenci sesuatu sementara Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak (QS. an-Nisa', 4: 19).

5. Dihiaskan kepada manusia cinta dan kesenangan berupa istri, anak, tumpukan kekayaan yang menggunung dari emas dan perak, kuda tunggangan mewah, hewan-hewan piaraan, dan leladang; yang demikian itu adalah kesenangan duniawi, sementara Allah di sisi-Nya terdapat sebaik-baiknya tempat kembali (QS. Ali Imran, 3- 14).

6. Aku bersama dua orang yang berserikat, selama keduanya tidak mengkhianati yang lain; jika salah satunya telah berkhianat, maka Aku-pun keluar dari perserikatan mereka (Firman Allah : Hadis Qudsi riwayat Abu Dawud, dari Abu Hurairah, dari Nabi)

7. Cintaku melekat pada diri mereka yang saling mencintai karena Aku (Firman Allah : Hadis qudsi, riwayat Ibn Hibban, dari Muadz, dari Nabi).

8. Seorang hamba yang menikah berarti separuh dari agamanya telah disempurnakan, maka hendaknya ia bertakwa kepada Allah dalam menjaga separuh yang tersisa. (Sabda Nabi : H.R. al-Baihaqi)

9. Orang-orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya, dan sebaik-baik kamu adalah yang terbaik bagi istrinya (Sabda Nabi : H.R. Ahmad dan Tirmidzi).

10. Ada empat hal yang membuat seseorang hidup bahagia, yaitu : pasangan hidup yang saleh/ salihah. kendaraan yang layak, rumah tinggal yang luas, dan tetangga yang baik (Sabda Nabi : HR.at-Thayalisi).

11. Sebaik-baik pernikahan adalah yang paling sederhana ( Sabda Nabi : HR. Abu Dawud).

12. Apabila telah datang meminang kepadamu seorang laki-laki yang telah rela terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah putrimu dengannya. Bila tidak kamu nikahkan, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang meluas di muka bumi (HR. Tirmidzi dan Hakim).

Baca Juga Makna Dari Bahagia Hidup Berumah Tangga

Penutup

Pernikahan Tidak hanya semata-mata untuk status, tetapi sebagai fase kehidupan, antara kelahiran dan kematian, yang menjadikan seseorang dewasa. Semua proses tersebut harus diperhitungkan oleh seorang muslim. caranya dengan ikhtiar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel