Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Ini Alasan Kenapa Harus Minum Kopi

klinikabar.com, Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Ini Alasan Kenapa Harus Minum Kopi - Manfaat Minum Kopi, Dibalik semua efek negatif yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan, seperti insomnia, ternyata kopi memiliki sifat unik, yaitu mengandung antidioksida yang lebih kuat daripada antidioksida pada makanan.

Kandungan Dalam Kopi Untuk Kesehatan


Gambar Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Ini Alasan Kenapa Harus Minum Kopi


Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif yang lebih banyak daripada efek negatifnya, berikut ini beberapa alasan anda harus minum kopi dan rasakan manfaatnya dari mengkonsumsi kopi.

Manfaat Kopi Untuk Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2.

Beberapa hasil penelitian telah menunjukan bahwa, para penikmat kopi tanpa gula memiliki resiko rendah terkena diabetes tipe 2. Menurut sebuah hasil penelitian, wanita menopause yang minum kopi minimal 4 gelas per hari mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Penelitian dari Huazhong University Of Science and Technology menemukan sedikitnya tiga kandungan dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa inilah yang berjasa menangkal perkembangan racun dari protein terkait resiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, namun senyawa dalam kopi bekerja untuk mencegah proses produksi sel insulin dari kehancuran. Bahkan, manfaat kopi decaffein ( kopi dengan kadar kafein rendah ) bekerja lebih baik menurunkan resiko diabetes tipe 2. 'konsumsi kopi juga meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah ( sex hormon binding globulin / SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki jenis tertentu dari mutasi genetik.

Manfaat Kopi Untuk Melawan Sel Kanker.

Menurut Prof.Takayuki Shibomato, ahli toksikologi lingkungan dari Universitas California, Amerika, menyatakan kopi yang baru di seduh akan memproduksi antioksidan yang penting untuk kesehatan. Para peneliti mengatkan bahwa antioksidan dapat merusak DNA dan Membran-membran sel sehingga dapat menyebabkan kanker. Pada tahun 2011, peneliti Harvard menunjukan bahwa perempuan yang minum beberapa cangkir kopi per hari memiliki resiko lebih rendah terkena kanker endometrium ( kanker rahim ).

Penelitian lain pada tahun 2011 di Harvard menunjukan bahwa pria yang mengkonsumsi kopi 6 cangkir per hari, memiliki 60 persen lebih rendah terkena kanker prostat, dan 20 persen lebih rendah terkena jenis dari kanker prostat. Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya juga mengaitkan minum kopi dengan penurunan resiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, seperti senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang bisa turunkan penanda untuk proses kerusakan peradangan. Methylpyridinium, senyawa antioksidan yang sangat aktif karena proses pemanggangan biji kopi, ditemukan hampir dalam semua jenis kopi. Bahkan espresso memiliki 2-3 kali jumlah senyawa anti kanker.

Manfaat Kopi Untuk Turunkan Resiko Demensia

Para ilmuan masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan otak yang terkait dengan penyakit alzheimer. Tetapi para ilmuan belajar lebih banyak tentang faktor resiko demensia dan kebiasaan minum kopi hangat sepertinya dapat menurunkan resiko demensia.

Orang yang mengkonsumsi 3-5 cangkir kopi sehari, 65 persen lebih rendah untuk mengembalikan demensia, para peneliti percaya sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja kurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit kronis yang meningkatkan resiko penyakit demensia.

Penelitian pada hewan menunjukan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif. Ada juga kemungkinan bahwa dengan minum kopi memiliki lebih banyak energi dan bergerak lebih aktif, peneliti menunjukan bahwa olahraga juga merupakan pelindung terhadap demensia.

Manfaat Minum Kopi Untuk Mencegah Penyakit Parkinson.

Minum kopi memberikan manfaat untuk mencegah penyakit parkinson bagi pria, pria yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki resiko 25 persen lebih rendah dari penyakit parkinson, dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kopi atau orang yang jarang minum kopi. Pada awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari parkinson, namun, sebuah riset menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya melindungi penikmat kopi dari serangan parkinson.

Manfaat Minum Kopi Untuk Mencegah Resiko Depresi.

Menurut sebuah hasil penelitian, mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko depresi. para peneliti dari Harvard School Of Public Health melaporkan, orang yang minum 4 cangkir kopi per hari atau lebih dari 4 cangkir setiap harinya memiliki resiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sementara orang yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari memiliki resiko 15 persen lebih rendah terserang depresi.

Penutup

Itulah Manfaat kopi untuk kesehatan, ada juga beberapa bukti bahwa minum kopi bermanfaat untuk melindungi pria dari deprsei, kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan mood meski dalam jangka pendek. Para peneliti Harvard juga dapat melihat penurunan serupa pada orang depresi yang mengkonsumsi minuman ringan berkafein. Itulah pembahasan tentang manfaat kopi untuk kesehatan dan alasan kenapa harus minum kopi.

Baca Juga Fakta Di Balik Kopi Yang Menakutkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel