Mengatasi Anak Minder Dan Pemalu Karena Di Ejek

klinikabar.com, Mengatasi Anak Minder Dan Pemalu Karena Di Ejek - Minder karena malu atau karena ejekan atau olokan sesederhana apapun dapat berdampak pada emosi, sosial, maupun psikologi anak. Dampak psikologi yang sering dialami anak adalah perasaan bersalah dan membenci dirinya sendiri. itu terjadi akibat ejekan teman-temannya yang dipikirkan terus-menerus oleh anak.

Anak Minder Karena Di Ejek


Gambar Mengatasi Anak Minder Dan Pemalu Karena Di Ejek


Sesuatu yang selalu direnungkan oleh anak misalnya, "mengapa teman-teman tidak suka pada saya?" bila pertanyaan itu sudah muncul di benaknya akan timbul dampak sosialnya yaitu, kecenderungan anak untuk menarik diri dari lingkungan pergaulannya. Melihat efek emosi, sosial dan psikologis yang ditimbulkan dari ejekan tersebut, maka mental anak harus dipersiapkan agar tahan terhadap ejekan atau olokan teman-temannya. Caranya yaitu dengan mengajarkan kepada anak untuk melakukan sosialisasi yang baik dan memberikan skill (keterampilan) supaya dapat survive. Seorang anak akan dapat bertahan dalam lingkungan pergaulan yang bermacam bila dalam dirinya telah tertanam pemahaman terhadap berbagai situasi.

Cara Mengajarkan Anak Agar Tidak Minder

Anak harus tahu, bahwa bila ia berada pada situasi berbeda tentu akan memperoleh perlakuan yang berbeda pula. anak juga harus dipersiapkan agar terampil dalam menjawab setiap ejekan yang muncul, tapi menjawab ejekan harus dengan cara baik (bukan dengan cara memukul atau berganti dengan mengejeknya). Selain diajarkan atau dilatih bersosialisasi, anak juga sebaiknya diajarkan secara bertahap untuk mengetahui berbagai benda dan manfaatnya atau sebab-akibat dari sesuatu hal. Ini sangat penting dilatih untuk memudahkan anak mencari kembali perbendaharaan yang ada dalam pikirannya ketika ia diejek.

Dengan cara tersebut anak diharapkan dapat menggunakan keterampilannya dengan menjawab misalnya, "ya aku memang anak mama, karena aku sayang mama". Nah melalui counter seperti itu teman-temannya akan berpikir bahwa ejekan yang ditujukan pada anak tidak mempan.

Penutup

Jika anak selalu memberi respons yang baik setiap waktu dia diejek oleh teman-temannya, maka anak yang suka mengejek itu perlahan-lahan akan berhenti mengejek dengan sendirinya. Karena itu segera berikan anak anda dengan dua kemampuan yang telah diuraikan diatas. Dengan demikian anak tidak akan lagi minder dan menarik diri dari pergaulan bila berhadapan dengan teman-temannya.

Baca Juga 5 Cara Mencegah Anak Menjadi Pelaku Bullying

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel