Penyebab Cacar Air, Tanda, Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air

klinikabar.com, Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak - Apa Itu Cacar Air? Cacar air merupakan salah satu keadaan yang dinamakan "demam yang menular pada masa anak-anak". tetapi keadaan ini tidak selalu terbatas pada masa anak-anak saja. Cacar air (chickenpox) dapat diderita pada anak dan orang dewasa kapan pun - bahkan sampai usia enam puluh tahun. tetapi, sejauh ini, banyak ditemukan pada kelompok usia lima sampai sepuluh tahun.

Cacar Air Pada Anak

Gambar Cara Mengetahui Minat, Bakat, Karakter, Dan Gaya Belajar Anak Dari Sidik Jari


Pada usia ini, epidemi demam masa anak-anak sering menyerang pelajar sekolah dasar secara periodik. untungnya, satu serangan cacar air memberikan kekebalan seumur hidup terhadap serangan berikutnya. Cacar air disebabkan oleh suatu virus dan saat ini belum ada imunisasi terhadap penyakit ini. Pada anak-anak ia merupakan penyakit yang terhitung ringan, sehingga infeksi ini lebih baik diderita pada usia muda. Serangan cacar air pada orang dewasa dapat bersifat berat.

Tanda Dan Gejala Cacar Air

Biasanya kehadiran rash menjadi tanda pertama cacar air walaupun kadang-kadang anak akan merasa tidak sehat secara samar-samar untuk beberapa hari sebelum bercak-bercak itu timbul. Bercak ini mempunyai penampilan seperti gelembung berisi cairan dan timbul dalam kelompok berurutan dalam empat sampai lima hari.

Dalam beberapa hari setelah keluar air, gelembung berisi cairan berbentuk keropeng diatasnya, keropeng cacar air yang khas, tetapi dengan timbulnya kelompok rash yang baru selama beberapa hari, maka dapat terlihat bercak-bercak dalam setiap stadium pada kesempatan kapan pun. Luas ras sangat bervariasi dari anak ke anak lain. Ada anak yang hanya mempunyai beberapa bercak, sedangkan yang lain hanya mempunyai beberapa bercak, sedangkan yang lain ditutupi oleh bercak - di mulut, telinga dan hidung, serta sebagian besar bagian tubuh lainnya. 

Anggota tubuh yang  gerak (limb) mempunyai kelompok bercak yang paling jarang (luas rash tidak menunjukan kekebalan yang diperoleh. Jika diagnosis benar, maka imunitas bertahan seumur hidup, walaupun timbul beberapa bercak ). Gejala cacar air yang paling tidak menyenangkan berupa iritasi rash dan ia jelas memburuk pada anak-anak yang mempunyai banyak bercak.

Cara Mengobati Cacar Air

1. Hanya diperlukan perawatan kasih sayang yang umum jika serangan ringan, jangan paksa anak-anak makan jika anak tersebut tidak nafsu makan tetapi pastikan bahwa anak itu banyak minum minuman yang menarik bagi anak anda seperti sari buah, susu, atau air putih.

2. Jika iritasi mengganggu, oleskan lotion kelamin pada rash ini, sering mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi iritasi ini. Jika mungkin, cegah anak anda untuk menggaruk, karena jika anak menggaruk rash tersebut makan , maka rash tersebut akan mudah termasuk infeksi sehingga bercak yang terinfeksi ini akan lebih lama untuk sembuh daripada yang biasa dan mungkin meninggalkan jaringan perut.

Penutup

Pastikan bahwa kuku tangan anak anda pendek dan bersih selama fase iritasi akut ini. pemakaian sarung tangan katun di waktu malam hari akan mencegah risiko anak menggaruk bercak tersebut disaat tidur. Penyakit cacar menyebar melalui bercak air liur terinfeksi dari mulut. Penderitanya bersifat menularkan selama dua sampai tiga hari sebelum timbulnya rash dan tetap begitu sampai sampai semua keropeng lepas. Maka seorang anak jelas harus tetap di rumah sampai semua keropeng bercak berurutan telah keluar. jika ia merasa cukup baik dalam dirinya, ia dapat kembali ke sekolah walaupun belum semua keropeng lepas.

Pada stadium ini maka cacar tidak akan menular dan tidak akan merugikan masa inkubasi cacar air selama empat belas sampai tujuh belas hari, tetapi hati-hati, jangan dekatkan anak yang terkena cacar air dengan seorang kakek atau nenek, karena cacar air pada anak akan kembali kambuh pada orang yang lebih tua karena kontak yang terlalu dekat dengan penderita cacar air.

Baca Juga Gejala Rubella Dan Cara Mengobati Campak Jerman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel