Ritual Unik Upacara Tradisional Varuna Yajna Di India Untuk Mendatangkan Hujan

klinikabar.com, Ritual Unik Upacara Tradisional Varuna Yajna Di India Untuk Mendatangkan Hujan - India memiliki tradisi yang tidak kalah unik dengan negara lain yang mempunyai serupa dalam mendatangkan hujan, dengan penganut agama Hindu terbesar di dunia. India adalah negara yang penuh dengan tradisi dan budaya, dan india mempunyai dua jenis upacara dalam memanggil hujan yang terkenal yaitu upacara tradisional Varuna Yajna dan Upacara tradisional Pernikahan Katak.

Upacara Tradisional Varuna Yajna 


Gambar Ritual Unik Upacara Tradisional Varuna Yajna Di India Untuk Mendatangkan Hujan


Dulu upacara ini ditolak selama pemerintahan Gubernur Gujarat, Keshubhai Patel, yang cenderung memilih membuat hujan buatan. Tapi sejak Gubernur Gujarat yang bernama Keshubhai Patel berhenti menjabat, rakyat di india kembali melakukan upacara tersebut. Dalam bahasa India, Yajna sendiri berarti pengorbanan atau permohonan, upacara ini diadakan berhari-hari di siang hari untuk meminta hujan, meminta untuk meningkatkan kesuburan tanah dan meminta kesehatan untuk rakyat india.

Ritual Unik Varuna Yajna Untuk Mendatangkan Hujan

Di Mumbai digelar dua hari untuk menyembah Dewa Air Varuna. pada hari pertama, 15 laki-laki pemuka agama menggunakan kain penutup tubuh dan berkumpul bersama di sumber mata air sambil membaca mantra 50.000 kali dan memanggil nama Dewa Varuna, dan hal seperti itu diulang di esok harinya. Pemimpin agama Varunamoolamantrhra Japa Yaagam harus masuk kedalam tong yang berisi air rendaman bunga sesajen selama 7 jam lamanya. petani, pemerintah, artis sampai rakyat biasa bergotong royong membuat api unggun sebagai tempat membakar persembahan untuk sang Dewa.

Penduduk India dengan populasi 1,237 miliar jiwa memang harus berhemat air, karena di india harga air sangat mahal, terlebih lagi disaat musim kemarau. Hanya dengan 6 danau sebagai sumber mata air, sehingga suplai harus dipotong sebanyak 30 persen dari total persediaan air yang ada. Tapi apakah ritual ini benar-benar bisa mendatangkan hujan? Secara fisika tampaknya demikian, karena kayu bersama mentega dan sesajian yang dibakar akan melepas berbagai partikel atmosfer yang memicu turunnya hujan ke bumi.

Sementara itu, di negara bagian Chattisgarh, warga melakukan upacara tradisional yang dinamakan upacara mengawinkan katak untuk mendatangkan hujan, mempelai katak laki-laki bernama Punarvasu dan mempelai katak perempuan bernama Pushala. Kedua hewan ini dikawinkan dengan cara seperti perkawinan manusia di india sesungguhnya dan upacara itu diiringi lagu Bollywood.

Penutup

Setelah upacara pernikahan katak itu selesai, pengantin katak tersebut dilepas ke laut diiringi bubuk jingga dan bunga warna-warni, dan upacara ini sangat meriah sekali karena yang menghadiri upacara pernikahan katak ini adalah masyarakat dari berbagai daerah di india. Itulah Artikel tentang Ritual Unik Upacara Tradisional Varuna Yajna Di India Untuk Mendatangkan Hujan

Baca Juga Upacara Kirab Tebu Manten Dari Karanganyar Solo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel