Stenosis Pilorus - Penyebab, Gejala, Mengobati Stenosis Pilorus

klinikabar.com Penyebab, Gejala, Mengobati Stenosis Pilorus - Apa Itu Stenosis Pilorus?  Stenosis pilorus adalah keadaan mengenai bayi berusia dua sampai enam minggu, lebih sering mengenai anak laki-laki daripada anak perempuan, walaupun sesungguhnya bukan keadaan yang diturunkan, stenosis pilorus sering dijumpai dalam suatu keluarga.

Stenosis Pilorus Pada Anak


Gambar Stenosis Pilorus - Penyebab, Gejala, Mengobati




Pada dasarnya stenosis pilorus disebabkan oleh penebalan jaringan pada ujung bawah lambung sehingga lubang ke dalam usus halus menyempit dan makanan tidak mampu melewatinya, karena itu sewaktu lambung bayi penuh setelah makan, susu keluar kembali melalui kerongkongan - Jalan sempit yang menghubungkan tenggorokan dan lambung.

4 Tanda Dan Gejala Stenosis Pilorus

1. Pada bayi berumur dua sampai enam minggu akan muntah keluar menyemprotkan air susu dari mulutnya dengan dorongan yang luar biasa, dokter biasa menduga stenosis pilorus sebagai penyebabnya.

2. Bayi sangat lapar dan meminum susu tambahan segera setelah sakit - berbeda dengan bayi yang muntah karena suatu infeksi.

3. Bila keadaan ini berlanjut beberapa hari, maka bayi akan menjadi konstipasi karena tidak ada makanan (atau sangat sedikit) yang melewati usus.

4. Dokter perlu memeriksa bayi yang sedang menyusu untuk memastikan diagnosisnya, setelah susu ditelan, akan terdapat pembengkakan di dalam perut bayi yang sanggup diraba oleh jari-jari dokter yang berpengalaman.

Cara Mengobati Stenosis Pilorus

Diperlukan pembedahan kecil untuk menghilangkan hambatan aliran susu yang normal. Ini dilakukan di bawah anestesi umum, melalui potongan kecil di perut, dan bayi cepat pulih kembali. Dalam empat puluh delapan jam bayi akan dapat menyusu kembali seperti biasa dan tidak menderita sakit lagi. Stenosis pilorus tidak akan kambuh lagi.

Penutup

Stenosis pilorus dapat diobati dengan baik lewat operasi dan pemulihan akan berjalan cepat, tetapi diagnosis perlu dilakukan secara awal. Sebelum bayi menjadi dehidrasi karena kekurangan cairan yang diserap melalui ususnya. Maka jika pada dua sampai enam minggu bayi anda mengalami muntah hebat, minta nasihat dokter tanpa menunda-nunda lagi.

Baca Juga Cara Pengobatan Darurat Infeksi Usus Berat Pada Bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel