5 Gejala Tekanan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Diabaikan

klinikabar.com Gejala Darah Tinggi Atau Hipertensi Yang Tidak Boleh Diabaikan - Seperti telah dikatakan bahwa tekanan darah tinggi bukanlah suatu gangguan yang menyebabkan keadaan darurat yang mendadak atau tumpukan gejala yang tidak menyenangkan. akan tetapi, ada masalah yang dapat berlaku bagi siapa saja yang diobati karena tekanan darah tinggi. Dan masalah itu berkaitan dengan tekanan darah tinggi itu sendiri, komplikasinya, dan dengan pengobatannya.

Gejala Tekanan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Diabaikan


Gambar Gejala Tekanan Darah Tinggi Yang Tidak Boleh Diabaikan


Tekanan darah tinggi ringan atau tekanan darah tinggi sedang itu sendiri jarang memperlihatkan gejala. Inilah salah satu alasan mengapa banyak sekali orang yang diberi obat untuk mengendalikan tekanan darah tingginya, segera berhasil meminumnya, dan menjauhkan diri dari pengawasan dokternya. Kenyataan bahwa mereka sering merasa lebih buruk setelah mendapat pengobatan; bahwa seluruh upaya untuk mengendalikan tekanan darah tingginya berarti perubahan mendasar dalam gaya hidupnya; dan bahwa mereka harus membatasi makanan, merokok, dan memperbanyak olahraga telah mengecilkan hati mereka para penderita tekanan darah tinggi.

Dan pada umumnya mereka tidak ingin mengikuti instruksi atau saran yang diberikan oleh dokter dan mereka memilih untuk menyerah. Cobalah untuk tidak menjadi seperti itu, dengan mengabaikan tekanan darah tinggi, anda dapat benar-benar membiarkan jantung dan pembuluh darah anda menjadi memburuk. Dan gejala berikutnya berupa serangan jantung atau stroke. Ingat dengan baik-baik apa yang dikatakan oleh dokter dan patuhi semua nasihat yang diberikan dokter.

Harus anda ingat, meskipun dokter dapat memberi nasihat yang baik, tapi anda-lah yang harus menjalankannya jika ingin memperoleh peluang yang paling baik untuk mencapai usia lanjut dan kehidupan yang sehat dan normal. Ada gejala hipertensi atau gejala darah tinggi yang tidak boleh anda abaikan, karena gejala  tersebut berhubungan dengan organ-organ yang menderita kerugian karena hipertensi yang tidak terkendali.

5 Gejala Darah Tinggi Atau Hipertensi

1. Serangan pusing, kekakuan, kehilangan keseimbangan, sakit kepala di pagi hari, penglihatan yang memburuk, semuanya secara bersama-sama menunjukan adanya masalah dengan peredaran darah di otak.

2. Kelumpuhan anggota badan, khususnya sebelah badan, atau salah satu bagian muka, atau salah satu tangan, atau kemampuan berbicara menurun dapat menjadi tanda peringatan adanya stroke, yang jika cepat diobati, maka dapat mencegah stroke.

3. Napas yang terengah-engah pada waktu latihan jasmani, dengan rasa sakit pada dada, yang menjalar ke rahang, lengan, punggung atau perut bagian atas, menjadi tanda permulaan angina.

4. Kesulitan bernapas, sehingga anda merasa lebih mudah jika tidak berbaring datar, dengan gembung pada kaki dan pergelangan kaki, dapat menjadi tanda lain yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi : kegagalan jantung.

5. Sering bangun setiap malam untuk buang air kecil, dan lebih banyak serta sering mengeluarkan urin selama siang hari dapat menjadi tanda pertama gangguan ginjal.

Semua gejala ini sangat berbeda dari efek samping obat yang mungkin anda minum, sadari kehadirannya sebagai kemungkinan tanda peringatan, dan bicarakan dengan dokter tentang hal yang anda rasakan berkaitan dengan gejala diatas. Mungkin ada penjelasan yang sederhana untuk gejala-gejala tersebut sehingga anda merasa tentram. bahkan jika anda mengalami gangguan, hal itu biasanya karena tekanan  arah anda belum benar-benar dikendalikan. Apabila hal ini diketahui dari awal dan diobati secara tepat, semua komplikasi penyakit tersebut dapat dibalikkan, dan gejalanya hilang. akan tetapi, jika anda mengabaikannya maka akan menjadi lebih buruk.

Sangat disesalkan, alasan utama kemerosotan kesehatan seperti itu sering sekali karena kesalahan pasien sendiri. Dibandingkan pada penyakit lainnya, orang yang mengidap tekanan darah tinggi lebih sering lupa meminum obatnya atau dengan sengaja menghentikan konsumsi obat darah tinggi yang diberikan dokter.

Entah karena mereka merasa begitu sehat sehingga mereka tidak memahami mengapa mereka harus menjalani pengobatan atau karena efek samping obat tersebut terlalu mengganggu mereka. Baik sekali kalau anda sendiri menyadari bahwa ada kemungkinan tekanan darah tinggi anda tidak akan pernah dapat "disembuhkan" dan membutuhkan waktu seumur hidup jika anda ingin mencegahnya. Jika anda tidak mengkonsumsi obat darah tinggi secara teratur seperti yang dinasehatkan oleh dokter, tekanan darah anda tidak akan benar-benar dapat dikendalikan. kerusakan dapat terus berlangsung tanpa disadari, sementara anda yakin 100% sehat.

Tidak ada alasan sama sekali untuk tidak minum obat modern. pada umumnya hanya perlu diminum sekali dalam sehari. dan jika anda mengalami efek samping, dokter dapat mengusahakan obat alternatif. Jika anda cenderung lupa untuk meminum obat tekanan darah tinggi, meskipun anda bersungguh-sungguh berniat, maka kaitkan waktu meminumnya dengan suatu tindakan rutin yang anda lakukan kurang lebih pada waktu yang sama setiap hari, seperti menyikat gigi atau memasang alarm disamping tempat tidur anda atau dimanapun anda berada.

Sebagai jaminan bahwa anda selalu membawa serta obat kemanapun anda pergi, buatlah sebuah catatan yang mengatakan bahwa anda mengidap tekanan darah tinggi dan berikan rincian mengenai obat yang anda minum. Hal itu bukan suatu perkiraan yang menyenangkan, namun dapat saja terjadi satu hari mendapat kecelakaan, dan membutuhkan pengobatan segera. jika anda harus diberi obat, ahli bedah dan ahli anestetik yang menangani anda harus mengetahui obat apa yang telah anda minum hari itu, sehingga mereka mengetahui obat mana yang harus mereka hindari, dan obat mana yang mereka dapat gunakan dengan aman.

kesimpulan

Penyakit darah tinggi itu sendiri bukanlah penyakit, tekanan darah tinggi hanya merupakan suatu indikasi bahwa, jika tidak dikendalikan, kemungkinan besar anda akan mengalami masalah medis tertentu, seperti stroke dan serangan jantung. Tujuan pengobatan dan juga tujuan nasihat dokter adalah untuk mengurangi risiko tersebut sampai pada tingkat rendah yang dinikmati oleh orang yang mempunyai tekanan darah yang normal Jika anda dan dokter telah bekerja sama untuk mengendalikan hipertensi anda, dengan perubahan gaya hidup anda, maka anda mempunyai prospek untuk mencapai usia lanjut dan kehidupan yang sehat.

Baca Juga Bahaya Diet Untuk Penderita Darah Tinggi Atau Hipertensi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel