6 Langkah Menyiapkan Susu Botol Untuk Bayi Dan Anak

klinikabar.com, Menyiapkan Susu formula atau susu Botol untuk Bayi - Sebelum anda memberikan susu botol kepada anak atau bayi anda, lebih baik anda mengetahui tentang langkah-langkah berikut, karena dalam memberikan susu botol kepada bayi diperlukan ketelitian dan pengetahuan ibu akan cara menyiapkan susu botol untuk bayi atau anaknya.

Menyiapkan Susu Botol Untuk Bayi Dan Anak


Gambar 6 Langkah Menyiapkan Susu Botol Untuk Bayi Dan Anak


Tahapan membuat susu botol untuk bayi  itu akan dijelaskan dalam artikel ini, diantaranya tentang cara mencuci botol susu, mensterilkan botol susu, mengencerkan susu, takaran susu botol dan mensterilkan susu formula. Untuk lebih lengkapnya apa itu susu formula, anda dapat membacanya dalam berikut ini. Baiklah kita mulai dengan penjelasan mengenai tahapan dalam menyiapkan susu botol untuk bayi dan anak anda.

Cara Mencuci Botol, Dot, Dan Tutup Botol Dan Sebagainya

Anda sebaiknya mencuci dan menyikat botol setiap bayi selesai minum. cara ini menghemat waktu dan tenaga anda, Sisa-sisa susu dalam botol yang belum mengering lebih mudah di sikat dengan air sabun atau detergen. Sikat gunanya untuk membersihkan bagian dalam botol, sikat kecil perlu untuk menyikat dot di bagian kerucutnya, lubang dot harus dibersihkan dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi supaya tidak tersumbat.

Jika anda tidak bermaksud mensterilkan botol susu sebaiknya cuci hingga sangat bersih, tetapi anda tidak dapat menyimpan susu dalam botol yang hanya dicuci bersih untuk beberapa jam. Segera setelah susu dimasukkan ke botol, botol harus langsung diberikan kepada bayi. Maksudnya agar kuman-kuman tidak sempat berkembang biak, setelah dicuci bersih, masukkan air matang dan kocok-kocok beberapa kali. letakkan botol terbalik agar susu dapat mengalir ke luar.

Cara Mensterilkan Botol Susu, Tutup Botol Susu dan Dot bayi

Alat-alat ini dapat disterilkan dengan cara memasaknya selama 10 menit dalam air mendidih, atau anda dapat mengencerkan dulu susu bubuk dengan air matang, masukkan ke dalam botol yang sudah dicuci bersih dan sterilkan bersama-sama dengan cara memasaknya dalam air mendidih selama 10 menit. Biarkan botol dan isinya menjadi dingin, dan anda dapat menyimpannya di dalam lemari es tanpa membuka tutup panci tempat anda memasaknya sebelum bayi anda mendapatkan waktu minum susu tiba.

Cara Mengencerkan Susu

Biasanya 1 sendok makan susu bubuk dilarutkan di dalam 60 cc air matang, beberapa perusahaan telah menyediakan sendok untuk menakar susu bubuk, dan aturan pakainya dapat anda baca di etiket kaleng atau kemasan. Jika anda ingin mensterilkan sekaligus susu tersebut, untuk sehari penuh, maka anda harus menakar kira-kira 15 sendok susu bubuk dengan 900 cc air ditambah ekstra 60 cc air ( oleh karena ada air yang menguap karena proses pemasakan).

Masak susu ini dan biarkan mendidih dalam waktu 5 menit, tunggu sampai dingin dan dapat dimasukkan ke lemari es. Jika anda akan memberi minum bayi, botol dapat direndam di dalam air panas sampai susu cukup hangat untuk diminum oleh bayi atau anak anda.

Takaran Susu Bayi Untuk Satu Botol

Pada umumnya bayi disusui 6-7 kali dalam sehari, bahkan kadang-kadang sampai 8 kali. Bila berat badannya kurang dari 3 kg. Rata-rata bayi harus disusui 8 kali sehari. Bayi dengan berat badan 3 kg memerlukan rata-rata 600 cc susu sehari, bayi yang memiliki berat 3,5 kg memerlukan sampai 700 cc susu sehari. Jumlah ini hendaknya dibagi rata untuk 6 -7 jarak waktu minum, jadi rata-rata 1 botol berisi 100 - 125 cc susu.

Jumlah dapat dikurangi atau ditambah, sesuai dengan nafsu minum bayi itu sendiri, cuaca dan iklim sangat mempengaruhi kebutuhan cairan tubuh bayi. Di daerah dengan iklim panas, bayi memerlukan minuman lebih banyak daripada di pegunungan yang dingin. Juga ada bayi-bayi yang senang minum banyak pada jam 6:00 dan hanya ingin minum sedikit pada jam 10:00 dan ingin minum banyak lagi pada jam minum susu berikutnya. anda dapat mengisi botol-botol susu bayi anda sesuai dengan kebiasaan minum pada bayi atau anak.

Jika anda tidak mau repot disaat setiap kali bayi minum harus membuat susu, anda dapat sekaligus membuatnya, takar susu untuk keperluan sehari itu dan encerkan sekaligus, bagi dalam 6 - 7 botol dan setelah disterilkan simpan dalam lemari es, atau simpan semua susu ini dalam satu botol susu besar yang steril dan setiap saat anda akan memberikan susu kepada bayi anda, anda dapat menuangkannya ke dalam botol susu biasa.

Cara Mensterilkan Susu Formula

Sebetulnya susu formula ini telah dibuat steril sebelum dimasukkan ke dalam kaleng atau kemasan, tetapi mungkin saja ada orang tua yang ragu akan kesterilannya, sehingga ingin mensterilkan lagi susu tersebut. Anda dapat membeli panci khusus, di dalamnya anda dapat menegakkan botol-botol susu sedemikian rupa, sehingga waktu air mendidih, botol itu tidak akan saling bertumpuk dan beradu, isi botol dengan 100 - 125 cc dan masukkan ke dalam panci dan isi dengan air, kemudian didihkan selama 25 menit.

Cara Mendinginkan Susu Formula

Susu botol ini dapat disimpan di lemari es, jika lemari es anda tidak cukup luas untuk menyimpan 5-6 botol susu sekaligus, anda dapat menyimpan seluruhnya dalam satu botol besar saja dan mengambil setiap kali akan menyusukan bayi sebanyak 100 - 125 cc. Susu bubuk sisanya dapat anda simpan dalam lemari yang kering dan bersih, kaleng harus tertutup rapat, jika anda memakai susu kental yang diencerkan, anda boleh menyimpan kaleng dalam lemari es untuk dipergunakan di keesokan hari.

Penutup

Seandainya anda telah membuat susu untuk sehari penuh, tiba-tiba lemari es anda rusak atau aliran listrik padam, anda dapat memanaskan setiap saat anda akan memberi minum dan didihkan selama 25 menit. Dan dinginkan sampai hangatnya cukup untuk diminum bayi anda.

Baca Juga Pengaruh Susu Pada Sistem Pencernaan Bayi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel