Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan Dan Fakta Mengagumkan Kiwi

klinikabar.com, Manfaat buah kiwi untuk pengobatan dan kesehatan serta kandungan dalam buah kiwi . Berdasarkan USDA Nutrient Database (maret 2010), buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibanding pepaya, jeruk, mangga, nanas, pisang, dan apel.

Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan



Gambar Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan Dan Fakta Mengagumkan Kiwi


Mengkonsumsi dua buah kiwi per hari mencukupi lebih dari kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa, dimana kandungan vitamin C pada kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan pada jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama, sementara itu, dalam Zespri Kiwifruits Media Workshop " membuat hidup lebih aktif dab terlindungi".

Kandungan Vitamin Dalam Buah Kiwi

Vitamin C diketahui memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan, seluruh sel dan organ tubuh membutuhkan vitamin C yang tinggi agar bisa berfungsi optimal dan menjaga tubuh dari infeksi dan penyakit. Vitamin C bersifat sebagai antioksidan, karena membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. proses oksidasi yang mempercepat proses penuaan, penyebab penyakit kanker, dan penyakit jantung, disebabkan oleh asap rokok dan polusi yang tinggi, dan metabolisme yang rendah.

Kandungan vitamin C dalam kiwi adalah 74-84 mg, sementara perempuan usia 19-30 tahun membutuhkan vitamin C sebesar 45 mg/hari (normal); 60 mg/hari (pada perempuan hamil); dan 85 mg/ hari (pada perempuan yang menyusui). dengan kata lain, buah kiwi dapat memenuhi kebutuhan perempuan dalam kondisi apa pun.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Zaspri Health Science Research, menyatakan bahwa vitamin C yang berasal dari buah kiwi dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat daripada yang sebelumnya diduga. Hal-hal diatas menunjukan bahwa buah kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik karena dapat memenuhi asupan vitamin C harian yang diperlukan seseorang yang bersifat natural dan mudah diserap oleh tubuh.

Selain kandungan vitamin C dalam kiwi yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya, kiwi juga mengandung vitamin E yang lebih tinggi dibandingkan mangga dan pepaya. Vitamin E juga bersifat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan melindungi sel lemak dari kerusakan oksidatif.

Tidak berhenti pada vitamin, buah kiwi pun mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan dan pada proses degenerasi pada mata, ini berarti kiwi sangat baik untuk membantu kesehatan penglihatan yang disebabkan faktor usia. dokter Fiastuti mengatakan, dalam 10 tahun terakhir di dunia terjadi peningkatan kanker usus yang disebabkan oleh pola makan yang salah, yakni banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak tetapi rendah serat. Padahal serat berperan menjaga kadar gula darah, membantu menjaga kadar lemak darah - karena serat dapat mengikat lemak, dan membantu membuat rasa kenyang. untuk itu, buah kiwi dapat dipertimbangkan sebagai sumber serat bagi tubuh kita.

Karena kandungan serat  yang tinggi dalam buah kiwi, sangat aman untuk penderita diabetes, karena buah kiwi memiliki Glycamic index (mempunyai efek terhadap kadar gula darah) paling rendah. karena terlalu panjang jika harus menjelaskan kehebatan buah kiwi dibandingkan buah yang lain ( per 100 gram), dan mineral yang lebih banyak pada buah kiwi dibandingkan dengan buah lainnya (per gram maupun per kalori).

Penutup

Sementara itu, seperti buah-buah lainnya, kandungan vitamin dan mineral dalam kiwi akan optimal bila mengkonsumsi buah kiwi dalam keadaan matang, boleh saja disimpan, tetapi buah kiwi tidak boleh dibelah, tidak dikupas, tidak terpapar sinar matahari, dan tidak teroksidasi ketika disimpan, karena semakin lama buah kiwi terpapar panas atau sinar, buah akan semakin teroksidasi. selain itu, lebih baik dimakan dalam keadaan segar, jika ingin dimasak atau dibuat hidangan, maka jangan terlalu lama mengolahnya, makin lama terkena panas atau pun terkena sinar matahari maka akan mengurangi dan merusak kandungan gizi dalam buah kiwi.

Baca Juga Cara Kondisi Tubuh Kembali Prima Setelah Kerja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel