7 Cara Tubuh Kembali Prima Setelah Kerja

klinikabar.com, Tubuh kembali prima setelah seharian bekerja adalah idaman semua orang yang setelah seharian rutin bekerja 8 jam, di tambah 2 sampai 3 jam untuk perjalanan pulang dan pergi bekerja, pasti capek. Padahal ingin bisa "bergaul" dulu setelah bekerja? Ada caranya! Silahkan baca lalu praktekkan. Tetaplah jadi pribadi yang memiliki kondisi prima setelah kerja.

Tubuh Kembali Prima Setelah Kerja


Gambar 7 Cara Tubuh Kembali Prima Setelah Kerja


Kondisi tubuh prima seusai kerja adalah keinginan banyak orang, kapan anda punya waktu main-main di luar jam kerja? Rumah hanya dijadikan tempat menginap. Punya home theater juga percuma, karena jarang dinikmati. Pukul 6 harus sudah pergi bekerja, sampai di rumah setelah pulang kantor jam menunjukkan pukul 8 malam. Inginnya langsung tidur, karena merasakan badan pegal-pegal, tubuh lengket, kepala berat, pokoknya kondisi tubuh dalam keadaan tidak nyaman. 

Belum lagi jika ada undangan, rasanya anda semakin repot. Padahal anda inginnya bisa fresh kalau bersosialisasi di luar kantor. Rupanya soal gaji dan kenaikan pangkat bukan satu-satunya masalah bagi pekerja kantoran. Ada kasus-kasus seperti kulit bersisik, leher sakit, bahkan sampai merasa mual-mual. Ini yang biasanya menyebabkan kita tidak berselera untuk bergaul di luar jam kantor. Kadang-kadang dengan memikirkan nanti malam ada undangan yang harus dihadiri saja membuat tubuh anda menjadi lesu dan merasa tubuh anda tidak siap.

7 Cara Kondisi Tubuh Kembali Prima Setelah Kerja

1. Kopi Pembawa Derita

Anda boleh saja meminum secangkir kopi di pagi hari sebagai energi awal kegiatan harian. Tapi kalau terlalu banyak, bisa membuat anda merasa tidak seimbang. "Makan waktu lebih 12 jam lamanya sebelum kafein dari kopi meninggalkan sistem tubuh sepenuhnya.

Baca Jugan Bahaya Kopi

Cara terbaik adalah, segera setelah anda menyelesaikan minum kopi pagi, langsung minum air putih saat itu juga, agar proses pencernaan kafein dalam tubuh berjalan lebih cepat dan tidak tertunda. Karena minum air putih akan menolong melarutkan zat-zat yang mengganggu tubuh dari sistem anda. Supaya perut tidak terasa kembung, makan camilan kecil seperti crackers atau roti untuk menyerap asam lambung yang mengganggu perut anda hingga terasa sakit.

Sepanjang hari, lakukan pekerjaan-pekerjaan yang menyibukkan, misalnya menata ulang meja kerja anda, merapikan file-file, memfotocopy beberapa naskah yang mungkin akan diperlukan, dan sebagainya, agar energi gugup anda tersalurkan. Cara terbaik menghilangkan kecanduan pada kopi dan kafeinnya? Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, itu saja. Minum dua atau tiga cangkir kopi sehari boleh saja, asalkan di padu dengan alternatif lain seperti kopi decaf atau teh.

2. Memegang Telepon Dengan Bahu

Bertelepon tanpa menggunakan tangan, bisa membuat leher anda terasa sakit. Menahan telepon diantara bahu dan telinga memaksa tubuh menegang dengan posisi yang tidak semestinya, tidak hanya posisi itu meregangkan semua otot-otot bahu dan otot leher, juga menghambat aliran darah yang mengandung banyak oksigen ke daerah kepala dan otak. Meskipun dipegang dengan tangan, orang cenderung menegangkan otot-otot disekitar telinganya saat menggunakan telepon di sisi yang sama, hingga hanya otot-otot sisi itu saja yang bekerja setiap harinya.

Cara Mengatasinya adalah, gunakan headset- itu cara terbaik untuk menghindari sakit leher atau pun pegal-pegal. Jika dirasa repot, mulai sekarang gunakanlah kedua sisi telinga secara bergantian, sehingga peregangannya seimbang. Lakukan juga olahraga ringan untuk leher dan bahu untuk meregangkan dan menguatkan otot-otot secara benar: Dalam posisi duduk, angkat kedua bahu ke arah telinga dan tahan sampai hitungan lima. Jatuhkan ujung bahu sedalam yang anda bisa, tahan dalam lima hitungan. Gerakkan kepala ke arah kanan, cobalah menyentuhkan telinga dengan bahu anda, tahan selama satu menit. Ganti ke arah kiri atau arah sebaliknya. Ulangi latihan itu dua kali setiap jamnya.

3. Penguapan Kelembaban

Udara kering di ruang kerja karena air conditioner sering membuat kulit dan bibi menjadi kering, bersisik dan gatal. Aliran hawa di gedung perkantoran dengan sistem pendingin sentral, memang menyerap cairan yang terkandung dalam tubuh membuat kulit kehilangan kelembaban.

Cara mengatasinya adalah yang pasti, rajin-rajinlah memakai body lotion. Bisa juga dengan meletakkan semangkuk air disamping tempat duduk anda. Jangan selalu mandi dengan menggunakan air panas. Kalau tidak kuat mandi air dingin, kurangi temperaturnya sampai hangat-hangat kuku saja. Berdiri terlalu lama di bawah shower air panas, akan membuat kadar minyak natural pada kulit menguap. Juga selalu siapkan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk camilan sewaktu-waktu. Mengkonsumsi vitamin A (bisa didapat dari sayur-sayuran yang berwarna hijau atau yang berwarna merah dan kuning., misalnya wortel atau paprika (kuning) dan C (ada dalam buah jeruk dan apel) juga akan menghindarkan anda dari kekeringan kulit.

4. Pengaruh Keyboard Komputer

Seharian mengetik di depan komputer bisa membuat pegal pergelangan tangan biasanya disebabkan oleh cara duduk yang salah. Meski pada awalnya cara duduk anda sudah betul, selama 30 menit kemudian anda merasa akan mulai merosot, membebankan semua pada otot tangan dan jari ketika mengetik. Cara mengatasinya adalah dengan menyempurnakan postur tubuh. Duduklah di kursi dan bayangkan ada garis lurus yang menghubungkan telinga dengan tulang pinggul anda. Gunakan sandaran kaki (tumpukkan buku telepon juga boleh) sehingga lutut anda berposisi sejajar atau lebih tinggi dari pinggul. Posisi ini akan membuat tubuh bagian atas tetap tegak.

Letakkan siku tangan disisi tubuh dengan sudut kurang dari 90 derajat, keyboard komputer sebaiknya terletak paralel dengan lantai, sehingga membuat lurus pergelangan tangan anda saat menggunakannya. Jangan terlalu banyak mengerjakan pekerjaan lanjutan yang membuat anda bolak-balik mengangkat dan menurunkan pergelangan tangan, Lebih baik sekali-sekali dan diselingi dengan pekerjaan lain yang tidak banyak menuntut gerakan tangan, misalnya diskusi sebentar dengan bos anda. Terkadang gerakan bervariasi harus anda lakukan agar anda tidak jadi robot.

5. Duduk Terlalu Lama

Terus menerus duduk di kursi bisa mengganggu lambung anda, hingga membuatnya melembung seperti balon. Duduk dalam waktu yang relatif lama bisa menyebabkan rasa kaku pada tubuh, dan tubuh yang kaku bisa menyebabkan malas bergerak.

Cara mengatasinya adalah dengan bangkit dari tempat duduk setiap setengah jam sekali, berjalan-jalan ke kamar kecil atau ke ruangan lain, menjawab telepon sambil berdiri, atau gerakan-gerakan lain yang bukan duduk - bisa mengaktifkan seluruh sistem tubuh untuk tetap bergerak. Hindari juga mengenakan pakaian terlalu ketat, karena bisa mengikat dan menahan gas pada tubuh.

6. Tidak Bisa Berpikir Jernih

Kepala anda terasa senut-senut di jam-jam terakhir pulang kantor dan rasanya hampir tidak sanggup berpikir lagi? kerutinan memberi otak anda dengan stimulasi yang sama dari itu ke itu lagi. Jadwal kerja yang tidak berubah, pola pikir yang sama dari waktu ke waktu, bisa membuat anda seperti robot, maka pikiran anda pun menjadi buntu.

Cara mengatasinya adalah dengan beri kejutan pada otak anda dengan menstimulasi kelima indera, memakai pengalaman-pengalaman baru. "Tentang pikiran anda dengan informasi baru supaya bergantian tugas dengan bagian otak yang lain yang jarang terpakai. Tata ulang letak komputer anda, ubah susunan jadwal kegiatan, pilih tempat untuk makan siang. Buatlah percakapan dengan karyawan lain yang jarang bertegur sapa sebelumnya - lakukan apa saja untuk mengisi otak dengan sesuatu yang merangsang untuk bergerak. Hal-hal semacam ini bisa memaksa otak untuk mengenali lagi sesuatu yang baru. Inilah proses bagaimana anda belajar, memecahkan masalah, berpikir kreatif dan tetap siaga secara mental.

7. Merasa Perih Mata Yang Terlalu Lelah

Menatap layar komputer sepanjang hari bisa membuat pandangan menjadi buram, kita cenderung menetapkan mata - bahkan kita sampai lupa untuk  berkedip ketika sedang asyik bekerja di depan komputer. Seperti juga otot-otot yang lain, mata butuh gerakan yang bervariasi supaya tetap kuat dan fleksibel. 

Cara mengatasinya adalah dengan setiap 15 menit mengalihkan pandangan ke objek lain, misalnya sebuah titik di kejauhan yang berjarak 4-5 meter, selama 20 detik, lalu fokuskan kembali pandangan ke arah suasana sekitar, dan gulirkan bola mata ke kanan dan ke kiri. Untuk mata yang sudah terasa perih, gosok-gosok telapak tangan anda, lalu letakkan di atas kelopak mata satu menit saja. Dengan begitu anda mengistirahatkan mata dari lampu di ruangan, sementara kehangatan telapak tangan akan mengalirkan darah ke mata anda.

Tips Mengatasi Tubuh Dan Pikiran Yang Tegang

1. Jika Perut Suka Kembung

Resepnya, makan siang dengan benar. daripada menyantap hidangan berat untuk makan siang - apalagi makan di kursi kerja yang membuat anda tidak bergerak hingga gas makanan tidak mengalir dengan baik dari tubuh anda, lebih baik makan sedikit-sedikit, tapi periodik. Banyak makanan ringan yang bahkan dikenal sebagai penghasil gas (kacang, sayuran mentah) justru bisa terbuang dari sistem tubuh secara cepat dan mudah.

2. Jika Tidak Sanggup Berpikir

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghias meja kantor anda dengan benda-benda warna-warni. Warna bisa memunculkan emosi yang beragam, atau bisa juga menyegarkan otak dengan mencium bau kayu manis.

3. Jika Mata Lelah

Hindari dengan mengukur layar komputer sejauh panjang tangan dari mata anda dan 20 Derajat lebih rendah dari garis pandang anda. Mata anda akan nyaman saat menatap layar komputer, kemungkinan mata tidak tertutup hingga mata menjadi kering.

Penutup



Tapi jangan khawatir, Setelah berkonsultasi ke beberapa pakar-pakar yang mengkhususkan diri pada penyakit akibat rutinitas kantoran dan menemukan cara yang bisa menghilangkan kelelahan setelah jam kerja. Cara diatas bisa mengubah anda, tidak hanya pekerja keras tapi juga tubuh yang prima setelah kerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel