Penyebab Rash Popok Dan Cara Mengobati Rash Popok

klinikabar.com, Penyebab Rash Popok Dan Cara Mengobati Rash Popok - Apa Itu Rash Popok? - Pada bayi yang terawat sangat baik pun mungkin menderita rash popok pada suatu saat. betapa pun telitinya anda mengganti popok sebenarnya tidak mungkin anda menjaga bayi anda tetap kering setiap hari. Bila anda sering membangunkannya pada malam hari hanya untuk memastikan bahwa popoknya kering, maka anda akan rugi.

Penyebab Rash Popok Dan Cara Mengobati Rash Popok


Gambar Penyebab Rash Popok Dan Cara Mengobati Rash Popok


Jenis-jenis Rash Popok

Terdapat beberapa jenis rash popok, masing-masing memerlukan pengobatan khusus tersendiri, dan yang keempat mungkin menjadi penyebab lainnya dari rash popok.

1. Jenis rash popok terlazim berkaitan dengan efek amonia pada kulit bayi yang halus. Amonia dihasilkan pada waktu urina (air seni) masih ada hubungannya dengan pengeluaran tinja, walaupun dalam waktu singkat. Enzim yang terkandung dalam produk sisa usus mempengaruhi urina, sehingga terjadilah  rash pada kulit anak yang halus.

Rash Khas berwarna merah, bersisik  dan mungkin disertai gelembung serta borok, mungkin anda akan mencium bau amonia yang kuat pada waktu mengganti popok bayi anda.

4 Dasar Cara Pengobatan Rash Popok

Dalam Pengobatan rash popok adalah dengan mencegah kontak antara urine dengan tinja, maka tukar popok bayi anda secepat mungkin setelah popok itu kotor. Membersihkan pantan bayi dengan handuk basah karena air hangat akan membantu penyembuhan rash.

Pada rash popok yang parah dari jenis ini, jika bayi dapat dirawat untuk waktu yang lama di dalam ruangan hangat tanpa popok, maka rash akan hilang semuanya dengan cermat. gunakan popok kain jika sangat diperlukan, tapi, bilas dengan bersih ketika mencuci popok kain untuk membebaskan popok dari sabun atau detergen.

1. Setiap mengganti popok, oleskan jeli petroleum halus atau krim seng dan minyak kastor pada pantat bayi, walaupun tidak secara langsung mengobati masalah rash popok ini, krim ini akan melindungi kulit bayi sampai tingkat tertentu dari efek amonia.

2. Dermatitis Seborreica, menjadi sebab rash popok ter lazim berikutnya, ini disebabkan oleh penyebab yang sama seperti penyakit Topi Ayunan. Sehingga jika bayi anda menderita topi ayunan, serta bercak merah dan bersisik pada lipatan ketiak, leher dan sebagainya, dan perhatikan gejala serupa dalam area popok.

Kembali, krim seng dan minyak kastor bermanfaat dalam kasus ringan, jika masalah lebih parah, sedikit krim hidrokortison dari dokter akan cepat mengobati masalah ini.

3. Infeksi jamur, ini yang menyebabkan thrush menjadi penyebab rash popok lainnya, biasanya ini timbul pertama kali di sekeliling lubang dubur dan menyebar ke bokong, ini timbul karena bayi sering menderita infeksi thrush di dalam mulutnya di samping rash popok. Kemudian infeksi ini melintasi saluran pencernaan dan mengenai kulit di sekeliling lubang dubur.

Infeksi ini merupakan rash merah dengan tepi teratas tegas, perlu pengobatan dengan krim Nystatin untuk menyembuhkan keadaan ini. infeksi thrush di mulut juga di obati dengan Nystatin tetapi dalam bentuk obat tetes.

4. Jika akhirnya bokong bayi yang menjadi lecet akut dapat disebabkan oleh diare, kulit di sekeliling lubang dubur menjadi merah dan bayi akan merasa kesakitan, karena efek tinja yang basah. pengobatan harus ditunjukan untuk diare, untuk mengobati rash yang menyertai, bokong perlu dianginkan dan di oles krim yang membuat sejuk.

Penutup

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri jika bayi anda menderita rash popok. usahakan bayi anda agar selalu bersih dan selalu kering - berikan pengobatan yang tepat untuk masing-masing jenis rash, dengan cara itu anda telah melakukan yang terbaik untuk bayi anda. Bayi yang sering rash popok lebih membuat ibu khawatir daripada bayi itu sendiri! dan setelah pemakaian popok dihentikan, maka rash akan hilang.

Baca Juga Cara Menggunakan Kain Popok Yang Benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel