Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 12, 13, Dan 14 Minggu

klinikabar.com, Perkembangan janin di usia kehamilan 12 minggu, usia kehamilan 13 minggu dan 14 minggu perlu kita ketahui, karena pada usia kehamilan tersebut dimana tulang-tulang mulai terbentuk dan tulang-tulang mulai tersusun sedemikian rupa. Seluruh kulit akan ditutupi rambut-rambut halus.

Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 12, 13, Dan 14 Minggu


Gambar Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 12, 13, Dan 14 Minggu


Pada minggu-minggu ini dimana ibu perlu melakukan pemeriksaan USG, karena dengan USG berbagai kecacatan mayor bisa terdeteksi. namun sangat disayangkan bahwa kecacatan tersebut tidak dapat diperbaiki sejak bayi dalam kandungan. Walaupun di kehamilan 13 minggu seluruh kulit janin sudah ditutupi rambut halus, tetapi kulitnya masih sangat tipis, dan di minggu-minggu ini pula keluhan tentang mual sudah mulai hilang atau berkurang jauh.

Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 12 Minggu

Di minggu ini sistem rangka tubuh memiliki pusat penulangan atau osifikasi pada sebagian besar tulangnya. Terbentuklah kerangka tulang rawan dan pusat-pusat penulangan. Diawali dengan terbentuknya zona-zona tegangan mekanis dalam jaringan ikat dura meter (merupakan lapisan terluar dan ketiga selaput yang melapisi otak dan korda spinalis) yang menentukan pertumbuhan tulang-tulang atap tengkorak. Antara dura meter dan pleksus-pleksus pembuluh balik melebur menjadi sinus sagitalis dan sinus konfluens.

Dasar tengkorak terdiri dari asal mula tulang kepala belakang, simpai telinga, tulang baji, dan simpai hidung. Lengkung-lengkung ruas tulang belakang leher dan pinggang masih terbuka.

Sementara rongga dada masih berbentuk seperti corong yang terisi oleh paru-paru dan kubah diafragma. Penulangan desmal pada tulang-tulang penutup tempurung tengkorak dapat dikenali dari percabangan-percabangan halus pada trabekel-trabekel (balok-balok) tulang.

Tempurung tengkorak desmal terdiri dari tulang dahi, tulang-tulang ubun-ubun, dan tulang belakang kepala yang dibentuk sebagai kelanjutan dari tulang rawan dasar tengkorak. Sedangkan penulangan endokondral ditandai dengan meyusupnya pembuluh-pembuluh darah ke dalam cikal-bakal tulang rawan.

Di minggu kehamilan ke 12 ini, keluhan mula biasanya sudah hilang atau sudah mulai berkurang. Tubuh muda si janin kini sudah berukuran 43,2 - 50,2 mm dengan berat 14 gram. Struktur yang telah terbentuk ini akan terus bertumbuh dan berkembang kian sempurna.

Di usia kehamilan 12 minggu ini umumnya ibu bisa mendengar denyut jantung bayinya (dengan memakai alat khusus yang disebut fetal dophtone). Sudah ada kerjasama antar serabut saraf dan otot-otot. Tidak heran jika sistem pencernaan sudah mampu menjalankan fungsinya menghasilkan kontraksi guna mendorong makanan ke seluruh usus sekaligus menyerap glukosa secara aktif.

Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 13 Minggu

Pada usia kehamilan 13 minggu ini, panjang janin diperkirakan sekitar 55,6 - 63,1 mm dengan berat kira-kira 10 cm d bawah pusar. Pertumbuhan kepala bayi yang saat ini kira-kira separuh panjang janin, mengalami perlambatan dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Perlambatan ini akan berlangsung terus, hingga di akhir kehamilan perbandingan kepala dengan tubuh akan tampak porsional yakni kira-kira tinggal sepertiga panjang tubuhnya. Kedua cikal-bakal matanya semakin hari semakin bergeser ke bagian depan wajah meski masih terpisah jauh satu sama lain.

Sementara telinga bagian luar terus berkembang dan sudah menyerupai telinga normal. Kulit janin yang masih sangat tipis membuat pembuluh darah terlihat jelas di bawah kulitnya. Seluruh tubuh bayi ditutupi rambut-rambut halus yang disebut lanugo.

Kerangka tubuhnya sudah terbentuk di minggu sebelumnya dan di minggu-minggu selanjutnya tinggal berosifikasi atau menyerap kalsium dengan sangat cepat hingga menjadi lebih keras.

Perkembangan Janin Di Kehamilan 14 Minggu

Pada kehamilan 14 minggu ini, panjang janin memiliki panjang yang panjangnya mencapai kisaran 68,8 - 76,3 mm dengan berat sekitar 25 gram. Telinga janin sudah menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala. Demikian pula mata sudah mengarah ke posisi sebenarnya.

Bahkan otot-otot dan saraf-saraf matanya pun sudah ada di antara asal mula sayap-sayap tulang baji. Leher kian memanjang sementara dagu tidak lagi menyatu ke dada. Pada paru-parunya sudah dapat dikenali percabangan-percabangan susunan bronkial dan batas-batas segmen paru-paru.

Sementara pada asal mula panggul tertanam kepala sendi paha yang bulat dan masih berupa tulang rawan. Sedangkan alat-alat kelamin bagian luar juga berkembang lebih nyata, hingga lebih mudah membedakan jenis kelaminnya.

Bahkan di rumah-rumah sakit besar atau rumah sakit pendidikan dengan alat-alat bantu yang serba canggih, seluruh perkembangannya bisa dipantau. Semisal bagaimana perkembangan otak, mata dan perkembangan ginjal janin.

Penutup

Lewat pemeriksaan USG level III juga bisa diketahui apakah ada anusnya atau tidak, paru-parunya berkembang baik atau tidak, saluran pencernaannya mengalami penyempitan atau tidak, serta adakah kebocoran pada klep atau bagian lain dari jantung. Termasuk jika ada kecacatan berupa bibir sumbing atau kelainan jemari, semisal jari dempet.

Namun pemeriksaan ini relatif sangat sulit dan meski sudah bisa diketahui sejak masa janin, kelainan atau gangguan-gangguan tadi tidak bisa ditangani selagi masih dalam rahim (operasi intrauterin) seperti halnya di negara-negara maju.

Baca Juga 10 Cara Cepat Hamil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel