Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 9, 10, 11 Minggu

klinkabar.com Perkembangan janin di usia kehamilan 9 minggu, usia kehamilan 10 minggu dan usia kehamilan 11 minggu sangat menakjubkan, jangan sampai anda sia-siakan sembilan bulan yang berarti demi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Kendati sudah tahu bahwa anda positif hamil lewat pemeriksaan sendiri di rumah. Ibu hamil lebih baik segera memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan.

Perkembangan Janin Selama Kehamilan

Pada usia kandungan 9 minggu, 10 minggu dan 11 minggu, perkembangan janin sudah mulai dilengkapi dengan sebentuk kuku dan mulai bisa bergerak, sistem saraf sudah mulai berfungsi sehingga janin mampu bergerak refleks seperti menelan dan menggeliat bahkan janin sudah bisa menguap. Rambut dan kuku jari tangan serta kakinya juga sudah mulai tumbuh.


Gambar Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 9, 10, 11 Minggu


Perkembangan Janin Di Minggu Ke-9

Pada 9 minggu usia kehamilan, anda perlu mengetahui bahwa cikal-bakal otak yang boleh dibilang merupakan organ terpenting, ternyata memang mencakup lebih dari sepertiga dari total volume embrio. Dalam bilik otak lateral atau bagian atas dan bilik otak keempat, dapat dikenali pleksus koroideus.

Sedangkan mesensefalon (otak tengah embrionik) memiliki bilik otak yang lebar yang kelak akan menyempit menjadi akuaduktus serebri. Pada bibir dorsal rombensefalon berkembang tonjol atau tunas otak kecil yang terbagi menjadi bagian intraventrikular dan ekstraventrikular.

di usia kehamilan 9 minggu, Rongga mulut janin masih terisi penuh dengan lidah yang besar. Dibawah tenggorok, kelenjar timus menurun ke dalam mediastinum. Di belakang jantung terdapat cabang-cabang tenggorok. Di bawah hati terletak bagian antrum lambung, sedangkan pada sisi bawah lambung melekat mesogastrium dorsal. 

Janin pun di usia 9 minggu ini sudah bisa menelan. Aktivitas menelannya pun diperkirakan rata-rata sebanyak 25 kali dalam satu rata-rata. Sistem genitalia sudah mulai terdiferensiasi, hingga jenis kelamin janin sudah bisa dibedakan secara pasti. Pada janin laki-laki terlihat zakar dan lipatan-lipatan labioskrotal terdiri dari mesoderm padat yang tidak terdiferensiasi. Sementara pada janin perempuan, lipatan-lipatan labioskrotal ini berkembang menjadi labia minora dan mayora serta klitoris.

Dalam minggu ke 9 ini pula, pembentukan kulit sekaligus fungsinya berkembang menuju kesempurnaan. Tangan janin pun mulai bergerak bebas. Dalam arti, tidak lagi tergantung pada gerak tubuh. Sebentuk kuku setiap jari tangan dan kakinya juga muncul di usia kehamilan 9 minggu ini.

Perkembangan Janin di Usia 10 Minggu

Pada usia kehamilan 10 minggu ini, janin tumbuh semakin besar dan sistem-sistem organnya menjadi semakin matang. Sejak awal kehamilan hingga minggu kehamilan ke-20, pertumbuhan memanjang lebih pesat ketimbang pertumbuhan ke samping. Hanya saja mengingat bentuknya yang belum membentuk garis lurus, perhitungan yang dipakai biasanya adalah ukuran panjang dari puncak kepala sampai bokong. Ini sama maknanya dengan ukuran terpanjang embrio karena lengkung kepala sangat tajam.

Sistem persarafan janin sudah mencapai tingkat kematangannya. Lumen bilik otak hampir seluruhnya dipenuhi oleh tonjolan pleksus koroideus. Tampak pula diensefalon yang merupakan asal-muasal perkembangan kelenjar talamus, meta talamus dan hipotalamus.

Sedangkan bagian lain dari otak, yaitu mesensefalon berada pada lengkung kepala dan masih mendominasi gelembung bakal otak besar. 

Berkembangnya bagian-bagian otak ini telah memungkinkan sistem persarafan mampu mengirim maupun menerima pesan dari otak. Dengan mulai berfungsinya sistem saraf, janin pun kini mampu melakukan gerak refleks. Misalkan gerak menelan, menggeliat, atau memalingkan mukanya saat terkejut. Pada beberapa janin, aktivitas menelan dan menggerakkan tangan secara bebas bahkan sudah bisa dilakukan minggu sebelumnya.

Pada dinding rongga tubuh terdapat barisan tulang iga dan otot-otot tulang dada. Sementara otot-otot perut beserta urat-uratnya (interseksio tendinea) telah mengkhusukan tugasnya pada sistem pencernaan. Pembusungan tali pusat  memuat liku-liku usus halus.

Sedangkan ukuran metanefros atau anak ginjal secara fungsional secara fungsional ditentukan oleh keterkaitan kulit anak ginjal pada metabolisme hormon steroid yang selama kehamilan sangat meningkat.

Perkembangan Janin Di Usia Kehamilan 11 Minggu

Pada usia kehamilan 11 minggu ini, panjang tubuh janin antara puncak kepala sampai bokong sekitar 40-60 mm dengan perkiraan berat badan sekitar 8 gram. Dagu mulut terangkat dari dada dan leher mengalami perkembangan memanjang. Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh.

Penutup 

Sesekali di usia 11 minggu ini, janin sudah menguap. Gerakan demi gerakan kaki dan gerakan tangan, termasuk gerakan menggeliat,meluruskan tubuh, dan menundukkan kepala, belum bisa dirasakan oleh ibu. Bahkan janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar, memanjang,bergulung, atau malah jumpalitan.

Baca Juga Manfaat Senam Hamil Dan Sensasi Gerak Janin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel