7 Nasehat Sesat Yang Harus Diwaspadai

klinikabar.com,  Nasehat Sesat Yang Harus Diwaspadai - Awas terjerat nasehat sesat karena tidak semua nasehat berakibat baik bila dijalani. Banyak nasehat yang malah menyesatkan, selalu cermat mengkaji nasihat dengan baik dan benar. Siapa pun sering merasa berhak dan mampu memberi nasehat kepada orang lain. Cuma tidak semua nasehat itu adalah nasehat yang baik. Artinya, tidak semua bisa menghasilkan kebahagiaan bagi yang menerima nasehat. Mengapa bisa begitu? Karena seringkali nasehat yang diberikan ternyata hanya cocok dan berlaku untuk si pemberi nasehat bukan si penerima nasehat.

Nasehat Sesat 


Gambar 7 Nasehat Sesat Yang Harus Diwaspadai


Ketika anda mendapatkan suatu nasehat yang anda anggap itu nasehat sesat, anda jangan terburu-buru menuduh pemberi nasehat. Bisa dipastikan mereka tidak punya niat buruk. Justru sebaliknya, kata-kata bijak itu mereka sampaikan karena cintanya kepada anda. Cuma saja - kebetulan nasehat tersebut tidak cocok dengan anda.

Berikut ini ada 7 nasehat paling populer yang sering anda terima, tetapi -maaf, anda harus tetap waspada karena seringkali nasehat itu menyesatkan.

7 Nasehat Sesat Yang Harus Diwaspadai

1. Lebih Baik Berbisnis Dengan Musuh Daripada Berbisnis Dengan Orang Asing

Mereka memberi nasehat ini biasanya tidak suka perubahan dan merasa terancam bila harus menjalani hal baru di luar lingkungan atau kebiasaannya yang sangat nyaman dan sudah dikenal dengan baik. Tetapi banyak orang - mungkin termasuk anda di dalamnya - malah memimpikan perubahan yang penuh tantangan dan serba mengasyikkan.

Selain itu, mengapa pula kita harus memilih musuh? Sebaliknya dengan berani memulai sesuatu yang baru, entah itu pekerjaan maupun pria yang baru dikenalkan pada anda, bisa saja kehidupan selanjutnya justru jadi lebih mengasyikkan.

Abaikan nasehat tersebut bila anda tahu persis tidak ada lagi yang bisa di rubah, dan berbisnis atau berhubungan dengan sang musuh malah mencelakakan masa depan. Jangan korbankan diri anda. Percuma! Lebih baik mencoba dengan yang baru. Fresh.

2. Setuju Saja Apa Kata Atasan

Tidak setuju dengan pendapat bos adalah hal wajar yang positif. Hanya saja anda harus tahu kapan dan bagaimana menyatakan ketidaksetujuan anda itu. Seorang atasan yang baik akan merasa senang mendengar pendapat anak buahnya. Sampaikan opini dengan tenang, dan diplomatis. Jangan dengan nada mengejek dan menjatuhkan wibawa atasan. Pendapat yang disampaikan dengan bijak akan membuat atasan melihat bahwa anda seorang pemikir, pekerja dinamis yang mengutamakan produktivitas perusahaan.

Abaikan nasehat itu bila anda tahu bahwa apa yang akan disampaikan akan membantu perusahaan lebih maju. Apalagi bila pendapat itu didukung oleh data dan informasi yang bisa dipercaya. Dan saat menyampaikan pendapat anda, utarakan sudut pandang anda semenarik mungkin. Hindari nada penuh kritik dan melecehkan.

3. Selagi Masih Muda, Cepat Nikah Dan Punya Anak

Nasehat ini bisa jadi sangat pas untuk orang yang menyampaikannya pada anda. Tetapi mungkin sangat tidak cocok untuk anda yang sedang berkonsentrasi membangun karir, ingin keliling dunia, atau berpetualang ke puncak Gunung Himalaya.

Nasehat nikah cepat dan segera punya anak bisa diartikan bahwa jodoh hanya bisa ditemukan selagi usia muda. Padahal kalau belum ketemu, dan masih banyak yang ingin di lakukan di usia lajang, jelas nasehat itu jadi nasehat yang basi.

Abaikan nasehat itu bila menikah dan punya anak  adalah dua hal yang belum bisa dilakukan saat ini keran anda tengah tertarik pada hal lain. Atau anda memang belum cocok pada si dia. Pokoknya jangan pernah memaksakan diri untuk menikah kalau memang hati belum yakin dan pasti.

4. Jangan Potong Rambut

Biasanya nasehat ini diberikan oleh seseorang yang mengenal anda sejak lama. Bisa jadi teman atau pacar atau orang tua yang selama ini puas dengan penampilan anda selama ini. Namun, dibalik rasa bangga itu, ada kekhawatiran bahwa potongan rambut akan membuat anda berubah, dan kemudian berdampak lebih jauh. Misalnya kepribadian anda berubah seiring dengan bergantinya gaya rambut.

Jangan takut memotong rambut. Karena nanti rambut akan tumbuh lagi. Bila anda ingin bereksperimen dengan gaya rambut baru, inilah saatnya. Karena semakin lanjut usia, semakin sulit anda melepaskan dari gaya rambut yang selama ini di jalani. Lihat saja bagaimana enaknya Drew Barrymore berganti gaya rambut dibandingkan dengan Meryl Streep yang tidak pernah ganti gaya rambut.

Abaikan nasehat ini bila keinginan ganti rambut begitu menggebu dan penata rambut bilang anda memang cocok dengan model gaya rambut baru.

5. Bercinta Mengatasi Semua

Bisanya nasehat datang dari tema, bukan dari orang tua anda - yang yakin bahwa masalah bisa lenyap dengan bercinta. Sebagai pasangan suami-istri, anda berdua harus mengatasi masalah dengan bijaksana. Kegiatan bercinta, bukanlah jalan keluar yang dianjurkan. Abaikan nasehat ini bila bercinta hanya terasa indah bila anda jalani saat hati dalam keadaan senang, bahagia dan damai. Bukan dalam suasana yang marah dan kesal.

6. Dunia Tidak Selebar Daun Kelor

Kebenaran kata-kata ini tergantung konteks. Bila anda baru putus cinta, maka nasehat ini bisa jadi kalimat penghibur agar kesedihan tidak berlarut-larut. Tapi kalau disampaikan untuk mengakhiri sebuah hubungan kasih, maka nasehat ini jadi sangat mengganggu dan tidak masuk diakal. Bila saat ini anda sedang menjalin suatu hubungan dengan orang yang membahagiakan hati, mengapa harus berpikir dan mencari yang lain hanya karena wajahnya tidak setampan David Beckham.

Abaikan nasehat ini bila kekasih yang kini mendampingi anda sangat penuh cinta dan kalaupun ada masalah yang muncul itu hanya soal kebiasaan kecil yang bisa diatasi segera.

7. Cari Kerja Yang Terhormat

Nasehat ini bisa datang dari mereka yang usianya jauh lebih tua dari kita. Memang sekitar 20 sampai 30 tahun yang lalu, pekerjaan terhormat adalah pekerjaan yang memberikan gaji besar secara tetap, jam kerja teratur, dan ada tunjangan pensiun hari tua.

Penutup

Tapi sekarang keadaan sudah berubah. Bidang pekerjaan sangat beragam, jam kerja pun bisa bervariasi : tetap, paruh waktu, atau per jam. Dan gaji yang didapatkan tergantung dari kemahiran pribadi masing-masing. Abaikan nasehat ini bila anda telah menemukan pekerjaan yang sangat cocok dengan anda, silahkan anda jalani pekerjaan anda dengan senang hati. Itulah artikel tentang  Nasehat Sesat Yang Harus Diwaspadai.

Baca Juga 10 Profesi Dan Pekerjaan Untuk Generasi Milenial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel