8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja

klinikabar.com, Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja - Hal yang tidak boleh dilakukan di dunia kerja ada 8 hal, jika anda mengabaikannya maka karier anda bisa terancam. Anda boleh saja asyik bekerja di kantor, tetapi jangan pernah lupa akan aturan mainnya. Hati-hati akan hal tabu yang tidak boleh anda lakukan di dunia kerja.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja

Mengenai hal apa yang tidak boleh dilakukan di dunia kerja, disaat pertama kali anda dinyatakan lulus tes masuk sebuah perusahaan, biasanya pihak personalia langsung menjelaskan peraturan yang berlaku ditempat kerja tersebut. Mulai dari Undang-undang ketenagakerjaan sampai tunjangan atau kebijaksanaan perusahaan.


Gambar 8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja


Tapi di samping itu, sebenarnya ada aturan yang harus diketahui agar anda tidak salah dan berbuat kesalahan, inilah 8 hal yang tidak boleh anda lakukan di dunia kerja.

8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja

1. Mengeluh Saat Krisis Melanda

Karyawan yang selalu datang mengadu dan mengeluh ketika krisis tiba menunjukkan bahwa ia tidak bisa menangani stress. Jadi bila nanti masalah datang pikirkan minimal dua solusi. Bila peran atau persetujuan atasan di perlakukan dalam solusi ini, maka sampaikan masalah itu dengan hati dan pikiran yang tenang berikut cara penyelesaiannya. Ingat, krisis boleh melanda, tapi anda harus bisa menemukan solusinya.

2. Telepon Berdering Saat Meeting

Sungguh menjengkelkan ketika telepon berdering saat sedang presentasi. Apalagi bila dilakukan di tempat klien, dan anda mengharap dapat proyek besar darinya. Karena pihak klien akan merasa akan sangat tersinggung bila pihak tamu membiarkan teleponnya berdering, dan bahkan sampai menjawab panggilan itu, alangkah baiknya anda mematikan telepon itu begitu masuk ke ruangan meeting.

Mengecilkan suara telepon tidak memberikan manfaat. Karena sekecil apapun suara itu akan terdengar juga dan kadang lebih mengganggu lagi. Sebab suara yang bersayup-sayup akan membuat semua orang bertanya-tanya, Handphone siapakah yang bunyi, selain itu juga mengganggu konsentrasi pembicaraan dalam acara tersebut.

3. Pura-pura Membantu

Jangan pernah menawarkan bantuan pada teman, apalagi bos, saat anda bersiap melangkah ke luar kantor. Karena tawaran bantuan yang disampaikan oleh pegawai yang telah menyandang tas adalah uluran bantuan yang  asal-asalan. Bagaimana mereka bisa minta tolong pad anda, jika pikiran anda sudah sampai di rumah, atau pacar anda sudah menunggu di lobby kantor? Jelas ini cuma basa-basi saja. Paling tidak 30 menit sebelum waktu pulang, sampaikan tawaran bantuan anda untuk membantu teman dan atasan.

4. Kiriman Berlembar-lembar

Kecanggihan e-mail memang sangat menggoda. Hanya dengan menekan satu tombol anda sudah bisa meraih banyak orang. Tapi ingatlah saat mengirim pesan jangan terlalu panjang dan banyak. Artinya, anda tidak perlu mengirim hingga 10 halaman sekaligus. Alangkah baiknya bila pesan e-mail bisa disampaikan adalah 5 kalimat saja. Dan saat mengirim e-mail jangan lupa mengirimkan subjek/topik balasan.

Jangan biarkan si penerima bertanya-tanya dan terpaksa mencari-cari dalam rimba kata-kata anda. Ingatlah semakin sederhana pesan yang anda buat akan lebih baik.

5. Menghilang Dari Kantor

Meninggalkan kantor lebih dari setengah jam kerja tanpa pemberitahuan adalah tindakan yang tidak bisa dimaafkan. Anda bisa dituduh punya pekerjaan sampingan, tidak loyal, malas. Maka bila anda memang tidak hadir selama setengah hari, telepon segera. Bila sakit, sampaikan secepatnya. Kalau anda kn berada di luar kantor dalam waktu yang cukup lama, bekali sekertaris anda, atau rekan kerja dengan telepon yang bisa dihubungi. Pasang voice mail, dan periksalah dengan rajin.

6. Tiada Catatan Saat Pertemuan

Anda akan langsung di cap tidak professional bila selama pertemuan atau meeting tidak berbuat apa-apa. Jadi disetiap pertemuan, baik meeting resmi atau kunjungan singkat ke ruang kerja atasan. Bawalah selalu alat tulis dan gunakan dengan semestinya. Catatlah hal-hal penting. Jangan menggambar bunga-bungaan atau desain baju. Karena ini juga akan menunjukkan bahwa anda tidak punya perhatian pada pertemuan ini.

7. Rajin Cari Muka

Sungguh menjengkelkan punya pegawai yang terus mengikuti setiap gerak atasannya, menawarkan kopi, tertawa keras-keras saat atasan bercerita, bahkan mengobrol gosip tentang teman sekerja. Bila bos ingin memperhatikan anda, maka kerjakan tugas dan pekerjaan dengan baik.

8. Jadi Alarm

Bos akan merasa jengkel terhadap seorang karyawan yang hampir setiap minggu melaporkan bahwa anda ingin pulang malam dan bekerja mati-matian setiap hari. Mempromosikan diri sendiri memang boleh-boleh saja. Tapi ada caranya. Misalnya, dengan menyelesaikan tugas tepat waktu, membuat laporan yang diminta oleh bos, melaporkan keberhasilan pun boleh dan sangat boleh bila pekerjaan anda beres, bos akan tahu bahwa anda telah bekerja dengan baik dan itu akan menjadi bahan pertimbangan dalam memberi penilaian dan penghargaan di kemudian hari.

Penutup



Perhatian berlebih akan membuat bos menjadi muak dan jengkel. Ia pun akan beranggapan, anda tidak punya pekerjaan sehingga menghambur-hamburkan waktu dengan mencari muka pada atasan. Bila pekerjaan anda beres, bos akan tahu bahwa anda telah bekerja dengan baik dan itu akan menjadi bahan pertimbangannya dalam memberi penilaian dan penghargaan di kemudian hari.

Baca Juga 10 Profesi Dan Pekerjaan Untuk Generasi Milenial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel