8 Tips Sukses Melakukan Presentasi

klinikabar.com,  Tips Sukses Melakukan Presentasi - Sukses Presentasi adalah hal yang sangat dibanggakan, saat anda mendengar kata 'presentasi' banyak diantara kita yang mendadak jadi keringat dingin. Bukan takut akan proses pembuatannya, tapi justru takut saat mempresentasikannya. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena disini akan berbagi tentang 8 Tips Sukses Melakukan Presentasi.

Sukses Melakukan Presentasi



Gambar 8 Tips Sukses Melakukan Presentasi


Apa yang harus anda lakukan dan siapkan agar presentasi berjalan dengan lancar dan sukses serta bebas rasa panik yang berlebihan? Ada kunci-kunci yang perlu dimiliki setiap presenter. Bila ini dikuasai, dijamin ide yang anda sampaikan akan tersampaikan dengan baik dan lancar. Dan anda sudah siap melakukan presentasi dengan sukses?

8 Tips Sukses Melakukan Presentasi

1. Jelas Dan Tepat

Usahakan presentasi anda memakan waktu kurang dari 25 menit. Lebih dari itu, para pendengar akan bosan. Gunakan kalimat-kalimat pendek dengan kata kerja aktif. Misalnya, hindari kalimat "Proyek ini bisa diselesaikan dalam dua minggu." Tapi gunakan kata " Kami siap menyelesaikan proyek ini dalam dua minggu." Hindari pula kalimat yang dipadati oleh kata-kata sulit dan terlalu teknis. Bila terpaksa, usahakan untuk selalu memberi penjelasan singkat atau sinonimnya dalam bahasa Indonesia yang mudah dicerna.

Bila presentasi anda harus menghadirkan deretan angka, ucapkan dengan tempo yang agak lambat. Jika perlu, ambil jeda beberapa detik setiap usai mengucapkan deretan angka.

2. Lagi Dan Lagi

Ulangi presentasi anda dengan suara keras sampai 10 kali. Ini akan membantu anda mengingat setiap bagian dengan lebih cermat dan lebih teliti. Beri perhatian khusus pada kalimat-kalimat yang panjang yang sering mengganjal di lidah (biasanya menyangkut istilah teknis, bahasa asing, dan angka-angka).

Reka suara anda, a dengarkan : apakah anda berbicara terlalu cepat? Terlalu lambat? Terlalu lemah dan tidak semangat? Atau anda  terlalu semangat, hingga yang mendengar seakan kelelahan? Minta rekan kerja untuk mendengar anda berlatih presentasi. Lalu minta input-nya.

3. Di Matamu Ada Aku

Cobalah hafalkan halaman pertama presentasi, agar saat mengucapkannya anda bisa memandang lurus ke arah peserta acara dan menjalin kontak mata. Setiap peserta berhak mendapat tatapan anda, setidaknya  sampai hitungan 5. 

Jangan alihkan pandangan sebelum hitungan 5 itu selesai. Bila peserta lebih dari 10 orang. Maka aturlah pandangan anda dengan arah kiri, arah tengah dan arah kanan. Untuk menenangkan hati, carilah pendukung atau sekutu di antara peserta meeting. Hal ini bisa didiskusikan sebelum presentasi. Beritahu atasan atau rekan kerja anda, bahwa mungkin di tengah presentasi anda akan menatapnya lebih lama karena perlu dukungan moril.

4. Presentasi Itu Menyenangkan

Awali presentasi anda dengan lelucon ringan atau anekdot yang dipahami oleh semua peserta. Gunakan alat atau perlengkapan lain yang membuat presentasi anda jadi lebih menarik. Tetapi ingat juga, meski alat-alat bisa menghidupkan suasana, usahakan agar tidak merepotkan anda pada saat menggunakannya. Alat-alat yang dipakai hendaknya sederhana dan mudah dioperasikan. Kalau perlu ukurannya kecil dan murah.

5. Color Me Beautiful

Untuk memudahkan pendengar menangkap presentasi anda. gunakan slides gambar berwarna yang menunjang. Misalnya, saat statistik menunjukkan peningkatan, tambahkan gambar anak merangkak tangga. Saat angka menurun, menggunakan gambar roller coaster yang bergerak turun dengan drastis. 

dalam memilih gambar untuk presentasi, anda juga perlu bersikap sensitif. Jangan sampai menyinggung masalah SARA. Jangan pula menyinggung masalah perasaan tuan rumah atau klien.

6. Triple T

Bila anda menggunakan overhead projector (OHP), usahakan agar setiap lembar presentasi tidak memuat banyak kalimat. Maksimal 6 kalimat pendek, atau kalimat yang tidak selesai. Gunakan kalimat-kalimat ini sebagai pemancing keterangan lebih lengkap dan detail anda sampaikan secara lisan. Hal ini perlu dilakukan agar yang hadir dalam presentasi memperhatikan anda, dan bukannya membaca teks yang tertera pada lembar presentasi.

Saat membaca lembar presentasi yang dipantulkan oleh OHP, anda perlu melakukan 3 T : Touch, Turn, Talk. Artinya, sentuh/ tunjuk pantulan OHP di layar, berbalik dan berbicara atau sampaikan presentasi anda. Jangan bicara sambil menghadap pantulan di layar alias membelakangi peserta yang hadir. Pertama, ini kurang sopan. Kedua, suara anda akan kurang jelas terdengar.

7. Hard Copies, Hard to Get

Saat presentasi, usahakan agar peserta hanya memperhatikan anda, jadi, simpanlah semua bahan presentasi yang akan dibagikan hingga saat terakhir. Bila anda mempresentasikan story-borad, atau gambar-gambar besar, jauhkan semua itu dari jangkauan peserta. Jangan biarkan mereka menyentuhnya sebelum presentasi anda usai. Bila semua telah selesai, barulah anda edarkan lembar presentasi ke peserta.

8. Fleksibel, Maksi.

Saat presentasi, jangan biarkan tubuh berdiri kaku. Juga jangan ijinkan tangan terpaku pada satu posisi baik di depan, di belakang tubuh, atau di saku. Jangan juga pegang alat tulis. Biasanya, kalau anda sudah memegang alat tulis atau memegang sesuatu, alat itu akan menjadi mainan dan akhirnya justru mengganggu konsentrasi para pendengar anda. Biarkan tangan bergerak lepas, mengikuti topik bahasan anda. Dijamin, pesan akan terserap maksimal dan presentasi pun sukses.

Penutup

Itulah 8 Tips Sukses Melakukan Presentasi, jika anda mengikuti langkah-langkah diatas, maka anda akan menjadi seorang yang spesial di acara presentasi tersebut, dan anda akan selalu di ingat oleh setiap peserta yang hadir dalam presentasi tersebut.

Baca Juga 4 Cara Menjadi Pemimpin Rapat Yang Baik Dan Berkualitas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel