Apa Itu Memar Pada Anak Dan Cara Mengobati Memar

klinikabar.com, Apa Itu Memar Pada Anak Dan Cara Mengobati Memar Pada Anak - Apa Itu Memar? Memar adalah timbul bila pembuluh darah dibawah kulit rusak karena terpukul atau karena jatuh. Pembuluh darah yang rusak mengeluarkan darah ke jaringan sekitarnya, menimbulkan pembengkakan kebiruan yang nyeri dan khas di bawah kulit.

Apa Itu Memar Pada Anak Dan Cara Mengobati Memar

Anak kecil sangat cenderung menderita memar karena pada umumnya keseimbangannya dan pengalaman gerakannya belum matang dan ia sering terjatuh.

Gambar Apa Itu Memar Pada Anak Dan Cara Mengobati Memar


Cara Mengobati Memar 

Tujuan dari mengobati memar adalah mengurangi aliran darah ke pembuluh darah yang rusak. Istirahat beberapa menit dalam posisi yang paling nyaman, akan memungkinkan darah membeku, sehingga mencegah perdarahan lebih lanjut ke dalam jaringan ini. Kompres dingin dengan kapas atau tissue bersih yang diperas setelah direndam dalam air dingin lalu ditempelkan pada kulit yang memar untuk membantu proses penyembuhan. Hanya upaya inilah - disertai dengan perawatan penuh kasih sayang - yang diperlukan untuk mengobati memar ringan.

Komplikasi Memar Yang Mungkin Terjadi

1.  Jika lengan atau tungkai mengalami memar hebat, mungkin terdapat patah tulang di dasarnya
2. Memar hebat pada kepala, akibat pukulan atau jatuh, harus selalu menyadarkan anda tentang kemungkinan adanya patah tulang tengkorak.

Penutup

Jika anda ragu-ragu tentang luas suatu cedera, hubungi dokter atau bagian gawat darurat dan kecelakaan rumah sakit terdekat. Jangan khawatir atau marah jika dokter di rumah sakit menanyakan pada anda secara terperinci mengenai keadaan cedera anak anda.  Ini dilakukan untuk kepentingan anak anda dan anda sendiri, sangat disesali timbulnya cedera yang bukan karena kecelakaan pada anak dan setiap dokter mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa memar benar-benar karena kecelakaan.

Baca Juga Cara Mengobati Dislokasi Sendi Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel