Cara Mengobati Dislokasi Sendi Pada Anak

klinikabar.com, Cara Mengobati Dislokasi Sendi Pada Anak - Dislokasi sendi panggul biasanya terjadi sejak lahir. bertahun-tahun lalu, keadaan ini menyebabkan beberapa anak (terutama pada anak perempuan), tumbuh dengan pincang kaki yang jelas, tentu saja keadaan ini tidak boleh terjadi pada waktu sekarang.

Dislokasi Sendi Panggul Pada Anak

Setiap panggul bayi diperiksa pada waktu lahir, pemeriksaan diulang pada pada usia anak enam minggu, untuk memastikan bahwa keadaan ini tidak ada. Jika ia ditentukan sejak awal, maka pengobatan dapat mengoreksi kesalahan ini.


Gambar Cara Mengobati Dislokasi Sendi Pada Anak


Sendi panggul merupakan sendi "peluru'. Bagian bola-nya merupakan ujung bulat tulang paha (femur) yang berada tepat di dalam lekukan "acetabulum" pinggul. Pada dislokasi sendi panggul sejak lahir, bibir bawah lekukan pada panggul tidak terbentuk dengan seharusnya sehingga kepala tulang tulang paha dapat tergelincir ke luar area sendi. Penyebab dislokasi sendi pada anak sejak lahir belum diketahui, tetapi lebih lazim mengenai anak perempuan daripada pada anak laki-laki.

Pemeriksaan Untuk Dislokasi Sendi

Bayi dibaringkan pada punggungnya (bayi harus tanpa popok). dengan lutut dibengkokan, dengan hati-hati tungkai didorong ke arah luar. Jika sendi panggul normal, maka dokter akan mampu mendorong lutut bayi tersebut. Dalam tes lebih lanjut, dengan bayi dalam posisi yang sama, dokter akan mampu merasakan dislokasi ini pada saat sendi panggul digerakan, jika keadaan ini ada, untuk memastikan diagnosis pada kasus yang dicurigai, maka dibuat foto rontgen sendi panggul.

Cara Mengobati Dislokasi Sendi Panggul Sejak Lahir Pada Anak

Tungkai bayi dipindah ke posisi yang dikenal sebagai posisi "kodok" selama masa sekitar tiga bulan. Ini menjamin kepala tulang paha tetap di dalam posisi yang tepat. ini membantu pembentukan lekukan dalam yang normal pada panggul bayi, yang diperlukan untuk menahan sendi ini dalam posisinya, dan hasil dari pengobatan ini sangat memuaskan dan anak dengan masalah awal dislokasi sendi akan tumbuh dengan sendi panggul yang normal.

Pada awalnya, mungkin terlihat tidak mungkin menjaga bayi bersih dan kering sewaktu dibidai dalam posisi ini. Tetapi dengan menakjubkan seorang ibu akan cepat dapat mempelajari cara melipat popok yang baru pada anak yang terserang dislokasi sendi. Dan kesulitan kecil seperti ini segera akan terobati bila seorang ibu melihat anaknya dapat berlari secara normal di kemudian hari.

Kenapa Sendi Panggul Berbunyi "klik"

Kadang-kadang ini dapat didengar pada saat sendi panggul digerakan selama mengganti popok pada bayi, ia juga dapat terdengar pada saat dokter melakukan pemeriksaan untuk dislokasi sendi panggul sejak lahir. Ini berarti pembungkus sekeliling sendi lebih kendur dari biasanya, sehingga sendi ini terdislokasi sebagian ketika bergerak (hal ini tidak menimbulkan nyeri untuk bayi)

Dokter yang menemukan keadaan ini pada pemeriksaan akan memeriksa sendi panggul bayi secara teratur dalam beberapa bulan berikutnya. Kadang seorang ibu di beri nasehat untuk memakaikan dua popok pada bayi untuk beberapa minggu, karena ini akan menempatkan tungkai bayi kedalam modifikasi posisi "kodok" yang akan menyokong pertumbuhan yang sehat. hasil pengobatan sederhana ini sangat memuaskan.

Penutup

Kelainan bentuk permanen karena dislokasi sendi panggul sejak lahir hanya terjadi di masa lampau, tetapi setiap ibu harus memastikan bahwa panggul bayi tersebut telah diperiksa pada waktu lahir, juga pada pemeriksaan perkembangan enam minggu dan idealnya untuk ketiga kali pada usia sembilan bulan. Itulah bahasan tentang cara mengobati dislokasi sendi pada anak.

Baca Juga 7 Alasan Kenapa Anak Sering Menangis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel