Bahaya Jika Penderita Tekanan Darah Tinggi Kelebihan Berat Badan

klinikabar.com, Bahaya Jika Penderita Tekanan Darah Tinggi Kelebihan Berat Badan Risiko terbesar bagi siapa pun yang menderita tekanan darah tinggi adalah kegemukan, dan semakin banyak kelebihan berat badan, maka semakin besar juga risiko yang dihadapi. Jikalau kelebihan berat badan anda diatas 7 kilogram, maka pertama-tama anda berkewajiban untuk menghilangkan kelebihan berat badan tersebut. Dan kedua mempertahankan berat badan yang baru itu, berat normal, selama sisa hidup anda. Dan anda harus mengetahui cara tepat mengapa kelebihan berat badan sangat buruk bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Penderita Tekanan Darah Tinggi Kelebihan Berat Badan


Gambar Bahaya Jika Penderita Tekanan Darah Tinggi Kelebihan Berat Badan


Yang terjadi bila penderita tekanan darah tinggi kelebihan berat badan adalah jantung anda memompa darah keseluruh bagian tubuh, dengan mengkontraksikan ototnya sekitar 17  kali per menit. Jika berat badan anda berlebihan atau lebih banyak lemak dalam tubuh anda, maka jantung harus bekerja lebih keras untuk mengatasi volume tambahan pembuluh darah, dan harus mempertahankan keluaran tambahan ini selama bertahun-tahun.

Berikut ini ada sebuah analogi sederhana : jika anda menjalankan mesin mobil anda terlalu keras, dan terus menerus membawa beban yang terlalu keras, dan terus menerus membawa beban yang terlalu berat untuk kapasitasnya, selama bertahun-tahun anda dapat memperkirakan mesin dan sasis akan lebih cepat rusak.

Hal ini kiranya dapat mencerminkan apa yang terjadi selama bertahun-tahun dengan jantung para penderita tekanan darah tinggi, singkirkan beban tambahan itu, jalankan mesin lebih halus dan ekonomis, maka hampir dapat dipastikan bahwa usia mobil anda akan lebih lama - demikian pun halnya dengan jantung anda.

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa mengetahui dengan baik sekali hal ini, dan data yang ada pada mereka menyangkut orang-orang yang mempunyai tekanan darah yang normal memperlihatkan bahwa orang yang kelebihan berat badan akan meninggal lebih cepat daripada orang yang mempunyai berat badan normal. Dan jika anda berhasil menurunkan berat badan, anda dapat menghilangkan risiko kematian prematur, hadiah usia tambahan itu khususnya berlaku untuk orang yang mengidap tekanan darah tinggi.

Penutup

Telaah Framingham - yang meneliti seluruh penduduk sebuah Kota di Amerika Serikat selama bertahun-tahun - memperlihatkan bahwa kelebihan berat badan pun dapat menyebabkan berkembangnya tekanan darah tinggi, selama mengikuti kemajuan penduduk kota Framingham selama bertahun-tahun, para dokter menemukan bahwa diantara orang dewasa yang kegemukan yang ketika pertama kali diperiksa tekanan darahnya normal, pada akhirnya mengidap tekanan darah tinggi.

Dan kemudian untuk setiap lima belas  persen kehilangan berat badan yang mereka peroleh, tekanan darah turun dengan sepuluh persen, hal ini sudah lebih dari cukup untuk memperpanjang usia untuk penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga Bahaya Diet Untuk Penderita Darah Tinggi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel