Cara Mengobati Demam Cengkering (Scarlet Fever) Pada Anak

klinikabar.com, Cara Mengobati Demam Cengkering (Scarlet Fever) Pada Anak - Apa Itu Demam Cengkering? Demam Cengkering atau scarlet fever Berbeda dari demam pada umumnya penyakit demam yang menular pada masa anak-anak, demam cengkering (scarlet fever) disebabkan oleh bakteri bukan virus. Bakteri yang terlibat sama dengan penyebab sakit tenggorokan yang sangat mengganggu. Sebenarnya demam jengkering dapat dianggap sakit tenggorokan parah yang disertai rash.

Apa Itu Demam Cengkering (Scarlet Fever)

Gambar Cara Mengobati Demam Cengkering (Scarlet Fever) Pada Anak

Penyakit demam cengkering atau scarle fever ini kurang ganas dibandingkan lima puluh tahun yang lalu atau lebih, pada waktu demam jengkering adalah penyakit yang sangat menakutkan. Penularan keganasan ditemukan pengobatan dengan penisilin telah mengubah sama sekali pola penyakit ini. Tidak ada imunisasi terhadap demam jengkering dan jelas tidak diperlukan karena pengobatan sendiri sangat efektif.

Tanda Dan Gejala Demam Cengkering

1. Tanda pertamanya adalah sakit kepala, demam dan sakit tenggorokan yang sangat tidak menyenangkan.

2. Rash segera timbul setelah dimulainya penyakit dan seperti namanya, berwarna merah cerah, rash akan menutupi badan dan wajah, daerah putih sekeliling mulai terlihat secara khas.

3. Lidah diliputi selaput tebal, setelah tiga hari selaput ini akan mengelupas dan meninggalkan bercak merah dan putih, lidah arbei. lidah akan terasa sakit dan akan merasa sakit tenggorokan, keadaan ini membuat penderita sangat tidak nyaman untuk beberapa hari.

4. Setelah dua sampai tiga hari, rash akan mengelupas.

Komplikasi Demam Cengkering

Telinga

Dapat terlihat terjadinya infeksi umum dan infeksi itu akan menyebabkan rasa sakit di telinga anak.

Ginjal

Juga dapat terkena serangan demam jengkering yang parah, walaupun komplikasi ini tidak sering seperti pada masa lalu, namun anak harus menjalani pemeriksaan urin tiga sampai empat minggu setelah serangan untuk memastikan tidak adanya infeksi pada ginjal. Pada waktu lalu, demam reumatik merupakan gejala sisa dari demam cengkering. Untungnya, keadaan ini jarang dijumpai pada saat ini, berkat adanya pengobatan yang cepat dan cara pengobatan yang tepat.

Cara Mengobati Demam Cengkering

Penisilin telah mengubah pengobatan untuk demam jengkering, rangkaian sepuluh hari antibiotika ini menghilangkan dengan total gejala yang tidak menyenangkan. Selama stadium akut pada sakit tenggorokan, diperlukan komposisi makanan ringan dengan banyak cairan, istirahat di dalam ruangan hangat berventilasi baik akan membuat nyaman pasien yang merasa kurang sehat dengan tenggorokan yang sangat sakit.

Masa inkubasi demam jengkering adalah dua sampai enam hari, anak belum tentu tertularkan penyakit ini dari seorang yang menderita demam jengkering, tetapi bisa dari orang yang menderita sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteria yang sesuai.