Cara Mendeteksi Osteoarthritis Dan Mengobati Osteoarthritis

klinikabar.com, Cara Mendeteksi Osteoarthritis Dan Mengobati Osteoarthritis - Apa itu Osteoarthritis? Osteoarthritis (OA) adalah kelainan yang menyerang sendi, awalnya dimulai dengan kerusakan tulang rawan seni, lalu menjalar ke semua struktur sendi, yaitu tulang kapsul sendi, selaput sendi, selaput sinovial ( selaput tipis yang meliputi sendi dan memproduksi cairan sendi), ligamen, serta tendon dan otot-otot disekitar sendi tersebut. Ditandai dengan nyeri sendi dan terbatasnya gerakan sendi tersebut.

Cara Mendeteksi Osteoartritis Dan Mengobati Osteoarthritis

Usia Berapa Dan Jenis kelamin Apa Yang Rentan Terkena Osteoarthritis? Osteoarthritis menyerang pasien berusia 40 tahun keatas, tapi yang paling banyak adalah usia 65 tahun ke atas.

Gambar Cara Mendeteksi Osteoarthritis Dan Mengobati Osteoarthritis

Penyebab Terjadinya Osteoartritis

Tidak ada satu penyebab yang secara langsung dapat menimbulkan osteoartritis, tapi ada beberapa faktor risiko yang terkait dengan munculnya penyakit ini, yakni obesitas, cedera sendi yang berulang (bisa karena pekerjaan atau karena olahraga), kelainan bentuk sendi sejak lahir, usia (semakin berumur kian banyak yang terserang osteoartritis), serta wanita (terutama untuk osteoarthritis di lutut dan tangan. namun penyakit ini bukan jenis yang menurun secara langsung (genetics).

Gejala Osteoarthritis

Gejala osteoarthritis adalah pasien akan merasa nyeri sendi di bagian khusus saat beraktivitas, dan akan berkurang nyeri sendi tersebut ketika diistirahatkan, akan terdengar seperti bunyi berderik pada sendi yang terkena, bisa juga terjadi bengkak pada sendi tersebut.

Cara Mengobati Osteoartritis

osteoartritis belum dapat disembuhkan secara total. namun pengobatan perlu dilakukan untuk menghilangkan nyeri dan menjaga fungsi sendi tetap baik. juga untuk mencegah agar tidak bertambah parah.

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengurangi berat badan, dan melakukan olahraga low impact, misalnya jalan kaki, bersepeda, dan berenang. sangat perlu dilakukan fisioterapi (rehabilitasi medis) untuk memperbaiki fungsi sendi yang memperkuat otot-otot disekitar sendi. obat-obatan yang ada sekarang lebih banyak untuk menghilangkan nyeri dan peradangan sendi. Dan yang harus diperhatikan, penderita Osteoartritis harus menghentikan konsumsi kalsium.

Perbedaan Osteoarthritis Dan Osteoporosis

Keduanya terdengar mirip : osteoarthritis dan osteoporosis, osteoartritis penyakit yang menghajar sendi-sendi, sedangkan osteoporosis adalah penyakit yang menyerang kepadatan tulang, perbedaan yang terpenting dari osteoporosis dan osteoarthritis adalah, jika osteoporosis harus mengkonsumsi banyak kalsium, seperti pad, sedangkan osteoartritis harus menghindari kalsium.

Penutup

Cara Mendeteksi OsteoartritisJika anda berusia lebih dari 40 tahun : sendi anda nyeri, terutama pada lutut, panggul, tangan (pada tangan biasanya terjadi bengkak), ada bunyi berderik di sendi, bisa jadi anda terserang osteoartritis, dan diagnosis ini dapat dibantu dengan pemeriksaan foto roentgen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel