Cara Mengobati Sariawan, Kotoran Mata Dan Mata Juling Pada Bayi

klinikabar.com, Mengobati Sariawan, Kotoran Mata Dan Mata Juling Pada BayiSariawan adalah suatu infeksi jamur yang ringan di dalam mulut, dan ini mirip buih susu yang tersebar si pipi bagian dalam, lidah, rongga mulut dan bibir.

Bedanya dengan buih susu adalah buih susu mudah sekali dihapus, sedangkan sariawan tidak mudah dihapus dan jika digosok sariawan di bawahnya akan berdarah dan berwarna kemerahan. Bayi akan merasa tidak nyaman di dalam mulutnya, dan bayi akan terlihat merasakan sakit, sehingga bayi akan mengalami kesulitan pada waktu ia minum susu.

Cara Mengobati Sariawan, Kotoran Mata Dan Mata Juling Pada Bayi


Gambar Cara Mengobati Sariawan, Kotoran Mata Dan Mata Juling Pada Bayi


Infeksi jamur ini dapat juga mengenai puting payudara ibu jika ibu tidak teliti merawat kebersihan dirinya. Terkadang infeksi ini menyerang bayi yang sudah dirawat dengan sangat teliti. Dan jika bayi anda terserang sariawan, segera bawa bayi anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Jika anda belum sempat membawa bayi anda ke dokter, anda dapat menolongnya dengan cara memberinya minum air sebanyak 50 cc atau membersihkan mulutnya dengan sehelai kain kasa yang basah dan membiarkan bayi menghisap kain kasa yang basah itu.

Cara tersebut membantu membersihkan mulut bayi dari sisa-sisa susu, sehingga tidak memberikan kesempatan untuk jamur dapat tumbuh di dalam mulut bayi anda. Terkadang warna gusi menjadi terlihat putih, dan setiap ibu menyangka bahwa bayinya menderita sariawan, padahal sebenarnya itu akibat gigi graham bayi akan tumbuh.

Kista di gusi : beberapa bayi mempunyai kista, yaitu semacam gelembung berisi cairan yang berwarna seperti mutiara sebanyak 1-2 buah di bagian ujung gusi. Kista itu tampak seperti gigi, tetapi pada saat disentuh, kista itu akan terasa lebih bulat dan lebih lunak serta tidaj berdenting jika disentuh dengan sendok. kista akan hilang sendiri dan tidak memerlukan pertolongan dari dokter.

Cara Mengatasi Kotoran Mata Pada Bayi

Beberapa hari setelah dilahirkan, beberapa bayi sering mendapat sedikit peradangan di daerah matanya. Penyebabnya mungkin obat uang diteteskan ke mata pada waktu bayi dilahirkan yang berguna untuk mencegah infeksi mata dan mencegah kuman-kuman yang secara kebetulan ada di jalan lahirnya.

Jika sewaktu-waktu sesudah itu bayi mendapatkan lagi peradangan di mata, sehingga bagian mata yang putih menjadi kemerahan atau menjadi terlihat pink, maka anda harus membawanya ke dokter untuk memastikan apakah radang tersebut berbahaya atau tidak untuk bayi anda.

Ada sejenis infeksi mata yang tampaknya ringan tetapi kronis dan biasanya terjadi hilang dan timbul serta sulit untuk sembuh. dan biasanya menyerang kelopak mata dan hanya mengenai satu mata saja. Pada hari-hari dimana angin bertiup kencang, mata bayi akan terus menerus berair dan mengeluarkan kotorannya. Kotorannya akan terkumpul di sudut mata dan berwarna putih. Terkadang kotoran sangat banyak dan melekat ke kelopak mata dengan akibat mata bayi menjadi sulit untuk dibuka.

Kotoran mata yang banyak dapat juga diakibatkan karena ada penyumbatan dari saluran air mata yang mulai di sudut sebelah kanan mata menuju ke hidung. Jika saluran ini tersumbat, maka air mata yang dialirkan disitu akan terhambat. Sedangkan pembentukannya berlangsung secara terus-menerus, sehingga air mata terpaksa mengalir ke pipi.

Mata bayi yang kurang dibersihkan oleh air mata akan lebih mudah terserang infeksi. dan infeksi tersebut biasanya menyerang kelopak mata. Kelainan mata ringan tidak akan menyebabkan kerusakan mata pada bayi, tetapi lebih baik juga memeriksakan mata bayi anda ke dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Kelopak mata yang direkat oleh kotoran mata dapat dibersihkan dengan cara mengompres kelopak mata bayi dengan sehelai kain kasa yang dicelupkan ke dalam air matang. Pada umumnya infeksi kelopak mata tidak akan menjalar ke dalam bola mata.

Cara Mengatasi Mata Yang Juling Pada Bayi

Pada bulan-bulan pertama hampir semua bayi kadang tampak juling. bersamaan dengan semakin besarnya bayi tumbuh, gejala-gejala juling itu akan berkurang dan akhirnya menghilang. Tetapi pada beberapa bayi mungkin ada sedikit gangguan pada saraf-saraf yang mengatur gerakan bola mata sehingga juling tidak mau menghilang.

Pada bayi-bayi ini anda harus memperhatikan apakah mata juling terus-menerus atau terlalu sering tampak pada mata bayi anda, jika demikian bawa segera bayi anda ke dokter untuk konsultasi.

Terkadang orangtua mengeluh bahwa mata bayi juling, padahal pada pemeriksaan dokter tidak menemukan kelainan apapun, sebenarnya bayi itu tidak juling, tetapi keadaan ini timbul karena kulit disekitar pangkal hidung bayi lebih lebar daripada kulit disekitar pangkal hidung orang dewasa, sehingga bagian mata yang putih di bagian dekat hidung tampak lebih sempit dari dibagian dekat pelipis bayi.

Selain itu, bayi jika melihat benda yang dipegangnya akan memusatkan matanya ke arah benda itu sehingga memberi kesan juling pada orang yang melihat. Tangan bayi masih sangat pendek sehingga mata tampak juling karena dipusatkan secara ekstrim.

Kesulitan yang sering ditemukan pada bayi-bayi yang benar-benar juling adalah jika bayi melihat dobel. Ini karena kerja sama mata yang kurang baik dan reaksi konvergensi mata tidak searah, dan akibatnya masing-masing mata melihat obyek dari sudut yang berbeda.

Pada mata normal, gambar yang dilihat mata kiri bayi akan menyambung dengan gambar yang dilihat oleh mata kanan, sehingga tampak hanya 1 benda dengan bentuk yang utuh. Penglihatan ganda ini tentu sangat mengganggu bayi. Dan secara otomatis mereka belajar mengabaikan dan menekan penglihatan dari salah satu mata.

Secara perlahan, bayi akan membuat mata yang satu tidak berfungsi lagi atau buta (secara psikologis). Mata yang dibuat buta ini, tidak akan dapat berfungsi lagi jika dibiarkan selama bertahun-tahun. Mata itu akan tidak mampu lagi melihat sesuatu, walaupun tidak ada kerusakan apapun.

Dokter mata yang menemukan mata yang malas bekerja ini akan berusaha untuk melatih mata ini agar dapat melihat lagi, dengan cara menutup mata yang sehat selama beberapa lama, selanjutnya untuk mengoreksi mata itu juling atau tidak, maka dokter akan memberikan kacamata. Kemudian dokter mungkin akan mempertimbangkan apakah perlu dilakukan koreksi dengan cara operasi atau tidak.

Jangan menggantungkan mainan bayi tepat diatas hidungnya, letakkanlah mainan itu dengan posisi bayi yang baik untuk matanya, sehingga bayi masih dapat menjangkaunya, tetapi jangan menaruh tepat diatas hidung bayi.

Penutup

Ada beberapa bayi yang dilahirkan dengan salah satu kelopak mata lebih rendah posisinya dari kelopak mata yang lain, atau salah satu mata bayi lebih kecil. pada umumnya perbedaan ini akan semakin berkurang setelah bayi tumbuh lebih besar, yang penting adalah melihat pergerakan mata bayi, apakah mata bayi anda seimbang atau tidak dalam pergerakannya.

Baca Juga 7 Alasan Kenapa Anak Sering Menangis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel