Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat

klinikabar.com, Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat - Pernahkah anda merasakan sakit kepala yang hebat secara tiba-tiba? Kini sudah banyak korban dari penyakit satu ini (sakit kepala). dan seharusnya kita sudah mengetahui asal mulanya atau akibat dari sakit kepala.

Sakit Kepala Dan Migrain

Besar kemungkinan lebih banyak orang yang menelan aspirin, minuman-minuman yang mengandung alkali dan pel-pel yang menghilangkan sakit kepala dan itu lebih dari yang kita sangka. Setidaknya toko obat setiap hari dikunjungi oleh penderita-penderita dalam mencoba mencari kesembuhan. hampir selamanya kita melihat disana orang yang mau membeli obat sakit kepala dan obat lainnya.

Gambar Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat


3 Penyebab Sakit Kepala

Sangat menarik perhatian para ahli untuk meneliti tentang penyakit sakit kepala ini, salah seorang diantara ahli gizi yang terkemuka di Amerika Serikat, Dr. W.H. Sebrell Jr., dan ia adalah Direktur dari National Institutes of Health, telah menyatakan pendapat bahwa sakit kepala semacam ini telah disebabkan oleh glukosa darah yang rendah.

Sarapan yang ditinggalkan itu, ketegangan saraf ketika beraktifitas, makanan siang yang terlalu sedikit, semuanya adalah penyebab sakit kepala itu. Kenapa sarapan yang ditinggalkan dan makan siang yang sedikit bisa menjadi penyebab sakit kepala? Karena jika anda tidak mempunyai cukup makanan di dalam perut yang mana makanan tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan gula yang diperlukan oleh badan anda.

1. Akibat Kekurangan Glukosa

Jika tubuh kita kekurangan glukosa maka anda akan mengalami gangguan saraf, kepala menjadi pusing, dan badan menjadi lemas dan penat. Dan pernahkan anda merasakan seperti itu ketika sedang beraktivitas. Tentu ada faktor yang lainnya yang turut memegang kendali atas sakit kepala yang diderita. ketika anda sibuk itu anda tidak memperhatikan bahwa dalam beraktivitas tubuh anda sudah mengalami kekeringan.

Jika kita lalai dalam mengambil minum cukup air. maka khususnya para wanita yang sering hanya minum sedikit saja, maka lihatlah bibir anda akan terlihat kering. Semakin sibuk kita bekerja, maka makin perlu kita untuk minum air lebih banyak. sungguh sangat menyedihkan, ketika sangat sibuk itulah kita sering melupakan untuk mengambil minum air putih.

Hawa udara yang kotor di kota pun dapat menymbang terjadinya sakit kepala yang kita rasakan. jika kita ada di dalam ruangan-ruangan yang berdesakan hingga suhu udara di sekitar menjadi sangat panas dan berdebu seperti dalam ruangan yang sempit, yang mana ventilasi ruangan tidak bagus mungkin sekali kita akan menderita karena kekurangan oxygen dan kekurangan oxygen adalah salah satu penyebab sakit kepala tersebut.

Tetapi saraf yang tegang, yang disebabkan oleh segudang aktivitas yang padat, mungkin pula menjadi penyebab sakit kepala, lebih baik anda mengambil makan dengan kenyang dan beristirahat sebentar ketika tiba waktunya makan siang. Banyaknya aktivitas yang anda lakukan membuat pembuluh-pembuluh darah dalam tubuh anda menjadi sempit, dan akhirnya menimbulkan sakit kepala. Oleh sebab itu, lakukanlah aktivitas sewajarnya dan lakukan aktivitas dengan tenang dan senang.

2. Akibat Gangguan Jiwa

Wanita yang sering mengalami migrain berisiko terkena depresi, demikian hasil riset terbaru berdasarkan data kesehatan selama 14 tahun. Begitu pula para pengguna internet yang setiap harinya duduk dengan tekun menggunakan internet. lalu apa hubungannya ? Ahli riset di Universitas Of California, Los Angles ( UCLA ) telah melakukan penelitian terhadap 36.000 wanita yang menderita migrain dari beberapa tahun lalu atau hingga kini masih terus mengalaminya. Mereka berada pada 36 persen resiko tertinggi terkena depresi.

Selama 14 tahun penelitian, gangguan mental lebih banyak terjadi pada wanita yang sering migrain, dibandingkan mereka yang jarang terkena migrain. Peneliti juga menemukan 6.500 wanita yang masih mengalami migrain berada pada risiko tertinggi mengalami depresi.

Peneliti Dr.Tobias Kurth, seseorang epidemiologi di brigham dan Woman's Hospital di Boston, mengatakan bahwa wanita yang memiliki migrain tidak boleh berasumsi mereka akan mengalami depresi, tetapi mereka harus menyadari penyebab yang bisa memicu serangan depresi tersebut. Migrain biasanya terjadi selama 4 hingga 72 jam yang disertai rasa nyeri berdenyut di kepala, mual, muntah dan sensitif dengan suara dan cahaya. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukan wanita dengan migrain kronis lebih dari 15 kali dalam sebulan, maka beresiko empat kali lipat lebih mudah mengalami depresi.

3. Akibat Internet

Penggunaan internet termasuk media sosial bisa menyebabkan gangguan jiwa yang serius bila digunakan sebagai sarana mengisolasi diri. Contoh kasus gangguan jiwa akibat penggunaan internet yang negative mulai muncul di beberapa negara. Banyak orang secara tidak sadar bahwa lama-kelamaan ia menutup diri terhadap komunitas sosial, bisa karena kecanduan browsing atau sebagai pelarian dari masalah-masalah yang berhubungan dengan kepribadiannya.

Banyaknya media sosial yang sering kali menjadi jalan keluar untuk orang yang kurang pergaulan di dunia nyata, saat menggunakan internet, dia menampilkan kepribadian yang berbeda dengan kesehariannya, hal tersebut yang mengakibatkan dirinya semakin jauh dengan kenyataan sosial yang ada, bahkan tidak bisa menerima diri dengan apa adanya. Dalam pergaulan internet, dia bisa seenaknya menghapus teman bila ia merasa tidak nyaman atau tidak suka, berbeda dengan dunia nyata, yaitu ada semacam pertanggungjawaban atas perbuatan yang dia lakukan.

Tidak hanya jaringan media sosial media, internet juga semakin mempermudah akses pornografi yang bisa mengakibatkan perilaku seks menyimpang, internet semakin mempermudah seseorang untuk memperoleh informasi dan berdiskusi mengenai perilaku seks menyimpang.

Apalagi sekarang makin marak game online melalui internet juga menyebabkan adanya kecenderungan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu sendirian di depan komputer daripada ia berinteraksi dengan sesama manusia, berdasarkan penelitian, lima jam setelah offline, kondisi otak manusia yang melakukan game online dalam kurun waktu lama, masih tetap online terhadap game tersebut. Dan jika dilihat dari sudut pandang psikologi, harus ada penguatan terhadap individu tersebut, salah satunya dengan memberikan suatu kemampuan individu yang bisa berpikir kritis dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi.

3 Cara Mengatasi Dan Menghindari Sakit Kepala Secara Cepat

1. Mulailah Dengan Baik

Bangun agak pagi jika anda hendak pergi beraktivitas sehingga anda dapat mengambil sarapan dengan cukup, jika mungkin, anda dapat mengambil menu sarapan dengan air jeruk, susu, telur, nasi dari beras tumbuk, dan buah-buahan. Protein dalam susu, telur dan beras tumbuk itu akan mengambil sedikit waktu untuk dicerna, sehingga akan memelihara tenaga untuk mendukung anda melakukan aktivitas sepanjang hari. Dan yang demikian tidak akan anda dapatkan dari sepotong roti dan secangkir kopi, karena minum kopi dalam keadaan perut kosong adalah hal yang sangat berbahaya.

Dengan makanan yang begitu sedikit, anda pasti akan merasa lelah dan kekurangan tenaga pada sekitar jam sepuluh. Makanan pagi dengan porsi agak banyak akan menjaga glukosa dalam darah anda tidak begitu cepat habis dengan demikian anda dapat terhindar dari sakit kepala. Dan jangan anda salah dalam berpikir tentang sarapan akan membuat anda menjadi gemuk seperti tong. Tentu tidak akan terjadi begitu, anda akan membakar lemak anda dengan cepat dalam kegiatan dan aktivitas anda di hari itu. Secara sepintas, makan malam yang berlebihan itulah yang membuat anda ngantuk dan tidur setelah selesai makan malam yang membuat badan anda seperti tong.

2. Minum Banyak Air Dapat Hilangkan Sakit Kepala

Sebelum anda meninggalkan rumah, minumlah satu atau dua gelas air, ini ditambah dengan air jeruk dan minum susu di saat jam makan pagi, dan itu akan menyiram tubuh anda, dan menolong anda dalam menjauhkan sakit kepala itu. Sementara jika anda tinggal di kota, maka cari tempat yang sejuk dan minum air sebanyak-banyaknya, ingat, anda harus minum minimal satu gelas sekali minum. Dan hindarkan teh, kopi, minuman bersoda, karena minuman tersebut tidak menambah air ke dalam tubuh anda, malah sebaliknya, minuman tersebut akan membuat tubuh anda mengalami kekeringan cairan.

Karena bahan-bahan perangsang ini semuanya berisi caffeine, yang membuat ginjal anda harus mengeluarkan banyak air, maka anda sebaiknya anda menghindarkan minuman tersebut dan menggantinya dengan minuman sari buah atau minum air mineral.

Meskipun memang benar anda minum secangkir air yang ditambah kopi atau teh, tapi tubuh anda akan mengeluarkannya semangkuk air melalui air kencing karena caffein yang di dalam kopi tersebut telah membuat ginjal harus bekerja keras dalam membuang racun dalam tubuh anda. Caffeine juga menghabiskan persediaan glukosa dalam darah, dan menghabiskan persediaan glukosa dalam hati. inilah sebabnya anda mungkin merasa segar sementara setelah meminum secangkir kopi, tapi anda akan tahu dari pengalaman bahwa tidak lama kemudian anda akan merasa lemas lagi setelah minum secangkir kopi.

Baca Juga Fakta Dibalik Kopi Yang Menakutkan

3. Ambil Nafas Panjang Untuk Meredakan Sakit Kepala

Hawa udara di kota keadaannya jelek, kadar oxigennya sangat sedikit, dan penuh dengan kabut, asap dan debu. Pada setiap tikungan jalan yang ramai, dimana kendaraan banyak. hawa udara penuh dengan carbon monoxide, begitu banyak.

Itulah kenapa polisi-polisi di kota tidak boleh bekerja atau berjaga di tikungan jalan lebih dari beberapa minggu, jika tidak begitu, tentu saja polisi-polisi tersebut akan menjadi korban racun carbon monoxida tersebut yang dikeluarkan oleh cerobong-cerobong asap mobil. Anda bisa jadi korban karena racun carbon monoxida ketika di kota, dan sebagian daripada sakit kepala anda itu mungkin inilah salah satu penyebabnya dan anda menjadi merasa lemas mungkin disebabkan oleh racun carbon monoxida.

Kesimpulan

Agar anda dapat mencegah dan mengobati sakit kepala, Maka jika di kota tersebut terdapat suatu taman, lebih baik anda duduk sejenak di taman yang memiliki hawa udara segar dan bersih, dan cobalah mengambil nafas panjang dan dalam untuk mengambil hawa udara bersih untuk membersihkan paru-paru anda. Bersihkan sampah-sampah yang penuh gas itu, seperti asap carbon-carbon dioxide dan carbon monoxide yang datang dari knalpot kendaraan itu, dan gantilah itu dengan oxygen yang segar, maka anda akan merasa lebih senang dan tenang dan tentu saja anda akan merasa memiliki otak yang jernih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel