3 Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini Menjadi Cerdas

klinikabar.com, Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini  - Ketika kita mendidik anak perempuan dan mengajarkan arti cantik dan kecerdasan yang sesungguhnya pada anak sejak dini. Demi buah hati kita tidak lemah berhadapan dengan lingkungannya kelak. Kita mungkin sudah paham bahwa yang disebut "cantik" itu tidak hanya kecantikan bentuk fisik luar saja. Karena kecantikan juga berbicara mengenai inner beauty atau keindahan dari dalam diri. Oleh sebab itu kita harus mendidik anak perempuan kita.

Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini


Gambar 3 Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini Menjadi Cerdas


Lalu, bagaimana cara mendidik anak perempuan sejak dini agar memiliki kepribadian baik? Karena anak-anak tidak sepintar kita. Karena memang, tidak mudah berbicara mengenai keindahan hati kepada anak-anak, mengingat inner beauty atau kecantikan tersebut merupakan sesuatu yang abstrak. Butuh skill dan banyak waktu untuk mengajari anak perempuan tentang pentingnya keindahan dari dalam diri.

Kesulitan mendidik anak perempuan ini sering kali dirasakan para orang tua, karena anak-anak masih berpikir konkret, berbeda dengan orang dewasa yang sudah mampu berpikir abstrak. Anak-anak lebih mudah menerima hal yang berbentuk visual. Sehingga ketika mendidik anak perempuan tentang makna cantik, yang paling mudah adalah dengan mengatakan segala hal yang indah dipandang oleh mata. Lalu bagaimana cara yang mudah untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang kecantikan hati itu?

3 Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini Menjadi Cerdas

1. Orang Tua Menjadi Contoh

Salah satu cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk mengajarkan sesuatu yang abstrak adalah dengan memberikan contoh. Anak-anak melihat apa yang orang tuanya lakukan, anak perempuan akan menirunya. Mengajarkan kejujuran, sopan santun, berkata lemah lembut, mengucapkan tiga kata (tolong, terimakasih, maaf) kepada anak perempuan, merupakan salah satu cara orang tua untuk mendidik anak perempuan bagaimana memiliki hati yang baik dan karakter yang baik. 

Ketika anak perempuan berhasil melakukan hal-hal tersebut, orang tua bisa memujinya dengan kata "cantik" Sehingga anak akan menyimpulkan bahwa perilaku yang baik pun adalah sesuatu yang cantik, dan tidak hanya itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang mendidik anak perempuan kita dengan inner beauty.

2. Menciptakan Karakter Yang Kuat Pada Anak

Pemahaman konsep saja tidak cukup agar inner beauty atau kecantikan jiwa dan raga bisa tertanam di dalam diri anak perempuan. Anak perempuan harus mempunyai self esteem atau harga diri yang meyakini dirinya sendiri bahwa dia cantik dengan keindahan dari dalam dirinya. Akan tetapi, harga diri ini juga dipengaruhi oleh lingkungan, yang mana masih memandang kecantikan secara subjektif dengan kecantikan lahiriah, sebagai orang tua kita wajib menciptakan karakter kuat tentang kepercayaan diri pada anak agar anak tidak merasa harga dirinya rendah.


Banyak yang mengatakan, memiliki kulit putih itu lebih cantik daripada anak yang memiliki kulit hitam manis. Jika tidak memiliki karakter yang kuat,anak yang merasa bahwa dia memiliki kulit yang coklat dan rambut keriting, dan badannya yang gendut, akan merasa minder atau bahkan takut di-bully oleh teman-temannya. Karena itu, akan lebih baik jika kita mendidik anak perempuan sejak dini dengan cara orang tua memberikan dasar karakter yang kuat kepada anak untuk bisa berhadapan dengan lingkungan dan masyarakat.

Mendidik anak perempuan bisa dengan cara memberikan pengertian bahwa kecantikan fisik bukan segalanya, sehingga anak pun bisa meyakini dirinya sendiri bahwa dia berharga. Dengan menghargai dirinya sendiri, maka anak akan menghargai lingkungannya. Yang paling penting adalah pembentukan karakter, jika dari dasar itu tidak kuat,maka akan membuat anak menjadi lemah ketika dihadapkan dengan lingkungannya.

3. Selalu Hati-hati Dan Seimbang Dalam Mendidik Anak Perempuan

Sikap dan kepribadian anak secara tidak langsung dipengaruhi oleh segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan orang tua. Oleh karena itu orang tua pun harus ekstra hati-hati. jangan sampai terlalu berlebihan dan memaksakan, karena akan masih memiliki kemampuan yang masih terbatas, belum bisa merespons banyak hal. Jika terus dijejali rangsangan bisa-bisa anak malah overstimulasi

Salah satu akibat dari Overstimulasi adalah anak menjadi sulit atau tidak kooperatif dan membangkang. Kalau orang tua terlalu memaksakan dan menuntut anaknya memiliki inner beauty, bisa-bisa anak menjadi overstimulasi. Akan lebih baik jika orang tua mencontohkan dan mendidik anak perempuan secukupnya saja namun seimbang.

Penutup

Dalam mendidik anak perempuan, kebanyakan para orang tua mendidik anak perempuan itu hanya sebatas penampilan fisik. Namun, dari sekarang coba anda anda mengajarkan tentang inner beauty pada anak perempuan sejak dini, karena anak perempuan sering hanya memperhatikan penampilan fisiknya dan ternyata penampilan fisik bukanlah segalanya. Sebagai orang tua, tetap harus mendidik anak perempuan anda tentang kebersihan dan kerapihan serta cara untuk merawat dirinya sendiri. Dan dalam porsi yang seimbang, kita menularkan kepada anak perempuan kita bahwa inner beauty atau kecantikan akan semakin terpancar jika diiringi dengan kecantikan dari luar dan dalam diri seseorang. Apakah anda sekarang sudah siap untuk bisa mendidik anak perempuan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel