4 Cara Meningkatkan Karier Agar Semakin Bersinar

klinikabar.com, Cara Meningkatkan Karier Agar Semakin Bersinar - Meningkatkan Karier agar semakin bersinar adalah dambaan setiap orang yang ingin terus sukses dan mencapai puncak karier-nya. Diantara sekian harapan tentang masa depan, mendapatkan kenaikan gaji adalah harapan yang menempati urutan paling populer menurut hasil polling yang dilansir oleh situs-situs bisnis besar. Memang tidak ada yang tidak suka dengan kenaikan gaji!

Meningkatkan Karier Agar Semakin Sukses


Gambar 4 Cara Meningkatkan Karier Agar Semakin Bersinar


Meningkatkan karier selalu diiringi dengan meningkatnya skill, resolusi terkait dengan oengembangan skill, kesempatan promosi, melakukan perubahan karier, mendapatkan pekerjaan baru dan membangun jejaring. Ke enam resolusi itu adalah faktor utama untuk meningkatkan karier anda.

Lalu Bagaimana caranya meningkatkan karier agar karier kita semakin bersinar? Biasanya momen akhir tahun adalah momen yang pas untuk merencanakan perjalanan karier anda selanjutnya. Disini akan diberikan bagaimana cara anda meningkatkan karier hingga sukses mencapai puncak karier jika anda menyimak 4 hal ini yang akan memandu anda.

4 Cara Meningkatkan Karier Agar Semakin Bersinar

1. Membaca Tren

Buka mata anda dan telinga lebar-lebar untuk mengetahui perkembangan dunia. Perbanyak "piknik" agar wawasan anda semakin luas. Cari tahu perubahan apa yang tengah berlangsung saat ini, baik itu perubahan di dalam bidang politik, bidang ekonomi, bidang sosial serta di bidang teknologi, karena semua aspek tersebut memiliki keterkaitan dalam melahirkan tren dan kebijakan, termasuk di dunia usaha dan bisnis. Bagaimana kira-kira dampaknya terhadap perusahaan tempat anda bekerja? Apa pengaruhnya terhadap perkembangan karier anda sendiri? Memang terdengarnya sangat serius, namun anda harap santai saja!

Informasi tentang semua perkembangan tadi bisa dengan mudah kita dapatkan dari diskusi santai sambil ngopi bersama teman atau rekan kantor, mendengarkan talk show di radio atau di televisi, membaca buku ataupun koran. Kita juga bisa hadir di seminar-seminar populer yang kini banyak digelar di tempat-tempat kasual seperti mal atau event-event seperti yang sering diselenggarakan oleh lembaga-lembaga profesi. Asalkan kita mau terbuka untuk menyerap pengetahuan baru dan terbiasa membaca situasi, kita akan peka membaca tren dan melihat peluang karier serta bersiap diri menjemputnya.

2. Review Performa

Lakukan evaluasi terhadap performa pribadi. Apa yang menjadi keunggulan, kelemahan dan pencapaian apa saja yang patut dicatat, sehingga anda bisa menggunakan resep yang sama menciptakan keberhasilan baru atau mencari alternatif cara untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa belum sesuai harapan.

Jangan lupa untuk mengidentifikasikan hal-hal yang berpotensi menghambat perkembangan karier anda sehingga anda bisa memasukkannya dalam daftar rencana pengembangan diri atau mencari cara untuk mengatasinya.

3. Rancang Peta

Kita sudah tahu gambaran besarnya. Apakah trennya dan bagaimana peta kekuatan kita saat ini. Pertanyaannya, bagaimana kita mengambil posisi dalam situasi ini? Buatlah rencana perjalanan karier untuk setahun kedepan. Perencanaan karier sendiri merupakan proses berkelanjutan yang terkait dengan ketertarikan, nilai-nilai keterampilan dan preferensi; proses eksplorasi atas pilihan kesempatan yang tersedia; serta proses meyakinkan diri bahwa bidang kerja yang kita geluti sesuai dengan pribadi kita.

Selain itu, perencanaan membantu kita mengelola perubahan-perubahan dalam dunia kerja dan kehidupan secara keseluruhan. Agar rencana mudah direalisasikan, pecahkan dalam target-target yang bisa dicapai. Misalnya, anda mengincar posisi lebih tinggi di perusahaan. Untuk itu diperlukan skill tertentu seperti kemampuan presentasi yang baik, kemampuan manajerial atau penggunaan bahasa asing tertentu. Buatlah daftar berdasarkan prioritas atau tingkat kepentingannya. Jangan lupa membuat timeline sehingga anda punya patokan waktu dan tertantang untuk mewujudkan rencana sesuai tenggang waktu.

4. Wujudkan Impian Anda

Rencana hanya tinggal rencana bila kita tidak sungguh-sungguh ingin mewujudkannya. Anggaplah perencanaan karier seperti anda merencanakan perjalanan liburan. Anda bercita-cita untuk pergi liburan ke Jepang. Untuk anda tentu perlu menghitung biaya, mengatur jadwal cuti, membuat itinerary, mengurus visa dan persiapan lainnya. Anda perlu modal.

Penutup

Seiring dengan impian anda untuk meningkatkan karier agar semakin bersinar, anda harus benar-benar menjalankan langkah-langkah yang telah diberitahukan di atas. Alhasil mimpi anda untuk meningkatkan karier pun terwujud dengan mulus. Selamat bila anda berhasil mewujudkannya. Bila anda belum bisa mewujudkannya atau tertunda atau tidak sama sekali, pasti anda akan sedih bukan? Tapi pastikan kali ini anda sungguh-sungguh mengupayakannya demi meningkatkan karier anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel