11 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan Dalam Sebulan

Klinikabar.com, Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan Dalam Sebulan - Diet sehat disertai bentuk tubuh yang ideal, menjadi paket sempurna untuk Anda dapat mendapatkannya, tentu kita perlu usaha untuk mendapatkan cara diet sehat yang baik dan benar. Melihat siluet tubuh sudah tidak ramping seperti dulu, dapat membuat anda stres. Sepertinya "keagungan masa lampau" habis terputus begitu anda melihat perut yang keluar dari "orbit", maupun bagian lengan dan paha menggelambir.

Cara Diet Sehat Sempurna Menjadi Pilihan Tepat


Gambar Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan Dalam Sebulan


Cara  diet sehat bertujuan untuk memiliki berat badan yang ideal, serta proposional dengan tinggi badan, disarankan untuk Anda mencobanya mengkonsumsi makanan bergizi. Pilihan diet kini semakin banyak diminati, karena tidak hanya mendukung kebugaran, tetapi membuat Anda lebih percaya diri saat berpenampilan, dan lebih gesit ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah: Apakah anda telah menempuh cara diet sehat dengan benar untuk mencapainya?

Diet Lebih Teratur Akan Menurunkan Berat Badan

Banyak kejadian salah kaprah saat Anda memutuskan ingin menjalani diet ketat demi merampingkan tubuh. Bila tidak dijalani dengan tepat, pola diet seperti ini memang berhasil memangkas habis konsumsi karbohidrat, sehingga bobot dari berat tubuh pun berkurang dengan cepat. Namun, jika dijalani dengan tidak tepat, pola diet seperti ini bisa mengancam kesehatan Anda, dan mengganggu metabolisme di dalam tubuh. Tingginya asupan protein dapat memberatkan fungsi lambung, hati dan juga ginjal. Sebab ketiga organ tubuh tersebut harus bekerja keras menetralisirnya. Bahayanya, keseimbangan vitamin dan mineral jika terganggu dan berujung pada ancaman sakit.

3 Tips Makan Sehat Untuk Diet Sehat

Di saat yang sama, anda tidak akan pernah tahu sebenarnya kualitas gizi dari makanan yang dikonsumsi. Apakah ada pemanis buatan, bahan kimia berbahaya, kadar gula atau lemak yang tinggi? Menurut Lylian Le Goff, dokter sekaligus Environmentalist serta Laurence Salomon, seorang Chef plus Naturopath, hal ini terjadi karena kita telah dikondisikan untuk mengkonsumsi makanan berlemak, kadar gula tinggi, makanan beku, dan berbahan dasar daging tinggi, yang mana semua itu cukup diterapkan dalam kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, segar, dan bervariasi.

1. Utamakan Sayur Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan

Anda dapat memperkirakan kurang lebih proporsi sayuran 50%, dari setiap hidangan dan batasi konsumsi daging. Anda dapat menggantinya dengan produk daging kualitas premium, yang paling tidak dapat dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu, dan sangat cocok dalam program diet, serta baik untuk kesehatan tubuh.


2. Pilihlah Menu Lengkap Saat Melakukan Program Diet

Gantilah menu makan Anda saat melakukan program diet, dengan sesuatu yang lebih sehat. Seperti menukar roti putih dengan roti gandum, pasta diganti dengan nasi berserat tinggi, serta ganti gula pasir dengan menggunakan gula merah. Hal ini akan menghasilkan tubuh yang ideal, dengan cara diet sehat yang teratur.

3. Rajin Makan Sayuran Dan Buah Segar Musiman

Untuk memberikan cita rasa terbaru, maka perbaharui pola makan Anda yang cenderung sama dari waktu ke waktu. Misalnya saat musim mangga, coba berkreasi dengan aneka resep mangga. Selain dapat dimakan langsung, bisa memadukan-nya dengan sayuran lain atau menjadikannya salad, agar dapat melakukan program diet dengan sempurna.

Berlatih Badan Untuk Tubuh Ideal Saat Diet

Selain mengatur pola makan, olahraga adalah faktor yang sangat menentukan kesehatan. Apalagi bila dilakukan secara rutin, bentuk tubuh ideal pun dapat tercipta saat Anda sedang diet nanti. Sayangnya, banyak orang berpikir, bahwa olahraga paling efektif adalah olahraga yang mereka gemari. Jika sedang giat-giatnya melakukan aktivitas favorit, bisa tidak terhitung berapa kali anda mempraktekkannya secara rutin. Tetapi, apakah bentuk tubuh ideal sudah didapatkan saat diet sehat? Belum tentu! Simak empat poin penuturan Matthieu Le Corre, seorang pelatih sport health asal Prancis tentang penyesuaian olahraga dengan kebutuhan anda.

4 Point Penyesuaian Olahraga Untuk Diet Sehat

1. Seluruh aktivitas olahraga tidak akan menghasilkan otot-otot yang sama, memang tidak semuanya termasuk latihan kardio, sebagai sebuah olahraga "bakar lemak" yang populer. Sering kali yang terjadi sebagian besar orang mengikuti kata hati, tanpa ada pengawasan seorang ahli. Bahkan banyak dilakukan tanpa adanya korelasi dengan bentuk tubuh yang anda tuju. Maka seperti kata pelatih profesional, "Ketika kita ingin melangsingkan tubuh, seharusnya dibarengi dengan latihan tertentu di beberapa bagian tubuh yang ingin dibentuk. Viola tubuh ideal segera terbentuk.

2. Begitu memutuskan disiplin olahraga yang nyaman, langsung lakukanlah. "Ketika kita mempunyai jadwal rutin berolahraga, yang kita pertimbangkan adalah seperti saat menganalisa keuangan. Yang anda perlukan jadwal olahraga yang cukup leluasa untuk berlatih. Setelah itu, pastikan anda menganalisa kembali bentuk tubuh secara benar. Bila yang anda inginkan adalah pembentukan otot tubuh, mau tidak mau anda perlu usaha lebih keras untuk menggerakkan tubuh dibanding hanya sekedar menjaga pola hidup sehat.

3. Jangan lakukan olahraga secara berlebihan setiap hari. Saran le Corre adalah lakukan secara rutin dan tepat sasaran. Beri waktu bagi tubuh untuk dapat terbiasa pada praktik olahraga yang baru selama empat kali sesi awal. Kemudian, berilah kesempatan perkenalan pada tubuh di pertemuan pertama, menikmati sensasi-sensasinya di sesi kedau, lebih sedikit keras di sesi ketiga, dan lakukan usaha keras di sesi ke empat. Jangan lupa untuk banyak minum air putih terutama selama latihan dan stretching.

Pada akhirnya semua usaha akan terbayar jika disertai dengan menu sehat. Biarpun mengerjakan latihan sebanyak tiga kali seminggu, ukuran jeans anda tidak akan berubah jika tetap memiliki kebiasaan makan banyak. Hal tersebut tentu malah memperburuk keadaan.

Walaupun sudah berlatih giat, kadang rasa malas menghampiri. Kembali lagi Mathieu Le Corre memberikan tips nya untuk anda.

4 Tips Mengatasi Rasa Malas Olahraga Saat Diet Sehat

  1. Anda berpikir : "Saya akan berhenti saja keran di akhir hari ke-15, saya tidak melihat perubahan". Maka yang harus anda ingat adalah anda jauh lebih sehat, stres berkurang, hidup lebih dinamis. Segera tampilan tubuh ideal nanti akan terlihat. Percayalah!
  2. Anda berpikir : "Diet sehat itu sudah tidak penting" Yang harus anda lakukan adalah, langsung membawa tas olahraga ke kantor atau taruhlah di mobil anda. Jangan pernah berpikir untuk meletakkannya di rumah, sehingga anda harus repot untuk mengambilnya kembali.
  3. Anda berpikir : "Saya tidak semangat untuk berlatih untuk hari ini!" Yang harus anda lakukan adalah dengan mengajak sahabat anda untuk menemani setengah atau sesi penuh dengan melakukan aktivitas menyenangkan seperti 20 menit stretching atau bersepeda.
  4. Anda berpikir : "Saya melewati satu sesi ini, saya tertinggal!" Yang perlu dilakukan adalah mengikuti sesi lanjutan atau lakukan jalan cepat di treadmill begitu anda memiliki waktu luang untuk mengganti sesi latihan yang terlewatkan.

2 Jenis Olahraga Yang Membantu Diet Sehat Anda

Berbagai macam jenis kegiatan olahraga yang dapat membantu program diet sehat. Anda dapat mengikuti cara diet seperti ini, guna menadapatkan tubuh yang ideal, disamping itu kita akan dapat menjaga kesehatan secara alami dan natural bagi tubuh. Diantara olahraga yang cocok untuk program diet, antara lain ialah:

1. Cardio Boxing

Cardio Boxing bermanfaat untuk perut lebih rata, kenapa efektif? Karena membakar kalori dengan maksimal antara 500 hingga 800 kcal/jam. Membuat bentuk tubuh lebih kencang dalam satu bulan. Dalam dua bulan lingkar pinggang mengecil. Frekuensi yang disarankan adalah : dua atau tiga sesi selama 45-60 menit/minggu. Lalu bagaimana menjalankannya? Cobalah lakukan satu latihan  meninju, menendang dengan terus bergerak ke kana dan ke kiri. Rotasi dada dan latihan gerakan yang menopang pada kaki ini akan mendorong otot abdominal terdalam, yang menjangkau perut dan membentuk tubuh.

Kelebihan cardio boxing yaitu menyenangkan. Adanya semangat kompetisi dan termotivasi dengan irama musik yang punchy, serta membuat kekuatan daya tahan tubuh lebih lama. Bantuan tambahan : di hari-hari biasa, bergeraklah juga. hal ini membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dengan didukung pedometer, periksalah apakah anda sudah melangkah minimal 7.500 kali per hari? Atau naiklah ke lantai depan kantor anda dengan tangga.

2. Aqua Cycling

Aqua Cycling untuk membentuk betis agar ramping, ini sangat efektif karena olahraga ini membakar lemak kira-kira 500 kcal/45 menit, dua kali lebih efektif daripada berjalan dengan langkah biasa (300 kcal/jam). Manfaat olahraga ini untuk tubuh menjadi lebih sehat dan lingkar pinggang menjadi lebih kecil dalam waktu 8-12 minggu. Kulit akan tampak lebih bersinar di minggu ke-5, sementara paha ramping dan bokong tampak kencang di minggu ke delapan. 

Frekuensi yang disarankan untuk aqua cycling ini adalah dua atau tiga sesi 30-45 menit/minggu. Cara menjalankannya adalah kita akan mengayuh salam kolam dengan suhu 37 derajat Celcius diatas sepeda tanpa lintasan. Anda hanya tinggal mengikuti arahan instruktur untuk mengikuti ritme latihan. Olahraga ini sangat efektif untuk melatih fisik dimana otot-otot akan berpacu melawan arus air dan tubuh beradaptasi pada temperatur hangat. Lemak akan lebih mudah terbakar, peredaran darah akan lebih lancar.

Kelebihan dari aqua cycling ini adalah faktor air yang akan mengurangi efek stres karena melepaskan hormon serotonin serta melancarkan metabolisme. Bantuan tambahan adalah : Menu kaya serat dapat ditemukan di sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat menambah daya tahan air dan penyimpanan dalam tubuh.

Penutup

Diet Sehat Dan Berhasil Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Kita. Setelah pola makan dan olahraga sudah ditekuni, saatnya memanjakan diri anda dengan beragam pilihan perawatan dan produk favorit. Misalnya dengan pijatan yang dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan proses pergantian sel untuk penetrasi sempurna zat-zat nutrisi. Bahkan dengan teknik pijatan yang efektif, akan membantu menenangkan kulit. Untuk melakukannya, anda dapat memakai massage oil untuk mendapatkan gerakan sirkulasi maksimal, sekaligus membuat kulit tidak lekas kering.

Belum lagi manfaat aromaterapi yang bisa menenangkan anda, terutama bila anda stres pada tubuh. Selain tidak nyaman dengan badan sendiri, anda jadi sering dihinggapi rasa malas, dan enggan untuk melakukan olahraga selama masih mengalami stres. Apalagi jika akhirnya anda tidak dapat mengontrol makanan.

Kebiasaan dipijat ternyata juga sama penting untuk membentuk tubuh ideal. Bila masih merasa stres, jangan lupa meminta essential oil, dengan kualitas bagus tentunya, beraroma cedar, orange, dan lavender yang dapat menenangkan kaum perempuan dalam upaya diet sehat untuk tubuh ideal. Demikian klinikabar.com sampaikan, tentang 3 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan Dalam Sebulan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga Antara Badan Kurus Dan Badan Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel