Manfaat Bergosip Untuk Kesehatan Mental Dan Kesuksesan Karir

klinikabar.com, Manfaat Bergosip Untuk Kesehatan Mental Dan Kesuksesan Karir - Manfaat positif bergosip menurut psikologis dapat menyehatkan mental kita dan dapat pula mendongkrak karir, Anda hobby bergosip? Jangan khawatir, siapa bilang  gosip itu buruk semata? Bergosip boleh saja asal dilakukan dengan benar dan tepat. Justru bergosip dapat membawa anda menjadi lebih positif.

Manfaat Bergosip 


Gambar Manfaat Bergosip Untuk Kesehatan Mental Dan Kesuksesan Karir



Bergosip adalah cara untuk mempertahankan status sosial dan mempertahankan hubungan pertemanan. Menurut psikolog Frank McAndrew, seorang profesor di Knox College, Illinois, Amerika Serikat. "Dengan bergosip, kita mengenal siapa diri kita sendiri dan mengenal bagaimana posisi kita dalam lingkungan sosial."

Jika objek gosip adalah seorang dengan status sosial lebih tinggi dari kita, biasanya kita akan lebih tertarik mendengar hal-hal yang negatif tentang dia. Mengapa? Karena informasi yang negatif mengenai orang itu dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan status sosial kita di masyarakat, sekaligus menjatuhkan martabat orang itu. Tapi jika yang digosipkan adalah mengenai seseorang yang kita rendahkan, kita akan mendengar dengan cermat. Jangan-jangan orang itu lebih beruntung daripada kita.

Gosip juga bermanfaat untuk menegakkan standar moral di suatu komunitas. Bila dua orang memperbincangkan seseorang yang melakukan tindakan menyimpang, berarti telah menetapkan hal-hal yang pantas dan tabu di lingkungan mereka. "Kita semua harus memahami peraturan tidak tertulis yang berlaku di lingkungan sosial kita.

Menurut Kate Fox, seorang ahli antropologi sosial dari England's Social Issues Research Centre. Gosip tentang hal penting dapat membantu kita menetapkan, mendiskusikan, menyebarluaskan dan menaati peraturan-peraturan tidak tertulis itu. Kabar tidak menyenangkan tentang diri kita, dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi diri. Gosip dapat menjadi alat untuk kita membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain.

Manfaat bergosip

Fungsi gosip bahkan bisa lebih penting lagi, "Sebuah cara menyingkap kebenaran." Dengan bergosip kita dapat saling bertukar kebenaran yang kalau tidak dibicarakan tidak akan pernah terungkap selamanya. Gosip memberikan gambaran yang jelas bagaimana kehidupan manusia sesungguhnya.

Manfaat Gosip Untuk Mendongkrak Karir

Seperti kita ketahui sama-sama, ada aturan tidak tertulis bahwa gosip adalah kegiatan yang terlarang. Tapi yang namanya perempuan rasanya sulit sekali mengikuti peraturan ini. Sebenarnya, anda tidak usah bersumpah anti gosip, karena dengan cara yang tepat kegiatan ini bisa membantu laju karir. 

Penelitian menunjukkan bahwa topik utama gosip biasanya berkisar soal kehidupan pribadi, kisah pegawai yang baru dapat promosi, dipecat atau pendatang baru di kantor. Disini akan dibagikan 4 trik bergosip yang harus anda kuasai. Ini penting untuk kemajuan pribadi, lihai mencuri informasi yang patut disampaikan pada bos agar ia mau memberi nilai tambah untuk anda.

4 Trik Bergosip Yang Positif

1. Perluas Jaringan Dan Relasi

Gosip berharga yang dapat mengesankan bos tidak akan mendarat ke pangkuan anda begitu saja. Untuk mendapatkan informasi semacam ini anda harus mempertajam penglihatan, menjalin network dengan mereka yang bergelut dalam bidang yang sama dengan anda. Gosip bergerak lebih cepat dari pada pergerakan cahaya, untuk mendongkrak karir anda, anda harus menjadi bagian dari cahaya itu tadi. Sigap menangkap informasi terbaru dan terkini.

Sekarang bagaimana cara bertemu dengan orang-orang yang tepat dan menangkap berita yang diperlukan? Mengikuti konferensi atau seminar bisa jadi jalan yang paling mudah. Tidak peduli apapun topik seminar yang anda hadiri, yang penting gunakan kesempatan itu untuk menjaring relasi. Perhatikan dan dengarkan orang di sekeliling anda untuk memastikan siapa orang penting yang harus dikenal, berikan kartu nama dan berjanji lah untuk tetap saling komunikasi, kemudian follow-up dengan mengirim e-mail. 

Saat berbicara, jangan lupa menggunakan kalimat-kalimat seperti "jadi, ada berita baru apa di kantor? Ada perubahan?" Untuk mengetahui sedikit peristiwa yang sedang terjadi. Dan jangan lupa memberi informasi yang berharga kepadanya supaya terjalin hubungan take and give. Bersabarlah dalam mencari informasi, semakin sering anda berkomunikasi dengan orang maka akan semakin lihai dalam mendapatkan informasi.

2. Berikan Bos Berita Panas

Begitu anda berhasil mendapatkan gosip terbaru yang bermanfaat bagi bos anda, biasanya untuk selalu memberitahu bos informasi tersebut, misalnya saja peristiwa seputar industri dan perusahaan yang merger, perusahaan-perusahaan yang baru berdiri. Meskipun sebenarnya bos sudah tau akan hal itu, setidaknya langkah anda menunjukkan keseriusan diri dalam menjalankan pekerjaan dan keinginan besar agar bos mendapat keuntungan dari informasi yang anda berikan.

Setiap ada kesempatan gunakan kata "saya hanya ingin memastikan bahwa anda tahu tentang..." kemudian tunjukkan bukti autentik di koran yang dapat memperkuat cerita anda : Perlihatkan artikel koran yang memprofilkan Vice President baru di perusahaan X, ceritakan juga tren baru para konsumen yang bisa bermanfaat baginya.

Para ahli mengatakan, bahwa memberi informasi kepada atasan itu hal yang wajar saja. Satu hal yang dapat anda lakukan adalah membantu atasan anda memenangkan persaingan. Begitu atasan anda tahu bahwa anda termasuk pegawai yang berpengetahuan luas, dia akan mengajak anda menaiki tangga kesuksesan bersama.

3. Ubah Keluhan Jadi Ide Cemerlang

Sering mendengar keluh kesah di kantor mengenai promosi yang berakhir amburadul, pegawai baru yang tengil, atau sistem internet yang payah? Jangan lari ke bos hanya untuk mengadukan hal sepele seperti itu. Sebaliknya, cari solusi untuk memecahkan masalah tersebut, lalu sampaikan pada atasan anda tentang langkah apa yang akan anda lakukan.

Intinya? jangan suka mengeluh. Pihak pimpinan sangat tidak menyukai hal itu, pertajam insting, tingkatkan energi dan fokus pada pemecahan masalahnya. Kalaupun atasan anda tidak menghiraukan apa yang anda lakukan, ia akan tetap menyadari bahwa anda benar-benar ingin mengubah keadaan yang dapat mempermudah pekerjaannya. Keuntungannya? Ia akan mengikut sertakan anda dalam memecahkan masalah lain, dan anda akan menjadi tangan kanannya yang dapat dipercaya.

4. Jauhi Hal Negatif

Sekarang bagaimana dengan gosip asli, alias cerita buruk yang sangat digemari perempuan, Seperti kisah manager yang di selingkuhi oleh suaminya, atau gosip panas lainnya yang menggoda untuk diceritakan kepada orang lain. Terus terang, bahkan para ahli pun tidak pernah mampu melarang perempuan untuk menggosipkan hal-hal yang miring atau yang negatif: Gosip yang bersifat pribadi lebih cepat beredar kemana-mana dan mudah sekali sampai. Jadi, simpan dan kunci gosip itu di otak anda, beri tanda "boleh tau", tapi jangan sampai coba-coba memberitahu orang lain.

Penutup

Bila memang terpaksa menurut para ahli - anda boleh berkisah tentang masalah pribadi orang lain hanya bila menyangkut masalahnya dengan pekerjaan, misalnya tentang seorang pegawai yang mabuk saat berada di kantor hingga target pekerjaan tidak tercapai dengan baik, hal ini lah yang semestinya  anda sampaikan kepada bos anda, ingat tanggal dan waktunya kapan pegawai yang mabuk itu mabuk di tempat kerja. Maka atasan anda akan menyelidiki siapa orangnya tanpa harus anda sebut namanya.

Dengan lebih memfokuskan diri terhadap situasi di kantor, anda akan terhindar dari julukan "si pengadu" dan akan terhindar dari kekacauan yang lebih parah lagi. Ingatlah, bergosip boleh asal tetap profesional dalam memahami apa itu manfaat bergosip.

Baca Juga 8 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Tua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel