Apakah Antibiotik Itu Dan Manfaat Antibiotik

klinikabar.com, Apakah Antibiotik Itu Dan Manfaat Antibiotik, Antibiotik adalah zat kimia yang dihasilkan oleh mikro organisme hidup dan obat antibiotik ini yang dipakai untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi, serta berkhasiat untuk mematikan atau menghambat pertumbuhan bakteri atau virus. "Anti" berarti melawan dan "biotik" berarti hidup.

Manfaat Antibiotik Dalam Pengobatan


Gambar Apakah Antibiotik Itu Dan Manfaat Antibiotik


Antibiotik hanya digunakan untuk melawan bentuk kehidupan tertentu, yakni bakteri yang menyebabkan penyakit. Antibiotik itu sendiri adalah bahan-bahan yang dibuat dari benda-benda hidup yang seperti bakteri, cendawan, atau tanam-tanaman yang sedikit besar lainnya.

Berkembangnya pembuatan obat antibiotik ini dimulai dengan penemuan obat penisilin oleh Sir Alexander Fleming pada tahun 1928. Penemuan ini dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut oleh sarjana-sarjana lainnya. penyelidikan di bidang antibiotik lain terus saja berlangsung sampai sekarang ini.

Contoh-contoh tanah dari seluruh dunia diteliti untuk mengetahui apakah mereka mengandung cendawan yang bisa menghasilkan bahan-bahan yang berguna untuk melawan bakteri pembawa infeksi. Sebagai akibatnya sekarang ini sangat banyak dipakai obat antibiotik. Diantaranya terdapat penisilin, streptomisin, aureomycin, kloramfenikol, dan teramisin. Beberapa bahan antibiotik mempunyai daya kerja yang beracun terhadap jaringan tubuh manusia maupun terhadap bakteri penyebab penyakit itu.

Bagaimana sampai antibiotik itu bisa membasmi bakteri masih belum begitu jelas sepenuhnya untuk kita, diduga bahwa antibiotik itu mengakibatkan bakteri itu berhenti oleh bahan makanan yang biasa digunakannya, sehingga mematikan kelangsungan hidup dan perkembangannya.

Setiap jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri bisa disembuhkan dengan sempurna oleh obat antibiotik tertentu, tetapi ada pasien yang sangat peka atau mengidap alergi terhadap antibiotik tertentu. Karenanya pada orang semacam ini bisa timbul rasa gatal dan rash merah pada seluruh kulit tubuhnya, ia bisa menderita asma atau efek samping lainnya.

Sifat Antibiotik

Antibiotik memiliki sifat Bakteriostatik yaitu menghambat pertumbuhan mikroorganisme, dan Bakterisid yaitu membunuh mikroorganisme.

3 Spektrum Kerja Antibiotik

Spektrum kerja antibiotik dibagi menjadi 3 spektrum, yaitu :

1. Spektrum Sempit : yaitu sensitif terhadap mikroorganisme tunggal atau group mikroorganisme tertentu.
2. Spektrum Sedang : sensitif terhadap gram positif dan beberapa gram negatif atau sebaliknya.
3. Spektrum Luas : mempengaruhi spesies mikroba secara luas.

Penggolongan Antibiotik

Penggolongan antibiotik dibagi menjadi 2 golongan yaitu : berdasarkan mekanisme kerja dan berdasarkan struktur kimia.

Antibiotik Berdasarkan Mekanisme Kerja :
  1. Inhibitor metabolism
  2. Inhibitor sintesis dinding sel
  3. Inhibitor sintesis protein
  4. Inhibitor sintesis atau fungsi asam nukleat.

Antibiotik Berdasarkan Struktur Kimia :
  1. 𝝱-laktam
  2. Aminoglikosida


Penutup

Kadang-kadang antibiotik diberikan untuk jangka waktu yang panjang, ada juga antibiotik yang tidak diberikan untuk keperluan penyembuhan, melainkan untuk tujuan pencegahan penyakit tertentu, sejak digunakannya obat-obat antibiotik, maka jumlah kematian disebabkan oleh infeksi  sekarang sudah jarang terjadi. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi tidak lagi merupakan ancaman terhadap kesehatan manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel